Peran Social Computing
Komputasi sosial adalah bidang penelitian yang luas yang berada di antara ilmu komputer, ekonomi, dan ilmu sosial lainnya. Komputasi sosial mencakup dua aspek, yaitu yaitu kecerdasan manusia untuk melakukan tugas-tugas komputasi dan desain sistem komputasi yang mendukung perilaku dan interaksi sosial dengan kata lain komputasi sosial adalah interaksi yang dibuat dengan sistem digital yang mendukung interaksi online. Serangkaian teknologi yang disebut komputasi sosial memicu evolusi Internet, menyamai era dot-com dalam hal pertumbuhan, kegembiraan, dan investasi. Semua ini memiliki pembangunan komunitas tingkat lanjut, pembuatan konten tingkat pengguna, dan banyak fitur lainnya. Juga memberikan gambaran tentang komputasi sosial dan mengidentifikasi karakteristik utamanya. Namun komputasi sosial memiliki potensi yang sangat besar untuk bisnis dan berdampak besar pada masyarakat, dan menguraikan kemungkinan perubahan dalam cara orang yang terorganisir bertindak.
Tujuan penulis memilih topik ini karena perkembangan Web 2.0 yang memungkinkan pengguna internet untuk saling berinteraksi. Sejak tahun 2006 telah terjadi banyak perkembangan yang signifikan di bidang komputasi sosial, seperti perdagangan sosial dan pengembangan perangkat lunak sosial perusahaan. Karena fungsi interaksi dan komunikasinya, komputasi sosial semakin banyak digunakan dalam pendidikan, pengembangan keterampilan, serta dalam bisnis yang sekarang menjadi bisnis sosial yang sangat populer. Hal ini tentu saja dapat menjadi peluang pada dunia bisnis.
Perkembangan teknologi dunia usaha di Indonesia menjadikan persaingan yang lebih seru, karena banyaknya jenis produk yang ditawarkan. Berbagai jenis produk yang ditawarkan sangat berhati-hati dalam mengisi celah-celah bisnis. Cara yang tepat untuk meemenangkan persaingan adalah dengan promosi. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain; melalui promosi penjualan, publisitas umum, penjualan pribadi, dan periklanan. Promosi dengan media sangatlah efisien karena menggunakan biaya rendah dan mempunyai daya bujuk (persuasif) yang kuat. Media promosi era globalisasi kini telah banyak bergeser pada media interaktif yang baru lebih unggul, karena kemampuannya media interaktif untuk melengkapi para konsumen dengan kendali penuh untuk memilih informasi yang ingin mereka terima atau tolak. Promosi pada media interaktif salah satunya adalah melalui e-commerce. Comlabs (2011), menyatakan bahwa E‐commerce (electronic commerce) secara umum dapat berarti sebagai kegiatan/transaksi jual beli secara elektronik. Kegiatan jual beli yang terjadi sama dengan kegiatan jual beli secara konvensional, yang membedakan hanya dimana terjadinya penawaran, penyampaian produk, pembayaran, dan lainnya dilakukan secara elektronik (online via Internet).
Salah satu contoh social computing pada bisnis adalah social shopping, social shopping merupakan metode strategi ecomerce untuk membentuk jaringan kolaboratif antara pembeli, penjual, dan vendor secara online. Yang bisa memudahkan pembeli dikategorikan berdasarkan selera, lokasi, umur, jenis kelamin, maupun kategori lainya. Fitur jejaring sosial yang ada pada bisnis shopping seperti pemberian rating, ulasan, dan rekomendasi juga dapat digunakan pelanggan sebagai bahan pertimbangan dalam mengumpulkan informasi seperi merk apa yang akan dibeli, dari vendor mana, dan kisaran harganya. Kemudian ada juga belanja grup yaitu penawaran khusus pada waktu singkat, pembelian grup identik dengan penaran khusus seperti flash sale. Komunitas dan klub perbelanjaan yaitu perbelanjaan yanf menyelenggarakan obral untuk anggotanya biasanya dengan menampilkan merek-merek mewah dengan diskon yang besar besaran. Biasanya pembaritahuan dikirim melalui pesan email untuk memikat anggota klub. Hal ini sangat menarik dan mendorong masyarakat menggunakan metode ini untuk berbelanja karena kita dapat memudahkan dan menghemat waktu.
