School of Information Systems

Manfaat RPA Dalam Proses Bisnis Perusahaan

Robot Process Automation (RPA) adalah pengembangan software robot yang meniru tindakan manusia dan dengan mudah terlibat dengan sistem digital menjadi memungkinkan untuk mengotomatisasi berbagai aplikasi dan aplikasi yang berbeda termasuk sistem lama karena robot yang dikemabangkan menirukan interaksi manusia terhadap sistem sehingga tidak perlu integrasi data untuk menghubungkan sistem baru dan sistem lama. RPA juga mengubah pekerjaan dengan menggunakan robot untuk menangani tugas-tugas yang berulang, sehingga kita dapat berkonsentrasi pada aktivitas yang bernilai tinggi

Sehingga RPA akan bermanfaat bagi pegawai dan juga organisasi, manfaat RPA bagi pegawai antara lain:

1. Job satisfaction: Dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang, karyawan dapat menggunakan waktu mereka untuk melakukan pekerjaan yang lebih memuaskan

2. Skill development: Menciptakan lebih banyak kesempatan untuk memperkaya pengetahuan pribadi, mempelajari keterampilan baru, dan mengambil peran yang lebih tinggi

3. Enhanced opportunities: Secara signifikan meningkatkan nilai dan kualitas pekerjaan, memungkinkan lebih banyak memunculkan pekerjaan membutuhkan tingkat keterampilan dan pengetahuan yang lebih tinggi

4. Reduced stress: Karyawan dapat memiliki keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi yang lebih sehat, mengurangi stres dan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang benar-benar penting

Dan manfaat RPA bagi organisasi antara lain:

1. Saved cost: Mengurangi biaya tenaga kerja dan memungkinkan tim untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka untuk kegiatan yang lebih strategis dan bernilai tinggi

2. Improved accuracy: Organisasi dapat secara signifikan mengurangi kesalahan, menghasilkan data berkualitas tinggi, memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat dan mendorong peningkatan substansial dalam kinerja bisnis secara keseluruhan

3. Increased efficiency: Perputaran yang lebih cepat dan output yang disempurnakan

4. Enhanced compliance: Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan internal

5. Saved cost: Mengurangi biaya tenaga kerja dan memungkinkan tim untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya mereka untuk kegiatan yang lebih strategis dan bernilai tinggi

6. Improved accuracy: Organisasi dapat secara signifikan mengurangi kesalahan, menghasilkan data berkualitas tinggi, memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat dan mendorong peningkatan substansial dalam kinerja bisnis secara keseluruhan

7. Increased efficiency: Perputaran informasi/transaksi yang lebih cepat dan output yang disempurnakan

8. Enhanced compliance: Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan internal

Alvian Shanardi Wijaya