School of Information Systems

Central Bank Digital Currency & Real World Asset Tokenization 

26 September 2024 – School of Information Systems bekerja sama dengan Binus Blockchain and Crypto Club (BBCC) membuat acara mengenai Central Bank Digital Currency & Real World Asset Tokenization: A Talk Show into The Next Era of Digital Technology yang akan dibawakan oleh Moderator dan Pembicara hebat. 


Acara ini dipandu oleh MC bernama Roselin Dwi Septiani dan sesi pertama dibuka oleh Bapak Richard Wiputra, S.Kom., M.M. selaku Minor Program Leader, Binus University dengan membahas mengenai “Introduction to Minor Program Blockchain Technology and Business”. Sesi ini berfokus pada launching minor program blockchain technology and business dimana nantinya para mahasiswa yang memilih minor program ini dapat mempelajari berbagai hal seperti: 

  1. Unleash the Power of Blockchain 
  2. Smart Contracts and Beyond
  3. Capstone: Blockchain in Action 

Dengan pemilihan minor program ini, para mahasiswa juga diharapkan bisa memiliki beberapa peluang kerja tambahan sebagai: 

Pada sesi kedua dibawakan oleh Adzin Zhalifunnas selaku Founder & President Binus Blockchain and Crypto Club dengan membahas mengenai “Introduction to Student Activity BINUS Blockchain and Crypto Club”. Dimana bahwa BINUS merupakan Universitas pertama yang memiliki Blockchain and Crypto Club di Indonesia. 

Selanjutnya, sesi dimana paling ditunggu-tunggu oleh para peserta yang hadir secara onsite maupun online dimana sesi talk show mengenai Central Bank Digital Currency & Real World Asset Tokenization: A Talk Show into The Next Era of Digital Technology yang dibawakan oleh Prof. Dr. Meyliana, S.Kom., M.M., CDMS, CBDMP selaku moderator pada acara hari ini dengan 3 narasumber yaitu Ibu Asih Karnengsih selaku Executive Director ABI – Aspakrindo, Bapak Muhammad Yafi selaku CEO Blocktogo dan Bapak Eduarto selaku Sales Manager Liminal.  

Pada sesi ini, moderator dan narasumber memberikan pemikiran mereka mengenai perkembangan teknologi blockchain dan crypto di masa yang akan datang. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya langsung dengan para narasumber untuk mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai dengan tema talk show yang diberikan. Antusias dari para para peserta, moderator dan pembicara memberikan banyak insight tambahan bagi keseluruhan peserta yang hadir secara onsite maupun online. 

Sesi terakhir dibawakan oleh Bapak Nino Fernandez selaku CEO & Founder Kruuu dengan membahas mengenai “Transformasi RWA melalui Tokenisasii”. Lalu apa penngertian RWA dan Tokenisasi? Bapak Nino menjelaskan bahwa RWA merupakan aset berwujud yang memiliki nilai intristik di dunia nyata sedangkan tokenisasi merupakan digitalisasi aset nyata menjadi representasi digital dengan menggunakan teknologi. Bapak Nino juga mejelaskan penggunaan tokenisasi dalam dunia entertainment perfilman yaitu: 

  1. Sertifikasi 
  2. Royalti 
  3. Kontrak kerja sama 

Terakhir, Bapak Nino menyampaikan bahwa pontensi Tokenisasi RWA di masa depan khususnya properti dan film membuka peluang besar. Di industri film, tokenisasi bisa digunakan untuk mendanai produksi film baru dan memungkinkan lebih banyak orang termasuk penggemar untuk ikut memiliki sebagian dari film tersebut. Distribusi royalti yang otomatis juga akan memudahkan investasi di film. 

Monica Putri Mutiara