Answer Engine Optimization
Search Engine atau yang biasa akrab disebut dengan mesin pencarian adalah program berbasis web yang berfungsi untuk mencari informasi di dalam jaringan internet (World Wide Web) dengan Google sebagai pemimpin dari segmen mesin pencarian yang ada di dunia saat ini. Namun walaupun begitu, seiiring dengan perkembangan teknologi khususnya teknologi Artificial Intelligence (AI), munculah inovasi baru yang bernama Answer Engine yang dikembangkan menggunakan teknologi AI untuk memberikan jawaban yang kontekstual sesuai dengan maksud dan keinginan user sehingga memberikan jawaban yang tepat dengan apa yang dibutuhkan oleh user
Maka dari itu, dibutuhkan penyesuaian dari strategi penyedia konten digital untuk memanfaatkan teknologi dari Answer Engine yang telah berkembang dan yang nantinya berpotensi untuk menggantikan Search Engine yang ada pada saat ini, salah satunya adalah dengan melakukan Answer Engine Optimization (AEO), AEO dapat membuat konten di dalam website semakin mudah ditemukan dan mudah dipahami, tujuan akhir dari AEO adalah memastikan bahwa bisnis anda menjawab pertanyaan dari pengguna
AEO adalah strategi optimisasi konten yang berfokus pada tingkat pemahaman user ketika pertanyaan yang mereka tanyakan dijawab oleh Answer Engine yang berbasis AI. AEO memprioritaskan presisi, relevansi dan kejelasan informasi yang disampaikan kepada user. Hal ini akan semakin relevan dengan semakin banyaknya user yang menggunakan voice assistant untuk mencari informasi dan mengharapkan jawaban langsung yang jelas dari mesin penjawab yang mereka gunakan.
AEO akan berdampak pada perusahaan agar semakin relevan terhadap perkembangan jaman karena customer akan mencari jawaban yang cepat dan akurat, dengan menerapkan AEO diharapkan user ataupun customer dapat meningkatkan engagement dan juga kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan serta dapat menjadi pembeda antar kompetitor agar perusahaan dapat dengan lebih mudah dilihat oleh konsumen.
Langkah utama penerapan AEO yang dapat dilakukan adalah:
1. Idenfitikasi pertanyaan umum yang paling sering muncul
2. Strukturisasi data agar AI dapat dengan lebih mudah menjelaskan dengan pola yang lebih terstruktur, seperti menggunakan schema markup
3. Optimisasi pencarian suara karena pencarian dengan menggunakan suara dapat menjadikan pencarian lebih lancar dibandingkan dengan penggunaan text
4. Membuat konten yang berkualitas dengan memberikan konten yang singkat padat dan jelas untuk mempermudah AI dalam memberikan data
5. Terus memantau dan memperbaharui konten untuk memastikan konten yang ditawarkan agar semakin relevan dan meningkatkan awereness terhadap produk/jasa
Manfaat AEO untuk bisnis:
1. Meningkatkan visibility dari produk/jasa yang ditawarkan
2. Meningkatkan user experience
3. Memberikan nilai positif untuk semakin kompetitif
4. Meningkatkan tingkat engagement dari konsumen
5. Menjadi sarana marketing yang efektif
6. Meningkatkan tingkat konversi untuk menjadi sales
7. Membangun kepercayaan konsumen agar semakin setia dengan produk/jasa yang ditawarkan
8. Dapat lebih beradaptasi terhadap perkembangan jaman