School of Information Systems

Tumpeng Team, 1st Winner of ShARE UGM Business Case Competition 2024

11 Agustus 2024 – Selamat kepada Tim Tumpeng (Joy Sharon Kotalewala, Lisa Natalia & Fadhilah Tara Salsabila berhasil menduduki juara 1 pada lomba ShARE UGM Business Case Competition 2024 yang diadakan oleh ShARE Universitas Gadjah Mada.

Share UGM Business Case Competition 2024 merupakan kompetisi berkala Nasional dimana para mahasiswa dapat menunjukkan keunggulan mereka dalam menyelesaikan masalah bisnis yang kompleks. Share UGM Business Case Competition 2024 diadakan secara online dengan tema “Business and Environmental Issues – Sustainable Horizons: Navigating the Future throught Innovative Business Solutions”. Kompetisi ini terdiri 2 (dua) tahap, yaitu:

  1. Babak Penyisihan: Pengumpulan Proposal maksimal 15 halaman
  2. Babak Final: Pengumpulan Bahan Presentasi (PPT)

Pertama-tama, ketua tim masing-masing peserta akan melakukan pendaftaran online melalui form yang sudah disediakan oleh pihak panitia dan mengisi data diri semua anggota. Pada tahap pertama, tim akan diberikan studi kasus oleh pihak panitia dan akan dipecahkan dalam bentuk proposal sesuai dengan ketentuan serta petunjuk penulisan yang ditentukan oleh pihak lomba. Studi kasus yang diberikan berkaitan dengan sebuah perusahaan bernama Kibumi, nantinya para tim harus memberikan solusi internal maupun eksternal yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh Kibumi. Tim Tumpeng sangat berinovasi dan kreatif dalam mengembangkan ide, dapat menerima arahan serta masukkan dari mentor & dosen pembimbing sehingga dapat menghasilkan ide yang cemerlang.

Pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 merupakan tanggal batas untuk pengumpulan proposal untuk tahap pertama dan seluruh tim pun mengupload proposal mereka tepat waktu melalui Link Google Form yang telah disediakan oleh panitia. Sesuai dengan timeline lomba bahwa pengumuman finalis diumumkan pada hari Senin, 5 Agustus 2024 melalui Instagram ShARE UGM. Setelah menunggu sampailah pada tanggal pengumuman, pihak lomba mengumumkan bahwa Tim Tumpeng berhasil lolos ke tahap final bersama dengan 4 tim lainnya.

Tahap final dilakukan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 secara online melalui zoom. Pada tahap ini setiap akan membuat bahan presentasi berupa power point yang nantinya akan di presentasikan pada saat kompetisi berlangsung. 5 tim terbaik yang akan bersaing memperebutkan juara. Setiap tim akan melakukan presentasi selama 10 menit dan sesi tanya jawab selama 10 menit. Latihan terus dilakukan oleh seluruh tim bersama mentor dan dosen pembimbing untuk menghadapi tahap final. Tim Tumpeng mempresentasikan hasil solusi mereka dengan baik dan menjawab pertanyaan yang di lontarkan oleh juri pun dijawab dengan sempurna.

Berbeda pada biasanya, pengumuman lomba ShARE UGM Business Case Competitin 2024 pun dilaksanakan pada hari Minggu, 11 Agustus 2024 melalui Instagram remi mereka. perasaan menegangkan dirasakan oleh seluruh tim. Dari 5 tim akan dipilih 3 tim terbaik untuk menjadi juara, tidak disangka-sangka Tim Tumpeng mahasiswa School of Information Systems masing-masing berhasil menjadi juara 1 pada lomba ShARE UGM Business Case Competitin 2024. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan, selamat kepada kalian semuanya karena kerja keras kalian membuahkan hasil yang sangat baik!

Berikut kesan dan pesan yang disampaikan oleh Tim Tumpeng:

  • Joy Sharon Kotalewala : ” Kesan: Lomba Business Case Share UGM ini benar-benar pengalaman tak terlupakan! Ini merupakan lomba business case pertama timku, dan Puji Tuhan kita bisa jadi juara. Terima kasih banyak untuk Lisa dan Tara yang kerja keras dan berjuang bersama selama ini, serta Kak Monica dan Bu Jessica atas bimbingan dan arahan yang super luar biasa. Kalian semua bikin perjalanan ini jadi sangat berarti!. Pesan: Dukungan dan kerja keras dapat mengubah tantangan menjadi kesuksesan luar biasa, dan jangan lupa untuk selalu berdoa. “
  • Fadhilah Tara Salsabila : ” Kesan: Aku bener-bener gak nyangka bisa menang dan jadi juara 1, apalagi ini adalah lomba business case competition pertama kami. Pastinya, rasanya senang banget bisa meraih hasil ini. Kemenangan ini bakal jadi motivasi buat kami untuk terus berkembang dan belajar jadi lebih baik lagi. Aku juga mau ngucapin terima kasih banyak untuk Kak Monica sebagai mentor, dan Bu Jessica sebagai dosen pembimbing, yang udah ngasih feedback dan dukungan yang bikin kami bisa terus improve. Pesan: Jangan pantang menyerah dan terus berprogress!!. “
  • Lisa Natalia : ” Kesan: Puji tuhan sebagai first timer untuk ikut lomba business case dan menjadi juara 1 merupakan challenge yang super memorable buat aku dan teman-teman tim Tumpeng baik dari proses awal hingga masuk ke final. Awalnya kita mungkin merasakan adanya struggle, tetapi karena adanya dukungan dari Bu Jessica dan Kak Monica sebagai mentor yang selalu support kita dari semua feedback dan saran. Hal tersebut menjadi motivasi tim kami untuk harus all out dan tetap percaya diri apapun situasinya, walaupun kami juga menyadari masih banyak hal yang bisa kita improve dan kembangkan di kemudian hari untuk menjadi lebih baik lagi. Pesan: Jangan lupa selalu berdoa dan stay all out di setiap prosesnya!.”
Monica Putri Mutiara