School of Information Systems

Digital Government Transformation

Digital government transformation adalah proses transformasi yang dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan teknologi untuk dapat membuat perubahan fundamental terkait dengan kegiatan operasional sektor publik sehingga mampu menghasilkan strategi baru bagi pemimpin pemerintahan untuk dapat meningkatkan nilai progress mereka. Maka dari itu, digital government transformation juga dapat diartikan sebagai aplikasi teknologi yang membantu peningkatan performa pemerintahan.  

Pada masa perkembangan teknologi saat ini, digital government transformation menjadi salah satu aspek penting untuk memenuhi kebutuhan masyarakat modern. Dalam proses implementasinya, banyak pemerintahan yang terkendala beberapa aspek, seperti birokrasi dan biaya, namun kebanyakan pemerintahan mencoba untuk menghadapi permasalahan tersebut dengan lebih memberi fokus ke beberapa area, seperti layanan digital, teknologi mobile-first, komunikasi yang ditargetkan, dan proses otomatisasi. Adapun, terdapat beberapa konsep digital government transformation yang saat ini sudah mulai diterapkan, yaitu: 

  • Menyatukan Pengalaman Masyarakat 

Dengan bantuan digital technology transformation, akan membuat pemerintah untuk lebih mudah dalam memiliki pandangan kesuksesan yang jelas dari prespektif pengguna mereka, dimana pada kasus ini adalah masyarakat untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik dan efisien pada berbagai proses pemerintahan.  

  • Mengotomatisasi Proses Manual 

Transisi yang terjadi dari proses manual ke proses otomatis telah menjadi poin utama dalam proses transformasi digital pemerintahan. Dengan bantuan teknologi yang baru diimplementasi, dapat membantu memangkas waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai proses pemerintahan, dari yang membutuhkan waktu berminggu – minggu menjadi hanya beberapa jam untuk dapat menyelesaikannya. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mengelola dan melacak pencatatan pemerintah. 

  • Penggunaan Data yang Lebih Banyak dan Lebih Baik 

Transformasi digital dalam proses pemerintahan juga membantu membuat data tersedia ke berbagai pemimpin dan praktisi pemerintah yang lebih demokratis. Hal ini dapat membantu memberikan konteks dan feedback, yang akan membantu pemerintah lebih efisien dan lebih responsive terhadap keinginan dan kebutuhan masyarakat dalam waktu yang real time. 

  • Perancangan dengan Fokus Mobile Devices 

Penggunaan mobile devices telah menjadi salah satu tren yang telah dilakukan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia. Hal ini juga terlihat dari data yang menunjukkan bahwa mobile devices telah menyumpang hampir setengah dari semua kunjungan ke situs web pemerintah. Mak dari itu, pemerintah perlu meningkatkan pengalaman penggunanya dengan membuat website yang bersifat lebih mobile-responsive. 

Referensi: 

Aristia Utari Putri