School of Information Systems

Figma vs Marvel app

Dalam pembuatan prototipe, kita perlu menggunakan aplikasi yang mendukung perancangan prototipe. Salah satu aplikasi prototipe yang popular digunakan adalah Figma. Figma merupakan aplikasi yang berbasis web yang mendukung UI/UX designer untuk membuat prototipe. Figma dibangun pada tahun 2012. Figma berbasis cloud sehingga dapat diakses dimana saja asalkan terdapat internet. Figma ini biasa dimanfaatkan agar dapat melakukan kolaborasi tim secara real-time. Namun, terdapat juga aplikasi untuk merancang prototipe yang memiliki kemiripan dengan Figma, yaitu Marvel App.

Marvel App merupakan aplikasi untuk membuat prototipe dengan web-based application yang dibangun pada tahun 2013. Marvel juga dapat didownload lewat iOS dan Android. Seperti Figma, Marvel App memiliki fitur-fitur seperti digunakan untuk design, membuat prototyping, digunakan untuk user testing, membantu developer dalam proses design handoff karena developer dapat melihat code dari design, dan diintegrasikan dengan aplikasi lain seperti Jira, Confluence, Youtube, dan lainnya.

Namun, ada perbedaan Marvel App dengan Figma, yaitu:

1. Figma tidak hanya berfokus pada pembuatan prototype yang dapat berkolaborasi dengan tim secara realtime, tetapi Figma juga digunakan untuk membuat Desain Grafis dan Ikon. Sedangkan, Marvel hanya berfokus pad pembuatan prototype yang interaktif.

2. Figma dapat berkolaborasi dengan tim secara real-time sehingga perbaikan dapat langsung dilakukan oleh tim lainnya, sedangkan Marvel App digunakan untuk berkolaborasi dengan tim lain tetapi tidak secara real-time, tim yang ingin memberikan perbaikan hanya dapat dengan cara memberikan feedback dari prototipe yang dibagikan.

3. Figma dapat digunakan untuk mendesain prototipe yang rumit sedangkan Marvel dapat digunakan untuk mendesain prototipe yang sederhana

4. Figma sudah dapat diintegrasikan dengan lebih banyak aplikasi dibandingkan dengan Marvel.

5. Dalam segi harga, Figma memiliki harga yang lebih mahal perbulannya dibandingkan MarvelApp. Namun Figma memiliki penawaran paket gratis untuk kategori Profesional khusus untuk pelajar dan pengajar.

Referensi

Tertarik Desain UI? Yuk Ketahui 8 Aplikasi Ini!

https://files.design/blog/10-prototyping-tools#five https://purwadhika.com/blog/figma-adalah-fitur-kegunaan-dan-manfaatnya

Mengenal Marvel App untuk Ciptakan Prototipe Produk yang Simpel

Erin, S.Kom., M.Kom.