School of Information Systems

Visual Interface Design

Sebelum masuk ke dalam hal yang lebih mengkhusus, kita akan sedikit membahas mengenai konsep dasar dari Visual Interface Design. Secara sederhana disain antarmuka ini menyangkut segala hal yang berhubungan dengan interaksi yang dilakukan oleh pengguna. Baik itu menekan, mengusap, menyentuh dan sebagainya. Untuk meningkatkan pengalaman serta kenyamanan pengguna dalam melakukan interaksi, maka munculah konsep disain interface ini yang mana bertujuan untuk menambah pengalaman baik pengguna dalam menggunakan suatu model. Salah satu komponen yang terdapat dalam desain antar muka ini adalah Graphical User Interface. Komponen ini merupakan bentuk interface design yang sering dijadikan sebagai standar dari pengembangan antarmuka pengguna yang ada hingga saat ini. Graphical User Interface yang kemudian disingkat dengan GUI sudah ada dalam kehidupan sehari-hari kita yang mana mungkin saja belum banyak disadari oleh para penggunanya. Untuk itu kita akan mulai untuk membahas mengenai GUI.

Graphical User Interface merupakan sebuah system komponen visual interaktif untuk software computer. Dikutip dari Computer Hope, GUi ini akan menampilkan sebuah objek yang menyampaikan representasi dari aksi yang dilakukan oleh penggunanya. Secara sederhan system GUI ini akan memberikan pengguna respon berupan visual ketika kita melakukan interaksi dengan suatu perangkat. Respon yang diberikan GUI ini bermacam-macam jenisnya, mulai dari perubahan warna, ukuran, visibilitas, dan sejenisnya. Sampai disini mungkin beberapa dari kita sadar akan GUI, misalnya saja ketika kita membuka aplikasi pada laptop kita, saat icon dari aplikasi itu disentuh maka akan terdapat respon perubahan warna ataupun ukuran yang menandakan bahwa aplikasi tersebut diperintahkan untuk terbuka. Sejarah mengenai GUI ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970 akhir oleh Xerox Palo Alto. Dan kemudian setelah system ini berhasil disempurnakan akhirnya digunakan oleh Apple untuk Macintosh-nya dan juga mulai masuk dalam system operasi windows yang dimiliki oleh Microsoft. Banyak juga yang mengatakan bahwa GUI ini merupakan sebuah jawaban dari permasalahan respon yang kerap dirasakan oleh penggunanya. Menyinggung pembahasan di atas, kini konsep GUI ini bisa ditemukan dari berbagai terapannya seperti pada tombol, scroll bar, tab, menu, kursor dan masih banyak lagi di berbagai perangkat yang kita miliki. Agar memperjelas pemahaman kita, maka berikut merupakan tampilan windows yang dimana terdapat  berbagai tombol yang sudah menerapkan system GUI ini :

bisa dilihat pada gambar diatas, bahwa setiap tombol memiliki visual yang berbeda-beda yang mana perbedaaan ini akan memberikan informasi yang berbeda bagi penggunanya yang tentunya akan memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan perangkat.

Setelah mengetahui apa itu Graphic User Interface, maka kita akan melanjutkan membahas mengenai bagaimana cara kerja GUI ini. Mengutip dari Omni Sci, GUI merupakan system yang menggunakan prinsip dari desain yang menggunakan pola software model-view-controller. Pola ini akan menampilkan informasi kepada pengguna baik secara internal maupun secara eksternal. Adanya pola ini tentu akan memudahkan penggunanya karena disini pengguna  mengetahui mana yang bisa mereka gunakan tanpa perlu mengetahui kode pemrosesan perintah yang sedang berjalan. Kemudahaan ini juga bisa dirasakan oleh developer, karena pihak perancang bisa mengkreasikan tampilan dengan sebebas mungkin asalkan fungsi yang dimiliki masih tetap sama. Sederhananya dari konsep ini, ketika kita membuka aplikasi amaka kita hanya mengarahkan mouse ke icon dari aplikasi tersebut, yang mana kemudian aplikasi akan menjalankan perintah yang harus dilakukan.

Dibalik dari kemudahan yang ditawarkan oleh GUI ini, tentu suatu system akan menimbulkan kelebihan dan juga kekurangan dalam penggunaanya. Dari segi kelebihan yang ditawarkan oleh GUI secara umum sudah bisa kita lihat yaitu terkait dengan kemudahan yang ditawarkannya. Kemudahan ini akan menyederhanakan suatu system yang mana akan memberikan kebebasan untuk siapapun dalam mengoperasikan computer. Kelebihan lainnya yaitu terkait dengan desain antarmuka dari aplikasi atau system tersebut juga akan menjadi lebih menarik. Dengan kata lain, kelebihan yang ditawarkan oleh system GUI ini akan memberikan suatu dampak yang besar dimana akan lebih banyak orang yang mampu menggunakan teknologi untuk mempermudah kehidupan sehari-harinya. Berbeda dengan beberapa pernyataan diatas, berikutnya kita akan membahas mengenai kekurangan yang ada pada system GUI ini. Salah satu kekurangan utama dari GUI adalah keterbatasan interaksi yang dapat dilakukan. Keterbatasan ini terkait dengan interaksi yang kita lakukan hanya sebatas apa yang telah diprogramkan oleh developer. Dengan arti lain, orang yang ingin melakukan suatu hal berbeda diluar kegunaan dari suatu system tidak bisa melakukannya secara mudah karena GUI ini akan menyesuaikan perintah yang telah diatur saat pemrograman. Terdapat beberapa pendapat juga yang menyatakan bahwa GUI ini masih cenderung lambat jika dibandingkan dengan command-based interface. Selain itu jika dilihat dari sisi penyimpanan, GUI ini juga boros akan tempat yang menyebabkan pengguna membutuhkan penyimpanan yang lebih besar.

Demikianlah salah satu bentuk Visual Interface Design yang mana kali ini kita membahas Graphic User Interface dengan kelebihan serta kekuragan yang dimiliki. Walaupun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa GUI telah memberikan banyak bantuan dalam memanfaatkan teknologi di kehidupan sehari-hari.

References :

Anonim. (2021). Graphical User Interface. Retrieved from omnisci.com: https://www.omnisci.com/technical-glossary/graphical-user-interface

Hope, C. (2021, December 04). GUI. Retrieved from https://www.computerhope.com/: https://www.computerhope.com/jargon/g/gui.htm

Pedamkar, P. (n.d.). What is GUI? Retrieved from educba.com: https://www.educba.com/what-is-gui/

Rahmalia, N. (2021, December 14). Graphical User Interface (GUI), Tampilan yang Sederhanakan Interaksi dengan Komputer. Retrieved from glints.com: https://glints.com/id/lowongan/gui-adalah/#.Yff9depBxhE

Pande Ketut Adinda Dharma Putra, Ferdianto