Digital Business as Implementation Customer Focus
Teknologi merupakan sesuatu yang tidak dapat kita lepaskan atau tidak dapat kita terima di dalam hidup kita apalagi di jaman yang semakin berkembang ini Seiring dengan berkembangan jaman, teknologi juga mengalami perkembangan. Teknologi yang ada sekarang ini bisa dikatakan sangat cangih. Era yang semakin cangih ini membuat semua orang harus bisa menggunakan teknologi yang ada. Dapat kita lihat dan dapat di prediksikan nantinya semua orang, device dan bisnis akan terhubung dengan internet. Semua orang bahkan benda mati yang ada di dunia ini akan terhubung dengan adanya internet. Tidak hanya barang yang akan berkaitan dan terhubung dengan internet, melainkan proses-proses yang terjadi dalam kehidupan ini juga tidak lepas kaitan nya dengan adanya internet dan teknologi. Salah satu proses yang sudah berjalan dan berkaitan erat dengan adanya internet yaitu proses dalam dunia bisnis.
Dijaman yang semakin berkembang ini proses bisnis yang terjadi tidak lagi memerlukan adanya tatap muka secara lansung antara orang-orang melakukan proses bisnis. Maka dari itu dalam dunia bisnis ini muncul sebuah istilah yang disebut digital bisnis. Digital bisnis muncul karena terjadinya interaksi, komunikasi, dan negosiasi satu sama lain antara orang-orang dan bisnis sehingga hal ini menyebabkan munculnya lingkungan baru. Lingkungan baru inilah yang akhirnya disebut dengan digital bisnis. Bisnis digital adalah penciptaan desain bisnis baru dengan mengaburkan dunia digital dan fisik. Digital bisnis menyajikan suatu yang belum pernah terjadi sebelumnya dari orang-orang, bisnis akan lahir dari era Internet dan e-bisnis. Digital bisnis yang ada akan mempermudah para konsumen dalam melakukan proses bisnis, contohnya jika dulu jika pembeli ingin membeli sayuran pembeli tersebut harus datang secara langsung kepasar tradisional atau super market terdekat. Namun dengan adanya digital bisnis ini dapat terciptanya aplikasi yang dapat mempermudah pembeli untuk membeli sayur, pembeli tidak perlu lagi pergi ke pasar tradisional atau supermarket untuk berbelanja, pembeli dapat menggunakan aplikasi untuk melakukan transaksi dan produk yang di beli akan dikirim langsung ke tempat pembeli. Digital bisnis berfokus pada konsumen, untuk menyediakan apa yang diinginkan oleh konsumen.
Digital bisnis memiliki dampak yang positif untuk kemajuan bisnis. Berikut merupakan beberapa dampak dari adanya digital bisnis yaitu, effisiensi dan efektif tehadap bisnis yang bejalan. Selain itu digital bisnis juga cepat dan akurat dalam melayani konsumen. Ada beberapa digital tren yang dapat membantu kelancaran berjalannya digital bisnis. Yang pertama yaitu Big Data Analysis, merupakan suatu proses penggumpulan, pengelolahan dan menganalisi sejumlah besa data (big data) yang dapat berguna untuk suatu ornganisasi dan menghasilkan informasi penting yang diperlukan. Big data yang ada ini dapat sangat berguna bagi sebuah digital bisnis untuk melakukan pemasaran dan promosi, contohnya dari big data yang ada ini perusahaan dapat melihat pola kebiasaan konsumennya sehingga perusahaan dapat dengan mudah melakukan pemasaran dan promosi kepada konsumen dengan cepat dan tapat sasaran. Selain itu penggunaan big data dalam melakukan pemasaran dan promosi ini dapat memperkecil biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.
Yang kedua, Artificial Intelligent, merupakan kecerdasan buatan. Contoh dari artificial intelligent ini dapat kita lihat dengan adanya robot-robot yang diciptakan dengan kemampuan yang sama dengan manusia. Kecerdasaan yang ada dalam tersebut dibuat dengan melihat pola perilaku yang dilakukan oleh manusia. Yang ketiga yaitu Block Chain Technology, contoh dari block chain yang dapat kita lihat sekarang ini adalah Bitcoin.