SIKLUS PRINSIP AGILE
Siklus Dalam prinsip agile. alur metode yang digunakan akan terus-menerus berulang sehingga perubahan adalah hal yang konsisten terjadi. Sedangkan untuk prinsip waterfall metode yang terjadi adalah alur satu kali jalan yang mana saat tahap satu belum selesai maka belum bisa lanjut ke proses berikutnya atau ke tahap selanjutnya.
- Contoh adalah perusahaan Tokopedia. Tokopedia adalah perusahaan e-commerce yang Gaya marketingnya adalah bekerja sama dengan kultur dan budaya dari Korea Selatan. Tokopedia banyak bekerja sama dan menjadikan boyband atau girlband sebagai mereka salah satu contohnya adalah BTS Sebagai brand Ambassador pertama mereka selama 1 tahun terakhir Selain itu Tokopedia juga bekerja sama dengan seorang youtuber bernama Jang Hansol untuk memandu masakan Indonesia dalam Menikmati acara dan tayangan yang berasal dari Korea Selatan. Tokopedia juga melakukan teknik marketingnya dengan mengundang artis Korea ke salah satu channel yang dimiliki oleh topiknya yaitu Korea yang dipandu oleh Jang Hansol. https://www.youtube.com/channel/UC3OZY-XBPQII6e5wouDR0DQ
Prinsip Agile dikembangkan oleh Tokopedia adalah bahwa Tokopedia peduli dengan trend dan minat dari target pasarnya yaitu anak-anak dan orang-orang generasi milenial yang mana saat ini sangat meminati tayangan dari Korea Selatan. Intinya adalah Tokopedia ikuti tren yang ada saat ini untuk masuk ke dalam target pasar. Prinsip kedua adalah Tokopedia terus melakukan Mengembangkan setiap harinya menghasilkan sesuatu yang lebih efektif dalam alur berbelanja customer seperti salah satu langkah besar yang dilakukan adalah merger dengan Gojek salah satu perusahaan decacorn yang berfokus kepada teknologi finansial. Kerja sama ini akan membantu tokoh dalam memperlancar alur keuangan dalam berbisnis seperti bagaimana proses customer membayar hingga mempermudah penjual dalam mendapatkan penjualan mereka.