School of Information Systems

Perbandingan Centralized Dan Distributed Database

Database merupakan teknologi yang saat ini banyak digunakan sebagai penyimpanan data, database digunakan oleh banyak perusahaan atau organisasi karena dapat menampung data yang besar. Data yang terdapat didalam sebuah database tersusun secara terorganisir dan juga terstruktur. Selain sebagai tempat penyimpanan Database juga digunakan untuk mengelola dan mengakses data didalamnya yang nantinya dapat diamati dan dianalisa. 

Terdapat 2 jenis database yang digunakan yaitu Centralized database dan juga distributed database.Centralized database adalah jenis database tersimpan yang terletak serta dipelihara di satu jenis lokasi saja yang berupa CPU server, desktop atau komputer yang diakses oleh pengguna melalui jaringan komputer seperti Local Area Network (LAN) dan Wide Area Network (WAN). Kelebihan dari centralized database yaitu ; 

  • Integritas data, karena semua data disimpan didalam satu sistem atau komputer data didalamnya lebih mudak untuk dikelola dan juga di organisir. 
  • Redundasi data,tidak ada redudansi atau duplicate data pada centralizrd database karena disimpan di 1 lokasi yang sama. 
  • Keamanan data, karena data yang disimpan di 1 lokasi saja,keamanan datanya lebih aman dan juga lebih efisien. 
  • Portabilitas data, data dapat dengan mudah untuk dipindahkan kesistem atau komputer lain. 

Kekurangan dari centralized database ; 

  • Proses data lama,karena semua data terdapat dilokasi sistem yang sama maka untuk melakukan proses data dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama. 
  • Kurang efisien, kurangnya efisien pada centralized database dikarenakan ketika terdapat lebih 1 user yang ingin mengakses data,karena hanya terdapat 1 sistem saja yang menyimpan datanya makan pemrosesan data akan menjadi lama dan menjadi kurang efisien. 
  • Kehilangan data, kehilangan data ini dapat terjadi jika sistem atau komputer terjadi error atau rusak, maka data didalamnya akan terhapus semua dan akan kehilangan data. 

Distributed database adalah jenis database penyimpanan basis data yang terdiri dari 2 atau lebih penyimpanan data yang letaknya berbeda dan tidak didalam sistem yang sama. Database ini terdistribusi di berbagai tempat atau lokasi. Kelebihan dari Distributed database yaitu ; 

  • Pengambilan data dapat secara cepat antar site, hal ini dikarenakan jumlah site penyimpanan database yang berbeda dihubungkan satu dengan lainnya sehingga ketika melakukan pengambilan data yang jumlahnya sangat banyak tidak membebani 1 site saja. 
  • Sistem terdistribusi dapat terus bekerja atau berfungsi saat terdapat salah satu site penyimpanan terjadi error, hal ini dikarenakan data yang terdapat di site tersebut dapat di cover oleh site lainnya sehingga database masi dapat digunakan. 
  • Kecepatan dalam melakukan proses query data, ketika data di proses jika menggunakan distributed database maka data diantara site dapat juga dilakukan query secara bersamaan. 

Kekurangan Distributed Database ; 

  • Harga pengimplementasian yang mahal, hal ini dikarenakan dibutuhkannya software dan juga tenaga ahli khusus 
  • Biaya operasional yang tinggi, karena menggunakan banyak site tentu listrik yang digunakan juga besar serta untuk melakukan maintenance jaringan antar site juga tinggi. 

 

Refrensi :  

https://www.educba.com/centralized-database/  

https://docs.oracle.com/database/121/ADMIN/ds_concepts.htm#ADMIN028  

Freza Fathur Nur Purnomo