School of Information Systems

Operasional yang Tidak Efisien

Operasional yang Tidak Efisien merupakan proses yang tidak efisien mengurangi pendapatan dan kualitas produk, oleh karena itu organisasi harus mengungkap pemborosan dan menyederhanakan operasi. Proses dan prosedur yang dirancang dengan baik memungkinkan pekerja melaksanakan pekerjaan mereka secepat dan setepat mungkin dalam kondisi produksi yang efisien. Kondisi yang tidak efisien adalah kebalikannya dan mengakibatkan pemborosan yang berlebihan. Operasi yang efisien mempunyai karakteristik tertentu yang membedakannya dengan aktivitas yang boros.beberapa penyebab paling umum dari rendahnya efisiensi operasional bisnis :

● Kurangnya tujuan dan sasaran yang jelas: Mungkin sulit bagi perusahaan untuk mengukur efisiensi operasionalnya jika tujuan dan sasarannya tidak jelas. Hal ini dapat menyebabkan ketidakpastian dan kurangnya arah, sehingga mengurangi efektivitas operasional bisnis.

● Proses yang tidak efisien: Proses yang dirancang dengan buruk dapat mengakibatkan pemborosan dan inefisiensi. Misalnya, jika suatu perusahaan memiliki prosedur yang memerlukan beberapa tahapan atau persetujuan, hal ini dapat menyebabkan penundaan dan kemacetan.

● Pemanfaatan sumber daya yang tidak efisien: Ketika sumber daya perusahaan tidak digunakan secara efisien, hal ini dapat menyebabkan inefisiensi. Hal ini mencakup hal-hal seperti peralatan yang kurang dimanfaatkan, kelebihan staf, dan tidak efisiennya penggunaan kemampuan dan pengetahuan karyawan.

● Kurangnya komunikasi: Dalam sebuah bisnis, kurangnya komunikasi dapat menyebabkan kesalahpahaman dan miskomunikasi, yang dapat menghambat efektivitas operasional. Misalnya, jika personel tidak selalu mengetahui perubahan atau peningkatan, hal ini dapat menyebabkan kesalahan dan penundaan.

● teknologi usang: Menggunakan teknologi usang dalam bisnis dapat menyebabkan inefisiensi. Penggunaan perangkat lunak atau peralatan yang sudah ketinggalan zaman, misalnya, dapat memperlambat prosedur dan mempersulit staf dalam menyelesaikan tugasnya dengan sukses.

● Pelatihan dan pengembangan yang buruk: Inefisiensi dapat terjadi ketika personel tidak dilatih secara memadai atau diberi kesempatan untuk meningkatkan kemampuan mereka. Karyawan, misalnya, mungkin melakukan kesalahan atau membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaannya jika mereka tidak memiliki keterampilan atau keahlian yang sesuai.

Peningkatan efisiensi operasional merupakan salah satu dampak paling signifikan dari transformasi digital terhadap operasional perusahaan. Bisnis dapat menggunakan teknologi digital untuk mengotomatisasi pekerjaan, menyederhanakan prosedur, dan meminimalkan tenaga kerja manusia. Hal ini dapat menghasilkan pengurangan biaya yang besar dan peningkatan produktivitas. Bisnis, misalnya, dapat menggunakan solusi otomatisasi untuk memangkas waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan operasi umum seperti input data atau pemrosesan pesanan.

Gambar 1 : Robot pada warehouse Amazon
Gambar 2 : Fitur Chatbot

Referensi:

Thomas Erl, Roger Stoffers (2020). A Field Guide to Digital Transformation. Australia: Addison-Wesley Professional. https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.theverge.com%2F2022%2F6%2F21%2F23177756%2Famazonwarehouserobotsproteusautonomouscartdelivery&psig=AOvVaw2Gf45ywhVQJv9A13hphnqM&ust=1695835086976000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBAQjRxqFwoTCKjGrZHkyIEDFQAAAAAdAAAAABAR

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fsiamcomputing.com%2Fdigital-transformation%2Fchatbot%2F&psig=AOvVaw3q8Um3M4XOvqnSpxnVPIgU&ust=1695835113931000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBAQjRxqFwoTCODjhJ7kyIEDFQAAAAAdAAAAABAE https://www.linkedin.com/pulse/digital-transformation-impact-business-operations-strategy-amarti/

https://smallbusiness.chron.com/description-efficient-inefficient-production-situation-80302.html

https://www.linkedin.com/pulse/causes-poor-operational-efficiency-business-amila-karunarathna/ https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0957178723000541

Thomas Erl, Roger Stoffers (2020). A Field Guide to Digital Transformation. Australia: Addison-Wesley Professional.

A Raharto Condrobimo, Marcias Laurensi Divinasto