Bagaimana Menulis Subjek Email yang Terbuka dan Benar pada Email Marketing?
Bagi beberapa pemasar, baris subjek email adalah sebuah renungan. Bagi yang lain, ini adalah yang utama. Namun bagi sebagian besar, ini adalah elemen tunggal dari setiap email yang paling banyak menghabiskan waktu untuk memikirkannya.
Setelah semua kerja keras Anda menulis konten yang menarik dan mendesain email yang menarik secara visual, Anda membutuhkan penerima untuk membuka kampanye Anda. Jika tidak, semua kerja keras Anda akan sia-sia.
Untungnya, ada beberapa hal yang dapat dan harus selalu Anda pertimbangkan saat membuat baris subjek email yang menarik.
Kami telah menyusun daftar 16 kiat penting untuk membantu Anda membuat baris subjek email sebaik mungkin dan memastikan kampanye email Anda menonjol di kotak masuk.
1. Kenali audiens Anda
Rasanya tidak perlu dikatakan lagi, tetapi agar kampanye pemasaran apa pun bisa berhasil, Anda harus mengenal audiens Anda. Jika Anda tidak mengetahui hal ini, maka Anda tidak akan tahu bagaimana Anda harus mendekati, menyapa, dan memasarkan kepada audiens Anda.
Mengetahui audiens Anda akan membantu Anda untuk merancang baris subjek yang akan bekerja untuk Anda. Ini merupakan langkah pertama – mengetahui kepada siapa Anda mengirim email dan alasannya, sangat penting untuk membantu Anda memutuskan dari mana Anda harus memulai dengan baris subjek.
2. Personalisasi, personalisasi, personalisasi
Jika Anda ingin meningkatkan open rate Anda, penting untuk mempersonalisasi baris subjek Anda. Anda dapat menarik perhatian pembaca dengan menggunakan kolom data untuk menarik informasi tentang pelanggan, seperti nama, lokasi, atau informasi lain yang relevan.
Selain itu, menargetkan pesan Anda ke audiens yang tepat juga sangat penting. Personalisasi tidak hanya membuat pelanggan merasa dihargai dan dipahami, tetapi juga menyediakan konten yang bermanfaat yang dapat membuat hidup mereka lebih mudah. Dalam kotak masuk yang penuh dengan pesan umum, personalisasi dapat membedakan email Anda.
Namun ingatlah untuk tidak menggunakan personalisasi secara berlebihan. Cara terbaik untuk menjelaskan penggunaan personalisasi dalam baris subjek email adalah ‘lebih sedikit lebih baik’. Meskipun penggunaan yang aneh tidak masalah, namun penggunaan yang berulang-ulang atau tidak relevan dapat membuat penerima email tidak tertarik.
Kita juga harus ingat bahwa konsumen sudah jauh lebih paham tentang praktik pemasaran email dari sebuah merek dibandingkan di masa lalu.
Penggunaan personalisasi nama depan secara berlebihan pada baris subjek dapat membuat penerima email menjadi buta akan taktik ini.
Namun, konsumen mengharapkan beberapa bentuk personalisasi dalam pemasaran email Anda, jadi penting untuk mengubahnya dan mencoba taktik yang berbeda secara teratur.
3. Tetapkan ekspektasi yang jelas
Waktu sangat berharga, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda mengisi baris subjek dengan manfaat. Perjelas apa yang akan didapatkan oleh penerima setelah membuka email Anda.
Selain itu, kejelasan dengan audiens Anda sejak awal akan memperkuat hubungan antara Anda dengan pelanggan dan prospek Anda. Jika baris subjek Anda selalu memenuhi janjinya saat penerima membuka email, mereka akan tahu untuk mempercayai Anda.
Misalnya, jika email Anda adalah tentang lini produk musim panas baru yang diluncurkan oleh merek Anda, pastikan Anda mencantumkannya di baris subjek! Mencoba terlalu pintar dengan baris subjek Anda dapat menyebabkannya gagal.
