Tips & Contoh Membuat BI Dashboard Menggunakan Tableau untuk Product Promotion E-Banking
Berikut ini akan merangkum Tips Pembuatan BI Dashboard menggunakan Tableau untuk Product Promotion for Payment/Purchase Transactions on E-Banking Dimana jurnal ini telah terbit di Scopus JATIT (Journal of Theoretical and Applied Information Technology) pada tanggal 15 Agustus 2021. Vol.99. No 15. ISSN: 1992-8645 dan E-ISSN: 1817-3195. Berikut link rujukannya : https://www.jatit.org/volumes/Vol99No15/5Vol99No15.pdf
Penjelasan pemberian Tips untuk pembuatan BI Dashboard menggunakan Tableau berikut ini melibatkan beberapa langkah. Berikut ini adalah panduan dasar untuk memulai:
1. Persiapan Data
Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki data yang akan digunakan. Data bisa dalam berbagai format seperti Excel, CSV, database SQL, atau sumber data lain.
2. Menghubungkan ke Sumber Data
– Buka Tableau dan pilih “Connect to Data”.
– Pilih jenis sumber data yang akan digunakan, misalnya Excel, CSV, database, dll.
– Hubungkan ke sumber data dan pilih tabel atau sheet yang akan digunakan.
3. Membuat Worksheet
– Setelah data diimpor, buat worksheet baru.
– Seret dan lepas field dari data ke kolom (columns) dan baris (rows).
– Gunakan shelf “Marks” untuk menambahkan detail visualisasi seperti warna, ukuran, teks, dll.
– Pilih jenis grafik yang sesuai dari menu “Show Me” berdasarkan data Anda (bar chart, line chart, scatter plot, dll).
4. Membuat Dashboard
– Klik ikon “Dashboard” untuk membuat dashboard baru.
– Klik worksheet yang sudah dibuat ke dalam dashboard.
– Atur layout sesuai kebutuhan, tambahkan objek seperti teks, gambar, atau filter untuk membuat dashboard lebih informatif.
5. Mengatur Tampilan dan Desain
– Pastikan desain dashboard rapi dan mudah dibaca.
– Sesuaikan ukuran dashboard sesuai perangkat yang akan digunakan (desktop, tablet, mobile).
– Gunakan warna dan format yang konsisten untuk memperjelas informasi.
6. Implementasi BI Dashboard Product Promotion E-Banking
Pembuatan dan Tujuan:
– BI Dashboard dirancang untuk memberikan ringkasan dan visualisasi data transaksi Mobile Banking dan Internet Banking dari tahun 2016-2020.
– Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan tim manajemen dalam memahami dan mengomunikasikan data transaksi yang ada.
7. Fitur Dashboard Pada Product Promotion E-Banking:
– Menampilkan transaksi dengan jumlah tertinggi dan total transaksi.
– Memberikan rincian untuk setiap kategori transaksi berdasarkan Tahun, Bulan, dan Sumber Pendapatan (Internet Banking atau Mobile Banking).
– Membantu manajemen dalam mengambil keputusan promosi produk dengan lebih mudah, efisien, dan efektif.
8. Penggunaan Metode K-Means:
– Data transaksi diklusterisasi menggunakan algoritma K-Means untuk mengelompokkan data berdasarkan karakteristik yang mirip.
– Proses klusterisasi dilakukan dengan metode Elbow untuk menentukan nilai K yang optimal.
– Terdapat 4 klaster dalam seluruh data berdasarkan metode Elbow.
– Klasterisasi membantu manajemen dalam memberikan promosi yang lebih akurat berdasarkan distribusi data transaksi pembelian dan pembayaran.
9. Manfaat dan Keuntungan:
– BI Dashboard dengan metode K-Means terbukti mampu menangani pemrosesan data yang besar dibandingkan dengan penggunaan manual Microsoft Excel.
– Pengetahuan manajemen meningkat secara signifikan setelah menggunakan BI Dashboard.
– Dashboard yang dihasilkan lebih informatif dan dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak.
Kesimpulan
Penerapan BI Dashboard dengan metode K-Means memberikan alat yang efektif dan efisien bagi manajemen dalam membuat keputusan promosi produk berdasarkan data transaksi e-banking. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan manajemen dalam mengelola dan memanfaatkan data yang tersedia secara lebih baik.
Sumber : Journal “BI Dashboard to Support Decision Making on Product Promotion for Payment/Purchase Transactions on E-Banking” Dimana jurnal ini telah terbit di Scopus JATIT (Journal of Theoretical and Applied Information Technology) pada tanggal 15 Agustus 2021. Vol.99. No 15. ISSN: 1992-8645 dan E-ISSN: 1817-3195. Berikut link rujukannya : https://www.jatit.org/volumes/Vol99No15/5Vol99No15.pdf