School of Information Systems

Pemanfaatan Big Data Dalam Pengambilan Keputusan Perusahaan

Pada era teknologi seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas membutuhkan dan memanfaatkan teknologi. Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari kehadiran teknologi. Teknologi bisa disebut juga sebagai aspek terpenting bagi kehidupan manusia saat ini. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan diikuti juga dengan revolusi industri 4.0, maka perusahaan harus bisa memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang memajukan kemampuan bisnis mereka terutama dalam hal pengambilan keputusan.

Salah satu teknologi berkembang dan sangat penting digunakan oleh perusahaan saat ini adalah teknologi Big Data. Secara pengertian, Big Data adalah sebuah kumpulan data yang sangat besar terdiri dari data yang terstruktur ataupun data yang tidak terstruktur. Sumber dari Big Data biasanya muncul dari kegiatan operasional sehari-hari perusahaan, contohnya seperti data operasional, data transaksi, data pelanggan, data barang, data harga dan banyak lagi. Lalu, Big Data terkenal dengan empat karakteristik utamanya, yaitu Volume(besarnya jumlah data), Velocity(kecepatan memproses data), Variety(mampu menyimpan banyak jenis data) dan Value(menghasilkan nilai/informasi berdasarkan verifikasi).

Kemudian, mengapa Big Data menjadi penting dan diperlukan oleh perusahaan-perusahaan? Seperti kita ketahui, Big Data mampu menyimpan berbagai jenis data dalam jumlah yang besar. Data telah dianggap sebagai bahan baku penting bagi perusahaan terutama karena data mampu menghasilkan informasi-informasi penting dan berharga bagi perusahaan itu sendiri. Semakin besar jumlah data yang dimiliki, maka perusahaan mendapatkan informasi yang lebih banyak dan lebih akurat. Dari hal tersebut, maka perusahaan atau managemen dapat memanfaatkannya dalam proses pengambilan keputusan.

Biasanya, agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari informasi yang diterima sebagai hasil Big Data, perusahaan akan memanfaatkan Big Data Analytics untuk mempermudah analisa informasi. Big Data Analytics sendiri adalah sebuah proses penggalian informasi yang digunakan untuk menemukan pola (seperti pola perilaku pelanggan) ataupun tren (contohnya seperti tren pasar) berdasarkan data yang diperoleh. Kemudian, data juga bisa divisualisaikan dalam bentuk grafik, angka atau chart dengan tujuan kemudahan pemahaman informasi.

Dalam memajukan bisnisnya, perusahaan terutama Top Level Management harus membuat keputusan-keputusan penting yang pastinya tidak bisa diambil secara buta atau tanpa argumentasi/bukti pendukungnya. Ditambah lagi, pada masa sekarang ini, perubahan terjadi dengan sangat cepat, baik dari segi operasi bisnis hingga minat konsumen. Big Data dengan implementasi Big Data Analytics akan membantu perusahaan untuk menentukan keputusan yang tepat.

Sebagai contoh, jika perusahaan ingin meluncurkan sebuah produk baru, maka perusahaan akan membutuhkan berbagai jenis data sebagai pedoman. Lalu, akan banyak sekali pertanyaan yang muncul, contohnya bagaimana minat pelanggan terhadap jenis suatu produk, berapa beban yang akan dikeluarkan perusahaan dalam pembuatan atau pengembangan produk baru ini, bagaimana kualiatas produk perusahaan pesaing, berapa harga yang mereka gunakan atau apakah produk ini dapat bertahan lama di pasaran. Pertanyaan-pertanyaan ini akan mampu dijawab oleh Big Data sebagai pembantu pengambilan keputusan perusahaan. Tentunya, akan dibutuhkan jumlah data yang sangat besar dengan kualitas tinggi untuk menghasilkan informasi yang berkuliatas juga.

Jika ingin menentukan minat pelanggan, dapat diambil dari Big Data berupa data penjualan berbagai jenis produk dan membandingkannya dengan data penjualan pada produk yang sejenis dengan produk baru yang akan diluncurkan. Dari data penjualan tersebut, dapat terlihat bagaimana tingkat minat produk tersebut dibandingkan dengan jenis produk lainnya. Perusahaan kemudian dapat

menentukan apakah akan meluncurkan produk baru atau mengembangkan lagi produk tersebut menjadi sesuatu yang baru.

Kesimpulannya, pada era teknologi sekarang ini, perusahaan tidak akan bisa lepas dari Big Data. Selain mempermudah proses penyimpanan data namun juga sangat mempermudah dalam proses penggalian data. Data yang telah diproses dengan Big Data Analytics akan memberikan informasi berguna bagi Perusahaan yang kemudian dijadikan pedoman untuk pengambilan keputusan. Sumber dan kualitas data juga menjadi salah satu kunci untuk memberikan informasi yang tepat sehingga perusahaan bisa mengambil keputusan yang benar.

 

 

Referensi:

Elgendy, N. and Elragal, A., 2016. Big Data Analytics in Support of the Decision Making Process. Procedia Computer Science, [online] 100, pp.1071-1084. Available at: <https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1877050916324206?token=113A53093F6244ED7E5119205E42BF1423DFA7D902588A4BC842F6631F9AACEB9EECDA0F09FA6C0C6531F6570F3F122F&originRegion=eu-west-1&originCreation=20211213072019> [Accessed 13 December 2021].

Kościelniak, H. and Puto, A., 2015. BIG DATA in Decision Making Processes of Enterprises. Procedia Computer Science, [online] 65, pp.1052-1058. Available at: <https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1877050915028835?token=B823EF4DB6DB4D0E49A85951666E1ED295EB49B526F0D11101473D9AB4248F8C1952F871845AC51B1F839EEBD55CDC8A&originRegion=eu-west-1&originCreation=20211213065928> [Accessed 13 December 2021].

Valhanz Purnama