School of Information Systems

Speciality AWS Certifications

AWS Certification merupakan serangkaian sertifikasi yang dikeluarkan oleh Amazon Web Services (AWS) untuk mengukur pengetahuan dan ketrampilan seseorang dalam menggunakan layanan AWS. Ada empat path sertifikasi dalam AWS Certified yaitu Fondational, Architect, Operations, dan Developer berdasarkan posisi jabatan selain itu juga AWS membagi menjadi tiga bagian atau tingkatan yaitu Fondational, Associate, dan Prosessional. Selain sertifikasi tersebut, AWS juga memiliki sertifikasi spesialis yang bermanfaat untuk memperdalam keahlian. Speciality AWS Certification memiliki enam pilihan sertifikasi spesialis yaitu: AWS Certified Advanced Networking – Specialty, AWS Certified Database – Specialty, AWS Certified Machine Learning – Specialty, AWS Certified SAP on AWS – Specialty, AWS Certified Security – Specialty, dan AWS Certified Data Anlytics – Specialty. Namun, AWS Certified Data Analytics – Specialty akan berhenti mulai April 2024.

  • Siapa yang harus mengambil : Pakar dalam domain AWS tertentu
  • Apa yang akan dipelajari : Keahlian khusus dalam jaringan, data analytics, keamanan, machine learning, atau database management
  • Pengalaman yang direkomendasikan : Dua hingga lima tahun pengalaman langsung dalam bidang spesialisasi masing-masing
  • Mengapa harus spesialis? : Sertifikasi ini memungkinkan untuk mendalamai domain AWS tertentu dan menunjukkan keahlian yang dimiliki.

 

AWS Advance Networking – Specialty

Sertifikasi ini dirancang untuk mevalidasi kemampuan dan pengalaman kandidat dalam melakukan tugas jaringan yang kompleks dalam AWS dan arsitektur jaringan IT hybrid dalam skala besar. Seseorang harus memiliki latar belakang dalam merancang dan mengimplementasikan solusi jaringan serta pengetahuan lanjutan tentang jaringan dalam AWS. Ada empat domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified Advance Networking – Specialty yaitu: Network Design, Network Implementation, Network Management and Operation, dan Network Security, Compliance, dan Governance.

 

AWS Certified Database – Specialty

AWS Certified Database – Specialty pada dasarnya memvalidasi bahwa kandidat memiliki pemahaman menyeluruh tentang semua layanan database AWS yang ditawarkan, serta cara memberikan nilai bagi bisnis melalui integrasi dan arsitektur database yang dioptimalkan. Ada lima domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified Database – Specialty yaitu: Workload-Specific Database Design, Deployment and Migration, Management and Operations, Monitoring and Troubleshooting, dan Database Security.

 

AWS Certified SAP on AWS – Specialty

AWS Certified SAP on AWS – Specialty memvalidasi pengetahuan tentang desain, implementasi, migrasi, dan operasi workload SAP dalam AWS. Ada empat domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified SAP on AWS – Specialty yaitu: Design of SAP Workload on AWS, Implementation of SAP Workloads on AWS, Migration of SAP Workloads to AWS, dan Operation & Maintenance of SAP workloads on AWS.

 

AWS Certified Security – Specialty

AWS Certified Security – Specialty mencakup topik-topik utama seperti keuntungan dan kebutuhan tim untuk menguasai dasar-dasar keamanan, mengikuti praktik terbaik, dan membangun pengetahuan yang mendalam tentang layanan utama yang unik pada platform AWS. Ada lima domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified Security – Specialty yaitu: Incident Response, Logging and Monitoring, Infrastructure Security, Identity and Access Management, dan Data Protection.

AWS Certified Machine Learning – Specialty

Sertifikasi ini ditujukan untuk mereka yang melakukan peran pengembangan atau data science. AWS Certified Machine Learning – Specialty dapat memvalidasi kemampuan kandidat dalam design, implement, deploy, dan maintain solusi machine learning (ML) untuk masalah tertentu. Mesin dapat beradaptasi dan belajar. Ada empat domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified Machine Learning – Specialty yaitu: Data Engineering, Exploratory Data Analysis, Modelling, dan Machine Learning Implementation and Operations.

 

AWS Certified Data Analytics – Specialty

AWS Certified Data Analytics – Specialty merupakan sertifikasi yang memiliki fokus utama pada data services, terutama S3, RedShift, Kinesis, dan Elastic MapReduce. Ada empat domain dalam ujian sertifikasi untuk menjadi seorang AWS Certified Data Analytics – Specialty yaitu Collection, Storage and Data Management, Processing, Analysis and Visualization, dan Security. Namun, sertifikasi ini diberhentikan oleh AWS mulai April 2024.

 

Sumber:

https://k21academy.com/amazon-web-services/aws-cloud-certifications/ https://aws.amazon.com/certification/?nc2=sb_ce_co

Yulia Ery Kurniawati