Komputasi sosial juga dapat memiliki efek negatif, termasuk masalah keamanan, bahwa komputasi sosial harus menjadi prioritas bagi para peneliti dan pemimpin bisnis, dan mengilustrasikan perubahan mendasar yang akan dibawa tren ini ke komunikasi, komputasi, kolaborasi, dan bisnis. dalam Web 2.0 berdasarkan eksekusi kode sisi klien memiliki teknik berkelanjutan browser klien dan akses ke sumber daya server, yang kemudian diproses menghasilkan hasil yang berbeda. Tingkat hak istimewa untuk sumber daya server yang ditujukan untuk penggunaan umum dapat dieksekusi dengan kode sumber terbuka dan akses publik merupakan mimpi buruk yang potensial keamanan Peretas dapat memanipulasi dengan akses mudah ke kode sumber yang disematkan di halaman lihat database atau URL di sana untuk mengakses sumber daya lain di server dan dengan demikian menyerang jaringan di server. Dapat mengklasifikasikan masalah keamanan informasi jaringan sebagai berpotensi berbahayaitu memengaruhi komunitas dan/atau anggotanya dan Internet secara umum tentang masalah keamanan informasi yang timbul dari platform teknologi informasi sosial. Tinggi di kategori sebelumnya tingkat berbagi konten, kepercayaan, dan banyaknya pengguna yang tidak memahami keamanan semuanya adalah faktor yang bertanggung jawab atas penyebaran virus dan worm di Internet masyarakat dengan cepat. Faktor yang sama mempengaruhi platform komputasi sosial yang dijalankannya asal konten berbahaya yang menyebar di seluruh web. Aspek ini menjadi lebih burukberkat kerentanan di atas yang dapat dimanfaatkan sebagai batu loncatan untuk serangan DDoS. Faktor pertama adalah semua faktor sosial yang tidak dapat dengan mudah diubah karakter komunitas dan proposisi nilai. Jadi bersikaplah kritis perusahaan yang menjadi tuan rumah atau mensponsori komunitas semacam itu harus memiliki teknologi yang sesuai tindakan perlindungan untuk menjaga lingkungan yang relatif steril. Ketika pengguna memperhatikan perbedaannya profil keamanan untuk komunitas yang berbeda – misalnya, berpartisipasi dalam satu mengarah pada penerimaan lebih banyak spam – mereka biasanya beralih ke yang lebih aman. Penyedia layanan membutuhkan beberapa cara untuk memberi tahu pengguna tentang profil keamanan mereka serta tingkat investasi dan komitmen mereka mereka dibuat untuk keselamatan. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah dengan mengambil sertifikat mekanisme seperti dijelaskan dalam [Parameswaran 2007].
Komputasi sosial menjanjikan perubahan yang signifikan dan kekuatan yang mengganggu dalam bisnis, dalam komputasi, di bidang aksi kolektif seperti politik, kewirausahaan seperti produksi film, dan bidang konten dan hiburan seperti distribusi interaktif. Seiring dengan perubahan yang disebabkan oleh pemrosesan data sosial, browser web berkembang menjadi antarmuka pengguna untuk pemrosesan data pribadi. Komputasi itu sendiri berpindah dari server ke jaringan dan lebih banyak lagi ke perangkat klien di edge. Di dalam jaringan, aplikasi baru meningkatkan desentralisasi. Desentralisasi mendorong inovasi di kalangan pengguna akar rumput dalam pembuatan konten, komputasi, dan e-commerce. Sistem operasi kemungkinan akan mengalami perubahan yang lebih mendasar untuk beralih dari laptop yang berpusat pada desktop ke lingkungan widget yang berpusat pada web. Ruang informasi seluler mengelilingi pengguna yang identitasnya dapat digabungkan antara berbagai platform dan aplikasi. Ruang informasi semacam itu juga menarik perusahaan dan pelanggan, dengan yang pertama memungkinkan penilaian preferensi yang lebih baik dan lebih dinamis dan yang terakhir meningkatkan nilai melalui individualisasi dan pengemasan. Ruang data ini sendiri dapat berkembang menjadi ruang komputer portabel sebagai langkah selanjutnya dalam komputasi sosial. Perubahan serupa terjadi di segmen terkait; Misalnya, penyedia layanan Internet berkembang menjadi penyedia konten, layanan tambahan, serta konten dan hiburan terintegrasi. Komputasi sosial membawa lapisan kelas pengguna yang berbeda, memberi makna lebih pada hal-hal seperti netralitas bersih, layanan yang berbeda, dan kesenjangan digital. Potensi mengganggu komputasi sosial menawarkan peluang untuk penelitian dan bisnis terkait TI. Artikel ini membahas beberapa peluang bisnis baru yang muncul dari komputasi sosial. Potensinya melampaui bisnis ke bidang lain dari tindakan terorganisir, termasuk gerakan populer untuk berbagai penyebab dan masalah global seperti kejahatan keuangan atau keberlanjutan, serta kemampuannya untuk mencapai pencapaian luar biasa dan memanfaatkan pengetahuan kolektif. Penelitian komputasi sosial dapat didasarkan pada berbagai disiplin ilmu. Khusus untuk penelitian masyarakat informasi, ini adalah kesempatan untuk berada di garis depan dalam menafsirkan dan memandu tren ini untuk mewujudkan potensi penuh mereka. Ini dapat melibatkan pengelolaan perusahaan, memperluas landasan teoretis penelitian masyarakat informasi menggunakan disiplin ilmu yang lebih luas, dan mengembangkan lebih lanjut beberapa disiplin ini dengan memeriksa bagaimana masalah baru yang mendasar. motivasi kooperatif, dapat diamati dalam komputasi sosial.