School of Information Systems

Data Pelanggan adalah Kunci Untuk Pemasaran yang Ditargetkan dan Berbasis Data

Data pelanggan dapat dikumpulkan dan disimpan di berbagai platform. Jenis data yang berbeda berasal dari sumber yang berbeda. Itulah mengapa Anda membutuhkan platform yang dapat menghubungkan data Anda dan memberikan satu tampilan tunggal dan terpadu tentang pelanggan Anda.

Dengan pandangan terpadu, Anda dapat mulai memberikan pemasaran siklus hidup yang dipersonalisasi yang terhubung dengan pelanggan pada saat itu juga dan mendorong konversi dan hasil.

Mengapa penting untuk mengumpulkan data pelanggan yang tepat?

Data pelanggan memberdayakan pemasar untuk memberikan pemasaran berbasis data yang ditargetkan dan relevan. Ini adalah sumber kekuatan yang tak terbantahkan bagi para pemasar. Namun, karena konsumen menjadi semakin sadar akan bagaimana dan mengapa merek mengumpulkan data tentang mereka, pemasar harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Seiring dengan perubahan undang-undang privasi, cookie, dan pengaturan privasi yang melanda dunia digital, merek perlu lebih memahami berbagai jenis data dan cara menggunakannya. Di dunia baru yang penuh dengan kesadaran konsumen ini, tidaklah tepat bagi bisnis untuk mengumpulkan dan menyimpan data pelanggan tanpa memanfaatkannya dengan baik.

Pemasaran yang bertanggung jawab – memastikan pemasaran Anda memiliki dampak positif terhadap konsumen dan komunitas mereka – memberikan penekanan khusus pada bagaimana merek menangani data pelanggan. Jika merek kehilangan kepercayaan pelanggan karena mereka tidak menggunakan data mereka dengan tepat, maka akan sangat sulit untuk mendapatkannya kembali.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui jenis data pelanggan yang ada di luar sana, cara mengumpulkannya, dan cara menggunakannya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Semakin pentingnya data pelanggan

Agar pelanggan menjadi setia pada merek Anda, Anda perlu mendapatkan kepercayaan mereka. Cara Anda menangani dan merawat data pribadi mereka akan sangat membantu untuk mendapatkan kepercayaan tersebut.

Konsumen saat ini mengharapkan pertukaran nilai. Mereka dengan senang hati menyerahkan informasi pribadi tentang diri mereka sendiri jika mereka dapat mengharapkan pengalaman yang berharga sebagai imbalannya. Personalisasi, ketepatan waktu, dan relevansi hanyalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan data untuk memberikan pengalaman yang luar biasa.

Dengan adanya undang-undang privasi baru dan pembaruan perangkat lunak iOS yang akan datang mengubah lanskap digital, merek harus lebih memperhatikan data apa saja yang mereka kumpulkan dari pelanggan dan bagaimana mereka menggunakannya.

Sumber: https://dotdigital.com/blog/a-complete-guide-to-customer-data/

Yakob Utama Chandra