Niat Berkelanjutan pada Aplikasi Netflix

Era globalisasi semakin pesat, terlihat dari meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, kemajuan ekonomi, dan inovasi teknologi. Beberapa pengguna mungkin merasa nyaman, sehingga lebih mudah digunakan. Secara kuantitatif, penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 64% dari 272,1 juta penduduk. Sedangkan 98% pengguna internet adalah pengguna internet seluler. Selain itu, hampir 79% pengguna tersebut menyukai tontonan berbasis video untuk mendapatkan hiburan melalui Internet. Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Boulay pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Streaming Video on Demand (SVOD) di Indonesia cukup besar yaitu mencapai 17% penduduk Indonesia, dan Netflix menjadi platform yang mendominasi dari segi pasar SVOD secara global. Riset yang dilakukan JustWatch (2020) menyatakan Netflix mendapat posisi sebagai salah satu platform nonton bareng terbesar di Indonesia sebesar 21% pada kuartal keempat tahun 2020 dan menduduki peringkat pertama dengan 32% dari jumlah pengguna layanan video streaming di Indonesia pada tahun 2020. kuartal kedua tahun 2020.
Ada beberapa alasan mengapa Netflix bisa menjadi yang teratas dalam video-on-demand populer di Indonesia, yaitu memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menonton sesuka hati, kapanpun, dan sepuasnya tanpa harus menunggu terlalu lama untuk sebuah episode tayang. dirilis, sehingga membuat pengalaman menonton menjadi lebih baik, fleksibel, dan memuaskan bagi pemirsa. Mengenai pengalaman pengguna, khususnya alur penggunaan aplikasi Netflix, dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan, keterlibatan, dan kelanjutan penggunaan platform digital, termasuk layanan streaming video, yang terkait dengan penyediaan konten menarik, sehingga memungkinkan pengguna tenggelam dalam menonton. , sehingga meningkatkan kenyamanan dan kepuasan mereka. Selain itu, pemirsa juga cenderung menonton video berdasarkan preferensi aspirasinya. Algoritma akan terus merekomendasikan konten yang sesuai dengan preferensi yang lebih akurat, relevan, dan sesuai dengan selera pengguna agar lebih menarik dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di platform.
Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan seperti Netflix untuk selalu menyediakan berbagai layanan elektronik berkualitas yang dapat menghibur penggunanya. Padahal berdasarkan pernyataan sebelumnya, Netflix merupakan salah satu layanan video-on-demand terpopuler di Indonesia dan menawarkan banyak kemudahan dalam menonton film, namun terdapat beberapa permasalahan signifikan terkait menjaga kepuasan pengguna agar tetap ada niat untuk menggunakan Netflix.
Maka dari itu, meskipun banyak penelitian yang meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan untuk selalu menggunakan Netflix, masih terdapat kesenjangan penelitian yang signifikan dimana penelitian sebelumnya membahas hubungan antara berbagai elemen seperti kemudahan navigasi, kualitas tontonan, dan personalisasi rekomendasi pengguna yang akan mempengaruhi kepuasan pengguna. memuaskan penontonnya. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengeksplorasi dampak integrasi holistik berbagai elemen terhadap kepuasan pengguna sehingga pengguna bersedia berniat menggunakan Netflix secara terus menerus. Oleh karena itu, penelitian ini akan melakukan investigasi lebih mendalam terhadap kepuasan pengguna sehingga pengguna mempunyai keinginan untuk terus menggunakan Netflix
Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk melakukan investigasi lebih mendalam terhadap kepuasan pengguna sehingga pengguna memiliki kemauan untuk terus menggunakan Netflix. Kuesioner akan dirancang berdasarkan konstruk model terkait perasaan puas saat menggunakan aplikasi Netflix, yang dapat mempengaruhi adopsi dan kelanjutan penggunaan. Structural Equation Model (SEM) akan digunakan untuk menganalisis hubungan antar konstruk yang berkaitan dalam penelitian.