School of Information Systems

Team Matchaci Berhasil Meraih Juara 2 pada Lomba ISFEST UMN 2024 Kategori UI/UX Competition!

23 September 2024 – Selamat kepada Tim Matchaci, yang terdiri dari Lie Hanny, Jocelyne Lycia dan Keisha Anya Dewiyanti sebagai juara kedua dalam lomba ISFEST UMN kategori UI/UX Competition tahun ini.  

 

ISFEST UMN 2024 merupakan kompetisi berskala nasional yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Multimedia Nusantara. Pada tahun ini ISFEST 2024 menyelenggarakan salah satu track yaitu UI/UX Competition dengan mengangkat tema “Akulturasi Digital: Menciptakan Inovasi Adaptif dalam Realisasi Keberlanjutan UMKM”. Adapun fokus dari lomba ini adalah peserta dapat menuangkan kreativitas dan inovasi dalam bentuk desain aplikasi yang dapat menunjang kontinuitas UMKM serta memberikan pengalaman bagi peserta untuk terjun langsung memenuhi kebutuhan konsumen khususnya untuk UMKM di Indonesia. Dengan adanya kompetisi ini, diharapkan akan tercipta desain aplikasi yang bermanfaat bagi khalayak umum dalam penggunaan aplikasi tersebut, sekaligus mudah dipahami oleh pengguna. 

Sebagai studi kasus, peserta diberikan kebebasan dalam memilih ide aplikasi yang mendukung keberlanjutan UMKM seperti aplikasi Ekosis yang fokus memfasilitasi pemasaran komoditas agribisnis dan Evermos memperluas jaringan penjualan produk UMKM melalui perantara kepada pihak reseller dan dropshipper dan sebagainya sebagai referensi. Peserta diharapkan dapat menonjolkan kreativitas dan inovasi dari masing-masing tim. Selain itu, para peserta lomba juga dituntut agar dapat merancang antarmuka (UI) pengguna yang baik sehingga dapat menghasilkan aplikasi yang memiliki kualitas UX yang bermanfaat dan efektif. 

Lomba ISFEST UMN 2024 berlangsung dari tanggal 08 Juli 2024 hingga 23 September 2024, dimulai dengan tahapan penyisihan dimana peserta diminta untuk membuat mockup aplikasi smartphone dan makalah. Pada tanggal 09 – 13 September 2024, peserta yang lolos dari tahap penyisihan harus mengerjakan PPT yang nantinya akan dipresentasikan pada Babak Final ditanggal 14 September 2024. Presentasi final dilakukan secara online, di mana peserta akan mengikuti sesi presentasi melalui Zoom. Kemudian, pada tanggal 23 September 2024 diadakan awarding night dimana akan diumumkan pemenang dari setiap kategori lomba.  

Tim Matchaci melakukan persiapan yang baik sebelum dilaksanakan sesi presentasi babak Final. Tim melakukan pengecekkan kembali pada PPT presentasi dan rutin dalam melatih untuk menyampaikan presentasi yang baik. Tim Matchaci juga menyiapkan beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh juri. Tim Matchaci juga kompak dalam membagi tugas dan tentunya bekerja sama dalam mengerjakan PPT untuk dibabak Final nantinya. Tim Matchaci juga sempat menyiapkan beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh juri pada saat sesi tanya jawab nanti. 

Pada tanggal 14 September, tim Matchaci mengikuti babak Final dengan melakukan presentasi dengan durasi maksimal 8 menit serta diikuti dengan sesi tanya jawab oleh Juri dengan durasi 7 menit. Hingga akhirnya, pada hari Senin, 23 September 2024, diumumkan bahwa Tim Matchaci berhasil meraih juara 2! 

Kesan dan pesan dari Tim Matchaci: 

Lie Hanny: Kesan pesan aku selama ikut lomba ini hectis sekaligus seruu, karena harus menyeimbangkan waktu untuk urusan kuliah, lomba, dan juga ngajar 🫠 Karena jadwal kami yang berbeda2 membuat kita juga kesulitan buat ngatur jadwal yang pas untuk diskusi sehingga lebih banyak kita kerjakan sendiri sendiri. Sebenarnya juga agak hopeless dan tidak punya ekspektasi untuk hasilnya 🥲 But, terima kasih kepada Kak Lisa, Kak Angel, dan Bu Rhisa yang sudah mendampingi, memberi support, menyempatkan waktu untuk ngasih feedback selama perlombaan sehingga bisa mendapat pengalaman first win yang berkesan ini 🫶🏻🫶🏻 

Jocelyne Lycia: Mulai dari timeline lomba yang mundur terus bikin kita panik karena nabrak sama jadwal kita satu sama lain 🥲, jadi pas awal awal case distribution susah banget buat kita brainstroming bareng lewat meet, tapii karena ada support dari Kak Lisa dan Bu Risha yang baik banget selalu menyempatkan waktu untuk kasih feedback buat kita itu sangat membantu dan means a lott 🥺🫶🏻 Agak kaget sama hasil awal penyisihan karena turns out kita bisa top 3, bahkan number 2. Itu kasih semangat banget buat kita di final dan gaada penyesalan samsek because we already do our best! 🥰🥰 

Keisha Anya Dewiyanti: Aku sendiri sangat grateful untuk kesempatan ini, dan ga expect juga bisa sampai di stage kemarin. Aku sangat berterima kasih, terutama untuk tim aku, yang selalu kasih all out di tengah semua kesibukan mereka dan jadwal kita yang beda-beda. They are all beyond amazing dan aku sangat bersyukur punya tim yang keren banget! kedua, aku juga berterima kasih banget ke Kak Lisa dan Bu Rhisa untuk semua saran, masukan, dan referensi terhadap ide-ide yang kami usulkan. Kak lisa dan Bu Rhisa selalu being responsif untuk menjawab pertanyaan dan kebingungan kita selama ini, dan hal itu bener-bener ngebantu kita banget. ditambah semangat dari kakak-kakak super made our dayss and lighten up the mood. At the end, aku bener-bener berterima kasih untuk semua hal yang terjadi dan aku harap ke depannya kita bisa lebih baik lagi, thankyouu so much kakak-kakak💗 

Angelia Cristine Jiantono