Workshop Making Games Easy and Fun

Pada tanggal 31 Januari 2025, School of Information Systems Binus University mengadakan workshop berjudul “Making Games Easy and Fun” di SMAS Tarakanita Citra Raya. Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep dasar pembuatan game secara sederhana dan menyenangkan kepada siswa kelas X yang memiliki ketertarikan dalam dunia game development. Dengan pendekatan yang ramah untuk pemula, kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa terhadap teknologi dan pemrograman melalui pengalaman langsung dalam membuat animasi game sederhana.
Workshop ini dibawakan oleh Bapak Muhammad Wildan, S.Kom., M.Kom., yang merupakan salah satu dosen di School of Information Systems Binus University, serta Rhisa Adika Putri, S.Kom., yang berperan sebagai asisten laboratorium di fakultas yang sama. Keduanya memiliki pengalaman di bidang teknologi dan pengajaran, sehingga mampu menyampaikan materi dengan cara yang mudah dipahami oleh para peserta. Dengan gaya penyampaian yang interaktif, workshop ini berhasil menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus edukatif bagi para siswa.
Salah satu keunggulan dari workshop ini adalah penggunaan platform Scratch, sebuah alat berbasis web yang dirancang khusus untuk pemula dalam dunia pemrograman. Melalui Scratch, siswa dapat membuat game sederhana tanpa perlu memahami bahasa pemrograman yang kompleks. Dengan sistem drag-and-drop yang intuitif, peserta dapat dengan mudah menambahkan karakter, efek suara, serta mengatur alur permainan hanya dalam beberapa langkah sederhana. Pendekatan ini memungkinkan siswa untuk memahami konsep dasar pemrograman seperti logika kondisi, perulangan, dan event handling dengan cara yang menyenangkan.
Workshop ini mendapat antusiasme tinggi dari para siswa, beberapa siswa bahkan sudah memiliki ide untuk mengembangkan game mereka sendiri di luar sesi workshop. Dengan bimbingan dari para pemateri, siswa yang awalnya belum memiliki pengalaman dalam coding pun dapat menghasilkan proyek game sederhana dalam waktu singkat. Keberhasilan ini menunjukkan bahwa dengan pendekatan yang tepat, siapa pun dapat belajar membuat game tanpa perlu latar belakang teknis yang mendalam.
Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan tertarik dengan dunia teknologi serta mengembangkan kreativitas mereka dalam bidang pemrograman. School of Information Systems Binus University berkomitmen untuk terus mendukung edukasi teknologi bagi generasi muda melalui berbagai kegiatan serupa. Dengan semakin banyaknya siswa yang terpapar dengan pengalaman praktis dalam pemrograman, diharapkan akan lahir lebih banyak talenta muda di bidang game development dan teknologi digital di masa depan.