School of Information Systems

Penambahan Durasi Instagram Story terhadap Kelanjutan Penggunaan Instagram Story

Instagram merupakan salah satu media sosial yang cukup modern dibanding media sosial lainnya seperti Facebook. Instagram cukup diminati masyarakat dari berbagai kalangan, dimana pada tahun 2023, jumlah pengguna dari instagram sendiri mencapai 1.35 miliar pengguna, lalu diproyeksikan akan bertumbuh hingga 1.44 miliar pengguna di tahun 2025. Salah satu strategi andalan yang dimiliki Instagram untuk menjadi yang terdepan adalah Instagram memiliki beberapa pencapaian seperti menjadi pelopor fitur Story yang membuat Instagram semakin menarik lebih banyak pengguna. 

 

Meskipun fitur Instagram Story merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki Instagram, terdapat beberapa pengguna yang merasa resah sehingga menjadi masalah bagi Instagram sendiri. Keresahan ini muncul dengan latar belakang durasi fitur Instagram Story yang relatif pendek (dengan durasi hanya 15 detik). Namun, setelah Instagram memberi penambahan durasi untuk fitur Instagram Story, tidak keseluruhan pengguna merasa senang dengan perubahan ini. 

 

Penelitian yang berfokus terhadap pertanyaan penelitian diperlukan untuk penambahan durasi fitur Instagram Story pengguna akan tetap melanjutkan penggunaan Instagram story. 

 

Tujuan dari penelitian itu adalah mengetahui pengaruh penambahan durasi fitur Instagram Story terhadap niat pengguna untuk melanjutkan penggunaan Instagram Story 

 

Penelitian terkait fitur Instagram Story masih terbilang jarang. Penelitian ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dan menjadi sumber informasi yang berharga bagi para peneliti di masa depan. 

Instagram sebagai media interaksi online telah berkembang secara besar sebagai media promosi dan pemasaran berbagai bentuk layanan. Fitur instagram stories merupakan fitur yang menarik yang memberikan kemudahan dalam membagikan berbagai konten, seperti aktivitas, hobi, pekerjaan, informasi, dan campaign. Dengan pembagian konten atau informasi dalam Instagram konten, orang lain dapat melihat sisi lain dari sang pengunggah informasi yang mungkin saja tidak dapat diketahui hanya dengan bertatap muka. Permasalahan yang dapat timbul dari penggunaan instagram stories adalah berkurangnya kepuasan pengguna akibat kurangnya kepercayaan pengguna akibat tersebarnya informasi berlebih dalam unggahan instagram stories yang dapat memudahkan pihak dengan tujuan kurang baik. Studi ini dilakukan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi penambahan durasi  instagram story terhadap kelanjutan dari pengguna instagram. Dalam studi ini, trust diartikan sebagai kepercayaan orang-orang terhadap kemampuan, kelebihan, dan kejujuran pengguna terhadap aplikasi dari Instagram. Kebiasaan dari pengguna yang tidak berpengalaman dan tidak berpengalaman berbeda. Mempercayai aplikasi lain memperlihatkan sebuah kepercayaan dalam bidang integritas dan reliabilitas dari aplikasi yang dipercaya, terlebih di situasi dimana mempercayai aplikasi tergantung pada aplikasi lain. Kepercayaan dapat menentukan keinginan pengguna untuk melanjutkan pemakain aplikasi. Selain itu, kepercayaan dipengaruhi oleh seberapa kuat keterikatan pengguna dengan aplikasi yang dipakai. Ketertarikan atau tie strength ini dimaksud dengan percampuran antara banyak waktu yang dihabiskan, intensitas emosi, kedekatan, dan servis yang dilakukan dengan aplikasi yang mengkarakterisasikan hubungan. 

Evaristus Didik Madyatmadja