School of Information Systems

Menerapkan Prinsip Kemewahan (Luxury) pada Desain E-Commerce (Bagian 3)

Harga Sangatlah Penting bagi (Banyak) Pelanggan yang Menyukai Brand Mewah

Bahkan Brand yang tidak dapat (atau tidak mau) memberikan harga spesifik secara online harus mempertimbangkan setidaknya menyediakan kisaran, jika memungkinkan. Orang kaya yang paling kaya mungkin memiliki anggaran yang tidak terbatas, tetapi itu tidak berlaku untuk semua orang kaya. Bahkan mereka yang tidak memiliki keterbatasan anggaran masih memiliki pertimbangan harga yang kasar, tergantung pada item dan motivasi mereka untuk membeli.

Misalnya, seorang peserta yang sedang berbelanja sepasang anting-anting di situs Bulgari merasa kesal saat mengetahui bahwa dia harus mengarahkan kursor ke setiap item di halaman daftar untuk melihat harganya.

“Saya tidak melihat harga di sini… Saya hanya melihat item. Itu ketidaknyamanan, saya ingin tahu setidaknya berapa kisaran harganya. Oh, saya kira jika saya mengklik [mengarahkan kursor] mereka, mereka menunjukkannya. […]

Setiap orang memiliki ambang batas untuk harga sebuah produk. Saya ingin menghabiskan $15.000, jadi jika ini $41.000, saya bahkan tidak ingin membukanya dan melihatnya. Saya selalu memiliki kisaran harga saya dan apa yang ingin saya belanjakan untuk sesuatu.”

 

Kemewahan dalam Realitas Alternatif: Augmented dan Virtual

Sementara sebagian besar merek mewah tampaknya berjuang dengan memberikan detail produk dasar, beberapa bereksperimen dengan tren mutakhir seperti metaverse dan augmented reality. Misalnya, Gucci (tidak seperti banyak merek lain) sangat menyukai produk digital dan penjualan online. Aplikasi iOS Gucci memiliki fitur uji coba AR untuk aksesori dan riasan.

Sebagai perusahaan yang secara inheren modis, merek-merek mewah mungkin tergoda untuk terjun ke tren yang sedang berkembang. Namun, teknologi baru seperti AR sulit dilakukan dengan benar dan berguna. Kami merekomendasikan bahwa merek mewah (terutama yang masih berjuang dengan strategi digital mereka) pertama-tama fokus pada dasar-dasar sebelum terjun ke desain lanjutan.

 

Poin Utama:

Putuskan apakah (dan berapa banyak) untuk melayani penjualan online, kemudian pastikan bahwa konten di situs mencerminkan pilihan itu.

  • Jika mengarahkan pelanggan ke pembelian langsung adalah prioritas, berikan informasi produk online yang memicu minat dan kegembiraan, daripada menyebabkan frustrasi dan meninggalkan pertanyaan penting yang belum terjawab.
  • Perlihatkan banyak foto produk, termasuk interior barang dan foto produk yang sedang dipakai atau digunakan.
  • Paling tidak, berikan detail produk yang penting seperti bahan, ukuran, dan tinggi tumit.
  • Pertimbangkan untuk memberikan setidaknya rentang harga saat harga tertentu tidak dapat ditampilkan. Ingatlah bahwa semua kecuali pelanggan terkaya akan memiliki setidaknya titik harga kasar dalam pikiran.
  • Prioritaskan menyempurnakan situs atau aplikasi dasar Anda terlebih dahulu, sebelum melompat ke tren baru seperti augmented reality atau metaverse.
Nuril Kusumawardani