School of Information Systems

Mengenal Peran dan Menelisik Penerapan Data Analytics dalam Formula 1

Formula 1 (F1) adalah salah satu cabang olahraga balap yang terkenal akan slogannya “The Pinnacle of Motorsport”, yang artinya puncak motorsport. Dunia F1 selalu menjadi yang terdepan dalam menerapkan teknologi termutakhir demi memaksimalkan potensi yang dibisa diraih oleh pembalap ketika balapan. Saat ini, seluruh industri telah mengimplementasikan teknologi AI dan data analytics, tidak terkecuali F1. Penerapan data analytics dalam F1 mempengaruhi desain mobil, performa balap, dan juga pengalaman para penggemar ketika menyaksikan balapan.  

Dalam dunia F1, data analytics sangat berguna untuk tim ketika ingin mengambil sebuah keputusan yang sifatnya strategis, terutama ketika balapan sedang berlangsung. Data ini akan dikumpulkan dari tahap pengujian (free practice), kualifikasi (qualifiying), dan saat balapan, yang kemudian akan dianalisis untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi para pembalap. Lebih daripada itu, data di F1 memegang peranan penting bagi perkembangan sebuah tim, yaitu: 

  • Performance Optimalization 

Setiap tim akan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari setiap aspek mobil untuk mempelajari setup terbaik yang bisa digunakan ketika balapan sesuai dengan trek dan kondisi yang terjadi, dan memastikan bahwa mobil telah disiapkan pada setup terbaik untuk efisiensi maksimum.   

  • Predictive Analysis for Strategy 

Data yang dikumpulkan oleh tim tidak hanya memungkinkan tim untuk menggunakan setup terbaiknya, tapi juga untuk memprediksi bagaimana balapan akan berlangsung. Prediksi tersebut berupa tingkat degradasi ban dan konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, tim bisa membuat strategi secara fleksibel agar bisa menyesuaikan dengan kondisi ketika balapan berlangsung.  

  • Pembalap Analysis 

Data yang dikumpulkan tidak hanya data mobilnya saja, tetapi juga data performa pembalap ketika balapan. Data tersebut bisa menunjukkan pola perilaku balap yang dilakukan oleh pembalap, sehingga dapat digunakan oleh tim untuk memberikan evaluasi terhadap pembalap untuk meningkatkan waktu putaran.   

 

Tim di F1 saat ini telah memanfaatkan data untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, seperti: 

  • Pengambilan keputusan secara real-time 

Pengambilan keputusan ketika balapan sangat krusial, karena setiap keputusan yang diambil akan berdampak pada hasil akhir balapan. Oleh sebab itu, ketika balapan berlangsung tim akan melakukan analisis data untuk keputusan krusial seperti momen untuk melakukan pit stop, ataupun menyesuaikan strategi sesuai dengan kondisi yang sedang terjadi, misalnya perubahan cuaca yang terjadi.  

  • Meningkatkan reliabilitas 

Tim bisa menemukan kemungkinan terjadinya kerusakan sebelum balapan berlangsung, berkat analisis data yang dilakukan.  

Penerapan analisis data di F1 menunjukkan bahwa olahraga ini terus berinovasi dan berkembang. Peran data analytics akan semakin meningkat seiring berkembangnya waktu, yang juga membuat F1 menjadi semakin presisi dan lebih menarik lagi. Dengan analisis data secara mendalam, tim mampu melampaui batasan untuk berinovasi menciptakan mobil yang lebih kompetitif dan membuat strategi yang bisa memenangkan timnya ketika balapan.   

Steven Agustianto