School of Information Systems

4 Kesalahan PPC yang Mempengaruhi Kampanye Iklan Anda

Membuat dan mengelola kampanye bayar per klik (PPC) yang sukses adalah kerja keras.

Tidak ada rumus ajaib yang dapat Anda terapkan yang mengarah pada kesuksesan iklan berbayar secara instan. Dalam dunia bayar per klik, ada anggaran yang perlu ditetapkan, ada kata kunci untuk ditawar, dan audiens yang memerlukan segmentasi – dan itu hampir tidak memecahkan permukaan hal-hal yang perlu Anda kelola untuk menjalankan kampanye berbayar yang sukses.

Meskipun setiap kampanye PPC itu unik, kampanye yang paling sukses memiliki karakteristik yang terorganisir. Di blog ini, kami akan membantu membuat kampanye berbayar Anda sukses dengan menyoroti empat kesalahan PPC yang dilakukan sebagian besar pemasar. Kami juga akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk melewati kesalahan-kesalahan tersebut untuk menghasilkan ROI yang positif.

Kesalahan PPC #1: Tidak Membuat Persona Pembeli

Ide membuat iklan dan memanfaatkan konversi/penjualan dari iklan tersebut cukup menarik. Mungkin inilah sebabnya mengapa sebagian besar pemasar terjun ke dalam pembuatan iklan tanpa pemahaman yang jelas tentang tujuan, dan strategi bagaimana mereka akan mengubah tujuan tersebut menjadi kenyataan.

Sebelum Anda mulai memvisualisasikan konversi yang bergulir dari iklan Anda, mundur selangkah dan tentukan target audiens Anda.

Tanpa mengetahui:

  • Untuk siapa Anda membuat iklan Anda
  • Apa peran mereka
  • Apa yang memotivasi mereka
  • Apa yang membuat mereka frustrasi
  • Berapa banyak anggaran yang harus mereka keluarkan

 

Kesalahan PPC #2: Tidak Memperhitungkan Perbedaan Maksud Pengguna dalam Kampanye Penelusuran, Sosial, dan Tampilan

Setiap kampanye iklan berbayar harus seperti kepingan salju-satu jenis dan unik. Bahkan jika Anda membuat kampanye untuk penawaran yang sama di saluran yang berbeda, seharusnya tidak sama.

Hal ini karena audiens penelusuran, sosial, dan tampilan tidak berperilaku sama, dan iklan yang identik, meskipun mempromosikan penawaran yang sama, tidak akan berfungsi di semua audiens. Pengguna yang mencari di Google memiliki maksud yang berbeda dari pengguna yang hanya melihat-lihat feed Facebook mereka.

Bila Anda tidak mempertimbangkan perbedaan audiens untuk saluran berbayar yang berbeda, Anda tidak menyegmentasikan audiens dengan benar untuk saluran tersebut, yang berdampak buruk pada ROI Anda.

Berikut adalah cara Anda dapat membedakan antara tiga jenis audiens saluran:

  1. Lalu lintas pencarian: Prospek ini secara aktif mencari solusi untuk masalah mereka atau produk yang ingin mereka beli. Mereka memiliki niat membeli yang lebih tinggi ditambah dengan motivasi tinggi sehingga Anda dapat lebih agresif dengan menjual menggunakan kata kunci relevan yang mereka gunakan dalam kueri mereka.
  2. Tampilkan lalu lintas: Orang-orang ini tidak secara aktif mengejar solusi, mereka hanya menjelajahi web, menjalankan bisnis mereka. Mereka memiliki niat dan motivasi membeli yang rendah. Inilah sebabnya mengapa iklan soft-sell bekerja paling baik untuk jenis audiens ini.
  3. Lalu lintas sosial: Pengguna media sosial memiliki karakteristik yang sama dengan audiens tampilan karena mereka tidak secara aktif mencari solusi. Iklan dengan penjualan yang lebih lembut juga bekerja dengan baik untuk mereka.

 

Kesalahan PPC #3: Tidak Mengelola Daftar Pengecualian

Karena pemasaran PPC mengharuskan Anda membayar setiap kali pengguna mengklik iklan Anda, penting bahwa setiap pengguna yang mengklik adalah seseorang yang ingin Anda klik. Mengelola daftar pengecualian di platform periklanan PPC Anda membantu Anda menjangkau audiens yang relevan dengan bisnis Anda. Ini membantu meningkatkan kemungkinan iklan Anda diklik dan mengurangi biaya iklan Anda.

Google Ads memungkinkan Anda membuat daftar pengecualian audiens dalam kampanye berikut:

Sama halnya dengan mengecualikan kata kunci tertentu dari kampanye, Anda dapat menghapus audiens tertentu dari daftar pemasaran jika Anda yakin bahwa audiens tersebut tidak cocok. Misalnya, mengecualikan pelanggan yang sudah ada agar tidak melihat iklan tampilan pemasaran ulang Anda.

Iklan Facebook juga memungkinkan Anda mengecualikan audiens tertentu menggunakan Audiens Khusus. Untuk melakukan itu, Anda dapat membuat daftar Pemirsa Khusus, atau membuat Pemirsa Khusus dari situs web Anda untuk mengecualikan pengguna tertentu.

 

Kesalahan PPC #4: Tidak Mempertimbangkan Pengalaman Pasca-Klik

Kesalahan paling umum yang dilakukan pemasar PPC adalah melihat iklan sebagai unit yang terisolasi, bukannya sebagai pendahulu pengalaman pasca-klik.

Klik iklan tidak diterjemahkan ke dalam konversi. Ini hanya salah satu bagian dari perjalanan yang akan dimulai oleh pengguna. Ke mana Anda mengarahkan mereka setelah klik iklan menentukan apakah Anda mendapatkan konversi atau tidak.

Menghubungkan iklan PPC dengan pengalaman pasca-klik yang relevan memastikan bahwa ekspektasi pengguna terpenuhi pada tingkat pasca-klik. Pada akhirnya, Anda mencari pesan pada pengalaman pra-klik Anda agar sesuai dengan pesan yang dialami pelanggan selama pengalaman pasca-klik. Hal ini kadang-kadang disebut sebagai “kecocokan pesan”. Anda hanya dapat mencapai kecocokan pesan jika Anda menghubungkan iklan Anda ke beranda, produk, atau halaman lain di situs web Anda.

Buat Kampanye PPC yang Lebih Baik dan Lebih Dioptimalkan

Membuat dan mengelola kampanye berbayar bisa membuat frustrasi, terutama ketika Anda tidak mendapatkan hasil yang Anda perkirakan.

Berikan kampanye Anda kesempatan bertarung dengan menghindari kesalahan yang disebutkan dalam posting ini – buat persona pembeli untuk menyesuaikan iklan Anda dengan audiens target Anda, segmentasikan audiens saluran yang berbeda, buat daftar pengecualian untuk menghilangkan audiens yang tidak diinginkan, dan selalu hubungkan iklan Anda dengan pengalaman pasca-klik yang dioptimalkan.

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/08/4-ppc-mistakes-that-affect-your-advertising-campaigns.html

Yakob Utama Chandra