School of Information Systems

Society 5.0: For Human Security and Well-Being

Upaya Jepang, yang dimungkinkan oleh sistem cyber-fisik, untuk menciptakan masyarakat berkelanjutan yang memprioritaskan keamanan dan kesejahteraan manusia. Ide yang dipimpin oleh Kabinet Jepang ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menggabungkan sistem digital dan fisik. Tujuan ini sedang diupayakan dengan penuh semangat oleh Keidanren, atau Federasi Bisnis Jepang, yang mengkoordinasikan tindakannya dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB. Tujuan-tujuan ini termasuk meningkatkan kesejahteraan universal, melindungi lingkungan, dan mengakhiri kemiskinan—semuanya merupakan komponen penting dari Society 5.0.

Dalam kerangka Society 5.0 Jepang, artikel ini menyoroti upaya kolaboratif yang penting dan menekankan nilai kolaborasi antara pemerintah, industri, universitas, dan masyarakat sipil. Kemitraan semacam ini berpusat pada pemanfaatan kemajuan teknologi agar berhasil mengatasi masalah-masalah sosial. Jepang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan dengan mengoptimalkan banyak bidang, seperti layanan kesehatan, transportasi, dan perencanaan kota, melalui penerapan digitalisasi dan konektivitas.

Selain itu, Society 5.0 sangat menjunjung tinggi inklusivitas dengan tujuan menghilangkan hambatan sosial ekonomi dan menjamin bahwa semua individu memiliki akses yang sama terhadap peluang dan sumber daya. Untuk memungkinkan masyarakat dan komunitas sejahtera di dunia yang semakin terhubung secara digital, hal ini berarti mendukung program yang memajukan literasi digital dan pengembangan keterampilan.

Pesan keseluruhan artikel ini menekankan bagaimana Society 5.0 memiliki kekuatan untuk mengubah asumsi masyarakat secara mendasar dan mendorong pembangunan berkelanjutan. Jepang bertujuan untuk membangun masa depan di mana keamanan dan kesejahteraan manusia adalah hal yang paling penting dengan memanfaatkan teknologi yang sejalan dengan cita-cita yang berpusat pada manusia. Upaya ini memberikan contoh bagi inovasi dan kolaborasi global menuju dunia yang lebih makmur dan adil.

Sumber: https://www.computer.org/csdl/magazine/co/2018/07/mco2018070091/13rRUwIF64L

Risca Ariana, Laurencia Vanessa, Adellia Dwiayu Rezky, Louella Tiarna Schwarze