Science, Technology and Innovation Ecosystem Transformation Toward Society 5.0
Informasi dan komunikasi meningkat porsinya pada awal tahun 2000an di setiap negara di tengah pesatnya kemajuan teknologi di sektor ini. Jepang mengurangi defisitnya sementara ekspornya meningkat dua kali lipat pada periode yang sama.
Dengan memberikan kesempatan pelatihan yang terbatas bagi pekerja sementara atau paruh waktu, sementara persentase pekerja tersebut terhadap total pekerja telah ditingkatkan. Selain itu, perkembangan TIK yang pesat membawa perubahan radikal pada produksi dan pengiriman barang dan jasa dan juga mendukung munculnya pasar global (European Commission, 2016). Bisnis diperluas secara signifikan melalui sistem logistik berbasis komputer yang membantu perusahaan mengelola rantai pasokan global yang kompleks, atau melalui perangkat lunak yang memfasilitasi pengorganisasian aktivitas bisnis di lokasi yang tersebar. Model inovasi terbuka bersifat dinamis dan non-linier dalam pendekatannya, dan berupaya memanfaatkan sumber eksternal dan internal untuk mendapatkan peluang inovasi melalui berbagai saluran, termasuk aliansi, kolaborasi, spin-off, dan outsourcing. Perusahaan Jepang menyediakan produk bernilai tambah dengan standar dan kualitas tinggi yang dicapai melalui keunggulan manufaktur mereka dari sudut pandang produsen. Pemulihan negara-negara tersebut membawa perbaikan pada kinerja perekonomian Jepang di awal tahun 2010an setelah dua dekade yang hilang.
Kumpulan data besar ini, atau “data besar”, menjadi aset inti dalam ekosistem STI yang meningkatkan produktivitas, mendorong industri baru dan menciptakan keunggulan kompetitif ekonomi dan manfaat kesejahteraan sosial. Inovasi berbasis data mulai mentransformasi seluruh sektor industri. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang masyarakat serta mengurangi polusi dan emisi di perkotaan. Inovasi berbasis data digambarkan sebagai rangkaian fase mulai dari pengumpulan dan pembuatan data hingga analisis data dan pengambilan keputusan (Organisation for Economic Co-operation and Development, 2015). Dalam hal ini, platform online memainkan peran yang semakin sentral. Platform online seperti ini mengubah pasar dan industri menjadi lingkungan bisnis yang saling terhubung sehingga batasan-batasan industri menjadi semakin kabur
Inovasi berbasis data dapat mendorong perubahan struktural di pasar tenaga kerja karena memungkinkan otomatisasi pada semakin banyak tugas kognitif dan manual. Bekerja lebih lama menjamin pendapatan pensiun yang wajar, namun pada saat yang sama, membutuhkan aset tidak berwujud individu yang mencakup keterampilan dan pengetahuan, kesehatan mental dan fisik yang kuat, dan beragam jaringan yang mendukung perubahan dan transisi pribadi.
Inovasi berbasis data menghadirkan tantangan ekonomi dan sosial besar yang akan dihadapi sebagian besar negara. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (Divisi Statistik PBB, 2017), populasi Jepang telah menyusut sebesar 0,7 juta orang dalam lima tahun dari tahun 2010 hingga 2015, dan diperkirakan akan menurun sebesar 22,1 juta orang pada tahun 2050 (Gbr. 8.). Dengan menyusutnya jumlah tenaga kerja dan melebarnya kesenjangan gender, Jepang harus mengandalkan produktivitas sebagai katalis utama pertumbuhan. Lebih sedikit uang berisiko yang tersedia bagi pengusaha adalah salah satu masalah yang harus diatasi di Jepang yang menghindari risiko.).
Penerapan teknologi generasi berikutnya berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas tenaga kerja.Pengorganisasian yang disiplin dan kinerja efektif dalam meningkatkan produktivitas modal. Upaya ini diharapkan dapat mendorong manajer untuk mengembangkan pola pikir positif dan mengambil risiko investasi, sehingga menghasilkan produktivitas dan profitabilitas yang lebih tinggi dalam perekonomian Jepang. Kesenjangan antara perekonomian perkotaan dan pedesaan merupakan salah satu tantangan penting yang harus diatasi di Jepang.
Namun, secara bertahap mereka telah memulihkan ketahanan sistem melalui penguatan pendekatan pemecahan masalah yang mendorong keterbukaan proses inovasi, menawarkan solusi terintegrasi bagi pelanggan dengan menggabungkan produk dan layanan, dan peralihan dari fokus pada produk ke pelanggan. pendekatan -sentris.
Sumber: https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0925527319302701