Cara Meningkatkan Organic Traffic Anda
Jika kebangkitan industri pemasaran konten dalam dekade terakhir telah menunjukkan kepada kita sesuatu, itu adalah bahwa konten yang tepat, di tangan konsumen yang tepat, dapat secara signifikan berdampak pada keuntungan bisnis.
Tentu saja, konten dapat menciptakan arus kas dalam berbagai cara, tetapi satu aplikasi yang berharga adalah dengan meningkatkan lalu lintas pencarian organik.
Jadi bagaimana sebuah merek dapat meningkatkan peringkat organiknya? Dengan memberikan apa yang diinginkan Google.
Idenya cukup sederhana: Google benar-benar ingin pengguna akhir (seperti Anda dan saya) menemukan jawaban yang kita cari dan dapat mempercayai hasil yang kita temukan. Jika Google merasa kedua hal tersebut terpenuhi, Google akan memberi peringkat situs web lebih tinggi atau lebih rendah berdasarkan kueri. Dengan menempatkan sesuatu di peringkat teratas pencarian, Google secara efektif menjamin sumbernya, baik dalam hal kualitas (dan relevansi) konten dan kepercayaan sumber yang menyediakannya. Mereka mempertaruhkan reputasi dan model bisnis mereka sendiri di atasnya.
Algoritme peringkat Google kemungkinan tidak akan pernah diketahui, karena raksasa pencarian telah memperjelas bahwa ia menghargai konten yang “menunjukkan keahlian, keotoritasan, dan kepercayaan,” dan secara khusus mengatakan bahwa tautan masuk dari situs web tepercaya membantu menentukan seberapa tepercaya situs tersebut. Di sinilah strategi SEO link-building berperan, dan di mana ada nilai luar biasa dalam portofolio konten yang beragam.
Agar merek berhasil dalam menuai manfaat SEO dari konten yang hebat, mereka perlu mengembangkan strategi yang membahas kedua cabang dari apa yang dicari Google.
Cara paling efektif untuk melakukan hal ini dalam strategi konten adalah dengan menyertakan konten niche, konten topikal, dan konten tangensial yang menarik secara lebih luas. Dengan menangani konten topikal dan tangensial secara bersamaan, merek akan memiliki jawaban atas pertanyaan yang diajukan Google dan akan menghasilkan tautan yang diperlukan agar Google mempercayai sumbernya.
Konten Topikal vs Konten Tangensial
Katakanlah Anda memiliki toko yang menjual sepatu lari kelas atas. Anda tahu segala sesuatu yang perlu diketahui tentang ortotik, midsoles, poliuretan, dan bahkan jenis trotoar. Jika Anda membuat konten, standarnya adalah tetap berpegang pada apa yang paling Anda ketahui, mungkin posting blog yang mengungkapkan sepatu lari mana yang tepat untuk berbagai jenis kaki, dan panduan tentang berapa mil yang dapat Anda jalankan sebelum Anda mengganti sepatu lari Anda.
Jenis konten ini akan menjadi tipikal konten topikal karena berhubungan secara hiper-spesifik dengan merek dan audiens inti Anda. Orang-orang yang mencari pertanyaan-pertanyaan ini kemungkinan besar adalah pelari, dan lebih khusus lagi, pelari yang serius: orang-orang yang tidak hanya tahu bahwa sepatu perlu diganti secara berkala, tetapi juga tahu jumlah jarak tempuh mereka sendiri pada sepatu mereka saat ini. Jenis informasi ini cenderung berguna bagi audiens Anda dan berada di tempat yang menonjol di situs Anda agar orang mudah menemukan dan merujuknya.
Melayani konten Anda untuk audiens inti Anda sangat penting, tetapi penjualan Anda akan meningkat jika Anda dapat menjangkau lebih banyak pelari, atlet, atau bahkan orang-orang yang mencoba mempertahankan resolusi Tahun Baru mereka. Ini adalah audiens yang jauh lebih luas, dan dengan demikian memiliki minat yang jauh lebih luas. Mereka mungkin tidak begitu peduli tentang jarak tempuh pada sepatu dan sebaliknya lebih tertarik pada topik yang lebih besar seperti kesehatan, kebugaran, atau olahraga. Anda mungkin membuat panduan nutrisi dan kesehatan, daftar putar yang memompa semangat untuk berlari, atau bahkan infografis dengan statistik Olimpiade.
Ini akan menjadi contoh konten tangensial karena tidak berhubungan erat dengan merek Anda dan sengaja ditujukan untuk audiens yang lebih luas.
Namun, perlu dicatat bahwa meskipun konten ini mungkin tidak secara langsung berhubungan dengan penawaran inti Anda (sepatu lari), konten ini dapat dipercaya, jika tidak dapat dimengerti, berasal dari merek Anda. Jenis konten ini cenderung lebih menarik dan dapat dibagikan secara luas daripada konten topikal karena tidak dibatasi oleh banyak merek dan batasan materi pelajaran. Konten ini lebih mungkin ditampilkan di luar situs dan digunakan untuk membangun tautan.
Kuncinya adalah bertanya pada diri sendiri: Bahkan jika konten ini masih tidak terkait langsung dengan merek saya, apakah konten ini berharga bagi audiens target saya? Jika jawabannya ya, kemungkinan besar itu adalah permainan yang adil.
Sumber: https://blog.marketo.com/2020/02/topical-and-tangential-content-can-dramatically-improve-your-organic-traffic.html