Contoh berikut ini jelas dan langsung pada intinya:
– Rangkaian produk musim panas kami yang baru telah hadir, lihat dan beli sekarang
– Tersedia sekarang: gaya musim panas
– Beli produk musim panas kami yang baru hari ini
Jika ada yang membuka email ini, mereka harus tahu persis apa yang akan mereka lihat.
4. Jangan menyesatkan pembaca
Melanjutkan tip sebelumnya, Anda tidak ingin menyesatkan pembaca Anda, karena hal itu dapat merusak hubungan Anda.
Jangan menjanjikan apa pun di baris subjek yang tidak akan ditepati oleh email Anda. Hal ini tidak hanya tidak jujur, tetapi juga merupakan spam. Jika Anda melakukan pendekatan ini, kampanye email Anda akan segera masuk ke folder spam dalam waktu singkat. Entah itu atau pelanggan dan pelanggan Anda yang telah susah payah Anda dapatkan akan mencari tautan berhenti berlangganan itu.
Salah satu taktik menyesatkan yang saya benar-benar terkejut masih terlihat dari merek adalah pendekatan klasik ‘RE:’, untuk membuat Anda berpikir bahwa ini adalah balasan dari email yang telah Anda kirim atau terima sebelumnya.
Email yang menunjukkan pendekatan ‘RE:’
Ini mungkin akan membuat email Anda dibuka, tetapi juga akan dihapus, laporan spam, dan rasio klik-tayang yang rendah.
5. Jadilah relevan
Relevansi adalah kuncinya. Baik itu salinan email atau baris subjek Anda, pembeli hanya akan menjawab email Anda jika akan menguntungkan mereka.
Jangan samar-samar atau misterius. Baris subjek yang menarik mungkin menghasilkan tingkat keterbukaan yang baik, tetapi tujuan akhir Anda adalah klik-tayang dan konversi. Dan Anda tidak akan mendapatkannya jika email Anda tidak terkait dengan baris subjek. Dalam jangka panjang, hal ini sebenarnya dapat merugikan merek Anda. Dengan menyesatkan mereka, Anda dapat mengikis kepercayaan mereka yang rapuh terhadap Anda.
Jadi, jagalah agar baris subjek Anda tetap berhubungan dengan pesan utama Anda. Ini akan meningkatkan kualitas pembukaan dan akibatnya meningkatkan rasio klik-tayang Anda.
6. Buatlah singkat dan padat
Hampir 50% dari semua email sekarang dibuka di perangkat seluler. Hal ini membawa masalah lain yang harus Anda hadapi saat menulis baris subjek yang menarik untuk kampanye pemasaran email Anda. Layar yang lebih kecil berarti lebih sedikit ruang untuk digunakan.
Pada sebagian besar klien email seluler, Anda mungkin hanya memiliki sekitar empat atau lima kata sebelum baris subjek terpotong.
Oleh karena itu, penting untuk membuat judul email Anda menarik perhatian pada empat atau lima kata pertama. Jika Anda dapat membuat baris subjek yang kuat hanya dalam empat atau lima kata (atau kurang), lakukanlah.
7. Variasikan panjang baris subjek email
Banyak klien email seperti Gmail dan Yahoo memotong baris subjek ketika dilihat oleh pembaca berbasis web. Biasanya, titik potong untuk ini adalah sekitar batas 55 karakter. Di sisi lain, kotak masuk seluler biasanya memotong baris subjek sekitar 30 karakter.
Untuk memastikan bahwa baris subjek Anda memberikan dampak, pastikan untuk memeriksa pelaporan kampanye Anda. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi perangkat yang digunakan pelanggan untuk membuka email. Kemudian, Anda dapat merencanakan baris subjek email Anda di sekitar panjang yang disarankan ini.
Tentu saja, ini tidak berarti bahwa Anda harus benar-benar berpegang teguh pada batas karakter ini. Salah satu bagian terbaik dari mengerjakan baris subjek adalah kemampuan untuk bereksperimen. Jangan anggap ini sebagai coba-coba – anggap saja sebagai uji coba, uji coba, dan uji coba sampai berhasil.
