School of Information Systems

Mengenal ANOVA dan MANOVA

Pengertian ANOVA

ANOVA adalah metode statistik yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dari dua kelompok atau lebih. ANOVA memeriksa varians antar kelompok dan varians dalam kelompok untuk menentukan apakah perbedaan antara rata-rata kelompok signifikan secara statistik atau tidak.

ANOVA membagi variasi total dalam satu set data menjadi dua komponen: variasi antar kelompok dan variasi di dalam kelompok. Jika variasi antar kelompok jauh lebih besar daripada variasi di dalam kelompok, ini menunjukkan bahwa rata-rata kelompok berbeda secara signifikan. Sebaliknya, jika variasi dalam kelompok jauh lebih besar daripada variasi antar kelompok, maka hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata-rata kelompok.

ANOVA dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menentukan kemanjuran berbagai perlakuan, membandingkan rata-rata beberapa kelompok, dan menganalisis desain eksperimental dengan banyak faktor. ANOVA diklasifikasikan menjadi tiga jenis: ANOVA satu arah, ANOVA dua arah, dan ANOVA tindakan berulang.

Cara Kerja ANOVA

ANOVA digunakan untuk menguji sebuah hipotesa penelitian dengan menilai perbedaan rerata antar kelompok, dengan hasil akhirnya yaitu F-hitung. F-hitung akan dibandingkan dengan nilai yang terdapat dalam tabel F. Jika nilai F-Hitung lebih dari tabel-F maka hasilnya adalah terima H1 dan tolak H0. yang berarti ada perbedaan bermakna rerata pada semua kelompok.

Pengertian MANOVA

MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) adalah perluasan dari ANOVA yang digunakan untuk membandingkan rata-rata dari dua atau lebih kelompok pada beberapa variabel dependen. Dengan kata lain, MANOVA digunakan ketika ada beberapa variabel respons.

MANOVA, seperti ANOVA, menentukan apakah rata-rata kelompok variabel dependen berbeda secara signifikan satu sama lain. Alih-alih menganalisis setiap variabel dependen secara terpisah, MANOVA memeriksa semuanya secara bersamaan untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok-kelompok tersebut pada semua variabel dependen.

MANOVA berguna ketika ada beberapa variabel respons yang cenderung berkorelasi. Sebagai contoh, MANOVA dapat digunakan dalam penelitian yang melihat efek dari metode pengajaran yang berbeda terhadap nilai ujian dan motivasi belajar siswa. Peneliti dapat menggunakan MANOVA untuk melihat apakah ada perbedaan yang signifikan antara metode pengajaran pada kedua variabel tersebut secara bersamaan.

Cara Kerja MANOVA

Output MANOVA biasanya mencakup statistik seperti Wilks’ Lambda, Pillai’s Trace, dan Hotelling’s T-Squared, yang digunakan untuk menentukan apakah perbedaan kelompok itu signifikan. Jika MANOVA menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelompok, tes tambahan dapat dilakukan untuk menentukan variabel mana yang menyebabkan perbedaan tersebut.

 

Referensi:

https://www.investopedia.com/terms/a/anova.asp

https://www.tibco.com/reference-center/what-is-analysis-of-variance-anova

https://www.statisticssolutions.com/free-resources/directory-of-statistical-analyses/manova/

https://www.ibm.com/docs/sl/spss-statistics/beta?topic=statistics-multivariate-analysis-variance-manova

Muhammad Wildan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031