School of Information Systems

Bagaimana Teknologi Text-to-Speech Dapat Membantu Anak ADHD?

Teknologi Text-to-Speech (TTS) adalah sebuah teknologi kecerdasan buatan yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah teks ke dalam bentuk audio. Teknologi ini dibuat menggunakan algoritma untuk memahami makna dan struktur kalimat sehingga dapat menghasilkan suara yang natural seperti manusia.  

TTS bekerja dengan cara mengalisis teks terlebih dahulu, di mana sistem akan memecah teks menjadi beberapa bagian kecil, mulai dari kalimat hingga paragraf untuk dipahami maknanya. Kemudian, algoritma dari TTS akan memahami makna dan konteks dari teks tersebut beserta tanda bacanya yang kemudian akan dipahami intonasi, jeda, dan penekanan kata tersebut. Kemudian, model bahasa akan menghasilkan suara berdasarkan pemahaman teks yang telah dilakukan sebelumnya atau suara sintetis, yang hasilnya berupa audio yang bisa didengar.  

Teknologi TTS yang sederhana ini memiliki manfaat yang dapat mempermudah aktivitas penggunanya, terutama untuk anak-anak dengan ADHD. Beberapa manfaat teknologi TTS untuk anak dengan ADHD, yaitu: 

1. Membantu memahami bacaan 

Orang dengan ADHD memiliki kesulitan untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap bacaannya. TTS ini membantu mereka membaca dan memahami isi bacaan dengan lebih mudah dan menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan karena TTS akan mengubah teks menjadi audio, sehingga mereka dapat mendengarkan bacaannya tanpa harus membacanya. Dengan demikian, orang dengan ADHD dapat meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka terhadap materi bacaan.  

2. Meningkatkan motivasi belajar anak 

Teknologi TTS bisa membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menarik, yang bisa membuat anak ADHD semakin termotivasi untuk belajar. Dengan TTS, mereka bisa mendengarkan materi pelajaran sambil melakukan aktivitas lainnya seperti menggambar ataupun bermain.  

3. Meningkatkan kemampuan menulis 

Teknologi TTS dapat mmebantu anak ADHD untuk bisa menulis dengan baik. Dengan TTS, mereka bisa mendengarkan teks yang mereka tulis dan mengidentifikasi kekurangan yang ada pada teks yang ditulis. Dengan demikian, mereka bisa menata bahasa, mengeja, dan memahami struktur kalimat dengan lebih baik.  

4. Meningkatkan keterampilan mendengarkan 

Anak ADHD pada umumnya sulit untuk fokus, oleh sebab itu teknologi TTS ini bisa membantu supaya mereka bisa melatih kemampuan untuk menyimak. Caranya adalah mereka dapat fokus pada audio yang dihasilkan dan memahami informasi yang disampaikan.  

Penting untuk diketahui bahwa penggunaan TTS ini harus tepat dan seimbang, karena walaupun TTS memiliki manfaat untuk anak ADHD, akan tetapi penggunaan secara berlebihan akan membuat anak menjadi malas untuk membaca dan menulis secara mandiri.  

Steven Agustianto