Kesalahan dalam Pengimplementasian CRM yang dapat Menghambat Proses Bisnis
Dalam perkembangan bisnis sekarang, mempunyai hubungan dengan customer yang baik adalah salah satu kunci yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan, karena tanpa adanya aktivitas dari customer maka sebuah bisnis tidak akan dapat berjalan. Oleh karena itu adanya pengimplementasian CRM di setiap bisnis. CRM atau singkatan dari Customer Relationship Management adalah sebuah strategi bisnis yang diterapkan untuk mengatur dan mengelola hubungan calon pelanggan dengan perusahaan, hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan dengan perusahaan. Dengan penerapan CRM ini perusahaan dapat menganalisis dan memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan. Tetapi jika pengimplementasian CRM pada perusahaan mengalami kesalahan maka CRM ini malah menjadi penghambat bagi proses bisnis perusahaan, oleh karena itu terdapat beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam pengimplementasian CRM bagi perusahaan, yaitu :
- Menerapkan sistem CRM yang salah
Jika suatu penerapan Sistem CRM salah pada suatu perusahaan maka dapat dipastikan bahwa sistem CRM tersebut menjadi sebuah penghambat bagi proses bisnis perusahaan, karena dalam pengimplementasiannya perusahaan harus dapat mengukur dan mempertimbangkan skala dari perusahaannya agar pemilihan sistem CRM tidak salah.
- Penerapan CRM yang kurang adanya keterlibatan pelanggan
Tanpa adanya keterlibatan dari pengguna maka sistem CRM tidak akan bekerja secara efektif karena dalam pengimplementasian CRM harus membutuhkan adanya keterlibatan dari pelanggan seperti mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggan.
- Penerapan sistem CRM yang tidak mempunyai tujuan yang jelas
Tujuan dari penerapan sistem CRM ada hal yang wajib dalam penerapan sistem CRM di perusahaan, karena tujuan ini akan digunakan sebagai patokan dalam mengukur apakah penerapan sistem CRM di perusahaan berhasil atau tidak. Tanpa tujuan yang jelas makan sistem CRM akan hanya membebani proses bisnis perusahaan.
Oleh karena itu pentingnya persiapan dari perusahaan dalam mengimplementasikan CRM karena CRM ini membutuhkan kolaborasi dengan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan agar penerapan dari CRM di perusahaan menjadi berhasil dan sukses.
Referensi: