School of Information Systems

Implementasi big data untuk memperkuat daya saing UMKM di Indonesia

Pengembangan sistem business intelligence berbasis big data pada UMKM sangat penting pada era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing global pada sektor UMKM yang secara langsung berkontribusi pada perngembangan ekonomi di Indonesia. Pengembangan big data pada UMKM dapat berpengaruh pada perdagangan dan mempermudah pemerintah dalam menentukan regulasi baru dan mempermudah melakukan pengambilan keputusan UMKM. UMKM dapat memanajemen bisnis secara lebih tepat dengan adanya data yang lebih valid dan real time sehingga meningkatkan keunggulan kompetitif mereka.

Menurut (Brynjolfsson, 2012) pada era teknologi yang tumbuh eksponensial dewasa ini ledakan data besar terjadi tanpa disadari dan memungkinkan untuk pengembangan sistem pengambilan keputusan secara real time. Dengan adanya banyak data yang tersebar luas dibidang apapun dan dapat diakses dengan mudah seharusnya UMKM bisa memanfaatkanya dalam perkembangan bisnisnya untuk pengambilan keputusan juga dapat dimanfaatkan sebagai pengembangan keunggulan kompetitif yang sebelumnya tidak digunakan oleh perusahaan yang sudah berdiri lama. persusahaan bisa menggunakan prediktif analitik dengan menggunakan big data berdasarkan pembelian pada tahun sebelumnya dan bisa membuat keputusan yang lebih bijak untuk kedepannya contohnya pada UMKM pakaian bisa menggunakan bigdata dalam hal memprediksi lonjakan pembelian saat mendekati lebaran dan tahun baru berdasarkan data yang di ambil di tahun sebelumnya dengan begitu UMKM bisa mengambil keputusan dengan menyetok bahan pakaian sebelum harga bahan naik karena mendekati lebaran dan tahun baru dengan begitu UMKM dapat keuntungan yang lebih besar. prediktif analitik adalah kegiatan menganalisis pola berdasarkan pada riwayat data dan transaksi. Hasil analisisnya, kemudian diproses lebih lanjut untuk mengidentifikasi risiko serta peluang yang bisa terjadi di masa depan. prediktif analitik juga bisa memprediksi barang yang disukai konsumen dan yang tidak disukai konsumen yang dapat diketahui melalui pembelian atau transaksi yang dilakukan oleh konsumean dimasalalu Big Data analitik sangat berguna untuk meningkatkan keunggulan bisnis suatu perusahaan dibandingkan perangkat analisis dilakukan pada masa lalu. UMKM dapat mengelola dan melakukan pengukuran berbagai lini bisnis mereka secara lebih presisi sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan dan prediksi yang lebih tepat. Big data dapat melakukan menganalisis dan mengekstrak informasi secara sistematis. Big data juga dapat menangani sekumpulan data yang terlalu besar dan kompleks untuk ditangani oleh perangkat lunak dan metod tradisional. Data dengan ukuran yang besar tentunya juga membutuhkan kekuatan statistik yang besar juga untuk mengolahnya menjadi informasi. Sementara data dengan atribut yang banyak dan kompleksitas yang besar dapat menyebabkan kesalahan interpretasi data pada proses pencarian informasi dan pengetahuan yang terkandung pada suatu big data.

http://jurnal.kemendag.go.id/JCN/article/view/463/250

Michael Chandramaya