8. Hindari kata-kata spam
Ini adalah mimpi buruk bagi setiap pemasar email untuk memiliki kata yang sulit ditandai sebagai spam. Dengan 333 miliar email yang dikirim dan diterima setiap hari di seluruh dunia, semakin sulit untuk membedakannya dari spam.
Setelah semua usaha yang dilakukan untuk membuat kampanye pemasaran email yang dioptimalkan sepenuhnya, Anda tidak ingin menjadi salah satu dari lima orang yang tertangkap oleh filter spam.
Filter spam secara terus-menerus memeriksa pemicu spesifik yang mengindikasikan email mungkin merupakan spam:
– Pilihan kata tertentu
– Pesan dalam huruf besar semua
– Email tanpa tombol berhenti berlangganan
– Tautan ke situs web yang tidak dikenal atau meragukan
– Huruf yang berwarna-warni, sulit dibaca, dan berukuran berbeda
– Hindari penggunaan tanda seru yang berlebihan!!!!!!!!
– Hindari penggunaan tanda mata uang yang berlebihan ($$$$$ atau £££££, misalnya)
Biasanya filter spam mencari kata atau frasa yang mencurigakan yang terkait dengan penipuan, skema, hadiah gratis, dan banyak lagi.
Apa yang harus dihindari:
– Kata-kata spam yang membuat klaim dan janji yang berlebihan, misalnya #1, 100% puas, dapatkan uang, konsultasi gratis, dan jaminan kepuasan.
– Kata-kata yang menciptakan desakan dan tekanan yang tidak perlu, misalnya bertindak sekarang, daftar sekarang, mulai sekarang, silakan baca, selama persediaan masih ada, dan banyak lagi.
– Kata-kata spam atau kata-kata yang menyiratkan perilaku yang tidak sopan atau tidak etis, misalnya batalkan kapan saja, tidak ada biaya tersembunyi, temui jomblo, dan lain-lain.
– Kata-kata yang dianggap jargon atau biasanya digunakan dalam dokumen resmi, misalnya seperti yang terlihat pada, bonus, bersertifikat, murah, bergabung dengan jutaan, pesan ini berisi, kutipan, dan lainnya.
Tentu saja, ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan kata-kata ini dalam email Anda. Ini hanya berarti menggunakan kata-kata dan frasa ini secara bertanggung jawab.
Baris subjek email dengan performa terbaik telah menyertakan kata-kata seperti ‘alasan’, ‘memperkenalkan’, ‘menemukan’, dan ‘terbaru’. Hal ini menunjukkan bahwa pelanggan mencari konten yang menginspirasi, seperti ‘memperkenalkan produk baru kami’. Mereka ingin merek melakukan lebih dari sekadar mempromosikan produk, mereka ingin Anda menjualnya.
9. Emoji memiliki tempatnya sendiri
Emoji telah menemukan jalan mereka ke hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari. Bahkan, mereka bahkan membuat film yang benar-benar mengerikan tentang mereka. Jadi, jangan takut untuk memberikannya dalam kampanye pemasaran email Anda.
Pada masa lalu, para pengadopsi emoji awal tentu saja terlihat menonjol di kotak masuk penerima mereka. Namun, perlahan-lahan para pemasar mulai menyadari bahwa ikon-ikon kecil yang lucu ini dapat membantu Anda menarik perhatian pembaca.
Jadi, ketika digunakan secara efektif, emoji dapat membantu baris subjek Anda menonjol. Econsultancy menyimpulkan penelitiannya baru-baru ini tentang penggunaan emoji di baris subjek, mencatat bahwa emoji ‘membuat baris subjek yang baik menjadi lebih baik’, atau ‘membuat baris subjek yang buruk menjadi lebih buruk’.
Jadi sekali lagi, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan emoji dengan cara yang benar agar efektif.
Sumber:
https://dotdigital.com/blog/how-to-write-email-subject-lines-that-get-opened/?utm_source=engagement-cloud&utm_medium=email&utm_campaign=2405300_%5BCONTENT%5D%20The%20Blog%20Debrief%20-%2010.11.23%20-%20APAC