School of Information Systems

Break-even Analysis

Analisis impas adalah alat keuangan yang membantu perusahaan menentukan tahap di mana perusahaan, atau layanan atau produk baru, akan menguntungkan. Dengan kata lain, ini adalah perhitungan finansial untuk menentukan jumlah produk atau layanan yang harus dijual atau disediakan perusahaan untuk menutupi biayanya (khususnya biaya tetap).

Apa itu Analisis Titik Impas

Titik impas adalah situasi di mana organisasi tidak menghasilkan uang atau kehilangan uang, tetapi semua biaya telah ditanggung.

Analisis titik impas berguna dalam mempelajari hubungan antara biaya variabel, biaya tetap dan pendapatan. Umumnya, perusahaan dengan biaya tetap rendah akan memiliki titik impas penjualan yang rendah. Misalnya, Happy Ltd memiliki biaya tetap Rs. 10.000 vs Sad Ltd memiliki biaya tetap sebesar Rs. 1,00,000 menjual produk serupa, Happy Ltd akan dapat mencapai titik impas dengan penjualan produk yang lebih rendah dibandingkan dengan Sad Ltd.

Komponen Analisis Titik Impas

Biaya tetap

Biaya tetap disebut juga biaya overhead. Biaya overhead ini terjadi setelah keputusan untuk memulai suatu kegiatan ekonomi diambil dan biaya ini berhubungan langsung dengan tingkat produksi, tetapi tidak dengan kuantitas produksi. Biaya tetap termasuk (tetapi tidak terbatas pada) bunga, pajak, gaji, sewa, biaya penyusutan, biaya tenaga kerja, biaya energi dll. Biaya ini tetap terlepas dari produksinya. Dalam hal tidak ada produksi juga biaya yang harus dikeluarkan.

Biaya variabel

Biaya variabel adalah biaya yang akan meningkat atau menurun dalam hubungan langsung dengan volume produksi. Biaya ini meliputi biaya bahan baku, biaya pengepakan, bahan bakar dan biaya lain yang berhubungan langsung dengan produksi.

Perhitungan Analisis Titik Impas

Rumus dasar analisis titik impas diturunkan dengan membagi total biaya tetap produksi dengan kontribusi per unit (harga per unit dikurangi biaya variabel).

Sebagai contoh:

Biaya variabel per unit: Rp. 400 Harga jual per unit: Rs. 600 Keuntungan yang diinginkan: Rs. 4,00,000 Total biaya tetap: Rs. 10,00,000 Pertama kita perlu menghitung titik impas per unit, jadi kita akan membagi Rs.10,00,000 dari biaya tetap dengan Rs. 200 yang merupakan kontribusi per unit (Rs. 600 – Rs. 200). Titik Impas = Rp. 10,00,000/Rp. 200 = 5000 unit Selanjutnya, jumlah unit ini dapat ditunjukkan dalam rupiah dengan mengalikan 5.000 unit dengan harga jual Rs. 600 perunit. Kami mendapatkan Penjualan Titik Impas pada 5000 unit x Rs. 600 = Rp. 30,00,000. (Titik impas dalam rupiah)

Margin kontribusi

Analisis titik impas juga berkaitan dengan margin kontribusi suatu produk. Kelebihan antara harga jual dan total biaya variabel dikenal sebagai margin kontribusi. Sebagai contoh, jika harga suatu produk adalah Rs.100, total biaya variabel adalah Rs. 60 per produk dan biaya tetap adalah Rs. 25 per produk, margin kontribusi produk adalah Rs. 40 (Rp 100 – Rp 60). Rs ini 40 merupakan pendapatan yang dikumpulkan untuk menutupi biaya tetap. Dalam perhitungan margin kontribusi, biaya tetap tidak diperhitungkan.

Biaya variabel memainkan peran integral dalam analisis titik impas. Analisis titik impas digunakan untuk menentukan jumlah pendapatan atau unit yang dibutuhkan untuk menjual untuk menutup biaya total. Formula impas diberikan sebagai berikut:

Pertimbangkan contoh berikut:

Amy ingin Anda menentukan unit barang minimum yang harus dia jual untuk mencapai titik impas setiap bulan. Toko roti hanya menjual satu item: kue. Biaya tetap menjalankan toko roti adalah $1.700 sebulan dan biaya variabel untuk memproduksi kue adalah $5 untuk bahan baku dan $20 untuk tenaga kerja langsung. Selain itu, Amy menjual kue dengan harga jual $30.

Untuk menentukan titik impas dalam unit:

Titik Impas dalam Unit = $1.700 / ($30 – $25) = 340 unit

Oleh karena itu, agar Amy mencapai titik impas, dia harus menjual setidaknya 340 kue sebulan.

I Gusti Made Karmawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031