Implementasi ERP di Mayo Clinic Part 2
Mayo Clinic memantau hasil dengan cermat untuk lama tinggal di rumah sakit dan komplikasi seperti infeksi tempat operasi, perdarahan, abses, dan rawat inap kembali, untuk beberapa nama. Mayo Clinic meyakinkan diri mereka sendiri, bahwa mereka berada di jalur yang benar, dengan hasil dan kepatuhan terhadap protokol ERP. Setelah enam bulan, dalam penerapan ERP dengan sepuluh ahli bedah, mereka memantau hasil dan proses yang disempurnakan untuk memastikan adopsi dan kesuksesan dengan seluruh praktik.
ERP menjadi standar perawatan untuk seluruh praktik kolorektal pada tahun 2011. Ahli bedah di Mayo Clinic telah menangani hingga 2.800 kasus rawat inap elektif per tahun, sekitar 40% di antaranya melibatkan kanker, sehingga rencana tersebut telah berdampak pada ribuan pasien dalam delapan tahun terakhir , meningkatkan hasil dan kepuasan pasien sekaligus mengurangi biaya.
Sejak itu, prinsip-prinsip ERP telah dimasukkan ke dalam hampir setiap aspek operasi dan perawatan anestesi perioperatif di Mayo Clinic. Hal ini terjadi secara alami melalui pengamatan, dari mulut ke mulut, dan individu yang memperjuangkan apa yang telah dilakukan, serta melalui penyebaran melalui komite praktik departemen, rangkaian pesanan catatan kesehatan elektronik, dan subkomite.
Kolaborasi Lintas Batas Kelembagaan
Pelajaran yang dipetik dalam mengimplementasikan perubahan proses ini digunakan pada tahun 2015 dan 2016 ketika Mayo Clinic memperluas penggunaan Enhanced Recovery Pathway kepada anggota Mayo Clinic Care Network yang tertarik, sekelompok sistem perawatan kesehatan independen yang membayar biaya tahunan untuk mengakses Pengetahuan dan sumber daya Mayo Clinic.
Menerapkan jalur dalam divisi kolorektal Mayo sendiri adalah satu hal; untuk mengubah proses mapan di lembaga lain adalah hal lain. Dibutuhkan jenis pembangunan jembatan dan kolaborasi yang berbeda serta dukungan dan kepercayaan yang signifikan dari tujuh institusi yang berpartisipasi. Mereka dari berbagai ukuran dan dari semua bagian negara — dari Pensacola, Florida, hingga Coeur d’Alene, Idaho. Mayo Clinic menggunakan kerangka “terobosan” yang dikembangkan pada 1990-an oleh Institute for Healthcare Improvement dan telah digunakan di banyak bidang praktik medis.
Kerja tim di seluruh tim perawatan multidisiplin sangat penting. Cukup mudah untuk menyepakati metrik untuk menilai kemajuan, misalnya, tetapi analisis data dan informatika merupakan tantangan karena institusi tersebut tidak memiliki sistem rekam medis elektronik yang umum. Hambatan lain yang harus diatasi, secara institusional atau di dalam tim perawatan, termasuk penerapan perangkat elektronik dan protokol anestesi baru, pemantauan keperawatan baru dan protokol prosedur, dan pelatihan staf yang ketat.
Langkah-langkah kunci dalam proses sembilan bulan termasuk pertemuan dua hari di Mayo Clinic di Rochester dari tim institusional (bedah, anestesiologi, keperawatan, dan administrasi) yang terlibat dalam membuat perubahan ini terjadi. Pertemuan pada September 2015 adalah untuk berbagi pengetahuan klinis dan praktik terbaik; itu juga berusaha untuk membangun hubungan kepercayaan untuk memungkinkan lokakarya dan komunikasi di masa depan untuk memimpin kelompok ke tujuan yang sukses.
Dari September 2015 hingga Maret 2016, Mayo Clinic melakukan panggilan kontak bulanan selama 30 menit dengan masing-masing institusi anggota untuk membicarakan masalah topik tertentu dengan proses, kepemimpinan, dan masalah kualitas.
Kemampuan masing-masing institusi untuk mengimplementasikan ERP persis seperti yang telah dirancang bervariasi, dan tidak ada persyaratan untuk mereka melakukannya. Memiliki standar yang terdefinisi dengan baik lebih penting daripada memiliki standar yang sama. Terlepas dari variasi, semua tim mampu mengurangi lama rawat inap di rumah sakit, yang merupakan tujuan klinis utama ketika transisi selesai pada Maret 2016. Di semua situs Mayo Clinic Care Network, lama rawat inap di rumah sakit berkurang 33,9 %. Di salah satu situs, lama tinggal berkurang sebesar 48,7%.