School of Information Systems

Faktor yang Mendukung Implementasi Peran Website

Dengan semakin luasnya era digital ini, peran website merupakan suatu hal yang sangat penting di berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, hingga komunikasi. Website tidak hanya sekedar platform online untuk menjabarkan atau memberikan informasi tertentu namun merupakan sebagai sarana untuk mencapai berbagai tujuan. Namun untuk mencapai tujuan suatu website dengan maksimal dan juga efektif, ada beberapa fakta yang dapat di lakukan. Berikut faktor-faktor yang dapat menyokong peran website secara efektif :

Untuk mencapai peranan website yang maksimal, penting bagi kita untuk memiliki tujuan yang jelas. Seperti apabila website kita berfokus pada mempromosikan bisnis kita, maka website yang kita buat perlu menarik agar para pengguna tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai brand yang kita miliki. Sedangkan apabila website kita berfokus untuk penjualan, website kita perlu dibuat sesimpel mungkin agar para pelanggan dapat dengan mudah melakukan proses pembelian. Kemudian desain yang menarik dan responsive pada website juga sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam berkunjung ke websites. Dikarenakan apabila pengguna membuka website menggunakan mobile phone namun tampilannya masih seperti tampilan desktop, tentu saja fontnya akan menjadi lebih kecil dan sulit untuk digunakan.

Peranan berikutnya yang penting dalam membangun sebuah websites adalah keamanan websites. Website yang tidak aman cenderung membuat pengguna meragukan website yang kita miliki. Sehingga sangat penting untuk membeli sertifikasi keamanan yang legal untuk melindungi data-data yang dimiliki oleh perusahaan maupun pengguna.

Media sosial sudah menjadi sebagian dari hidup kita, sekarang sosial media bukan hanya sebagai sarana komunikasi namun sudah merambah ke bidang bisnis dimana dengan mengintegrasikan platform media sosial dengan baik dan memanfaatkan semua fitur yang telah disediakan oleh media sosial secara menyeluruh, peran website dapat berjalan secara efektif.

Selain itu, konten yang disajikan harus berkualitas seperti, konten tersebut menarik dan dapat memenuhi fungsi utama yaitu memberi informasi yang akurat untuk target audiens. dan juga agar website dapat ditemukan dengan mudah untuk target audiens, Praktik SEO Termasuk penggunaan kata kunci yang relevan, optimisasi gambar, struktur URL yang baik, dan tautan internal yang memadai.

Dalam memuat halaman websites, hal yang paling penting juga dalam sebuah website yakni kecepatan dalam mengakses sebuah halaman. Jika sebuah website memiliki sebuah performa memuat halaman yang lambat maka pengunjung atau user dapat meninggalkan website tersebut. Kemudian, keberhasilan dan efektivitas website menjadi faktor penting dan dapat diukur dengan menggunakan berbagai alat analitik salah satunya seperti, Google Analytics. Dan melalui hal itu akan didapatkan data yang dapat membantu audiens untuk membuat suatu keputusan.

Pengembangan suatu website diperlukan pemeliharaan/maintenance website yang baik dengan dukungan teknis yang baik. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki tim yang terampil dan capable dalam menjaga dan memperbarui website dan memastikan bahwa semuanya dapat berjalan lancar dan masalah yang datang dapat ditangani dengan cepat dan baik.

Peranan yang terakhir, dan juga penting website memiliki sifat yang akan terus berkelanjutan, karena website tersebut akan terus berkembang dan memiliki suatu inovasi untuk menjaga relevansi dan efektivitasnya. Sehingga memperbaiki serta mengembangkan website menjadi sangat penting.

referensi :

  • YASA, PUTU KRISNA HARTA (2023) PENGARUH KUALITAS SITUS WEBSITE, KEPERCAYAAN KONSUMEN, DAN PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI ULANG DI SITUS JUAL BELI ONLINE OLX. Other thesis, Universitas Mahasaraswati Denpasar.
  • Aqmala, D., Putra, F., & Wijayani, R. (2021). FACTORS AFFECTING THE IMPROVEMENT OF BLIBLI.COM CUSTOMER LOYALTY. Holistic Journal of Management Research, 6(1), 10-25. https://doi.org/10.33019/hjmr.v5i1.2095
  • Prasetiyo, budi, & Fazarriyawan, E. (2020). Analisa Faktor “Faktor E-Commerce dalam membentuk Customer Satisfaction Millenial Bukalapak. Owner : Riset Dan Jurnal Akuntansi, 4(1), 311-321. Retrieved from https://polgan.ac.id/owner/index.php/owner/article/view/177
Cut Lionika Syalum