School of Information Systems

Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pengetahuan (Part 2) 

Manajemen Pengetahuan versus Alat Kolaborasi 

Manajemen Pengetahuan mampu memecahkan beberapa masalah, yang telah dianggap penting untuk keberhasilannya dalam beberapa tahun terakhir. Jadi bisa dikatakan, budaya organisasi berubah menjadi lebih berorientasi pada tim dan kolaborasi. Oleh karena itu, perkembangan ini juga memunculkan kebutuhan akan kelas alat baru seperti alat kolaborasi. Alat-alat ini memiliki dampak besar dalam kehidupan kerja saat ini dan mendapatkan penerimaan di antara perusahaan dan pengguna. Dengan memastikan berbagi pengetahuan dan informasi secara konstan, alat-alat ini tampaknya juga menjadi pendorong utama untuk transfer pengetahuan di perusahaan. 

Selanjutnya, tidak hanya penanganan alat-alat ini yang tampak nyaman bagi pengguna, juga masalah perangkat lunak yang dirancang dengan buruk dan sulit digunakan tampaknya diselesaikan dengan alat kolaborasi. Mempertimbangkan keberhasilan beberapa alat ini seperti Slack atau Hipchat, kehadiran mereka di perusahaan tampaknya memadamkan alat manajemen pengetahuan tradisional. Ketika melihat alat kolaborasi, kecerdasan buatan juga tampaknya mengambil peran utama di masa depan, dengan menciptakan apa yang disebut alat kecerdasan kolaboratif. 

Selanjutnya, penciptaan perusahaan yang cerdas bergantung pada penggunaan alat seperti ini, untuk mempromosikan pemikiran kreatif, memori bersama di antara kelompok atau unit bisnis, interaksi, umpan balik dan kontrol kualitas crowdsourced serta tinjauan sejawat dari pengetahuan yang diberikan dalam kolaborasi yang dibantu AI. alat yang digunakan untuk manajemen pengetahuan. Langkah pertama menuju manajemen pengetahuan semacam ini sudah terlihat. Groupware pemecahan masalah yang dibantu AI seperti GitHub dilengkapi dengan pesan asinkron seperti utas, E-Mail, atau forum. 

Dengan menyediakan alat bagi pekerja pengetahuan untuk berkolaborasi secara aktif dan efisien dan dengan demikian juga menciptakan gudang besar pengetahuan berharga, jebakan sebelumnya tampaknya dapat dielakkan. Terlebih lagi, menciptakan jaringan pengetahuan dengan menggunakan konsep AI seperti pemetaan pengetahuan dan ontologi membantu organisasi untuk mengidentifikasi dan memberi penghargaan kepada penyedia pengetahuan yang paling berharga tanpa perlu memberi mereka insentif terlebih dahulu.  

Masalah di depan? 

Terlepas dari cara baru berbagi pengetahuan dengan sistem manajemen pengetahuan dan alat kolaborasi yang diberdayakan AI, organisasi masih harus berurusan dengan masalah budaya yang ada di mana-mana hanya dengan melihat “pengetahuan sebagai kekuatan”. Terlebih lagi, organisasi juga mendorong berbagi pengetahuan yang tidak terdokumentasi dan dapat direplikasi dalam beberapa cara. Contoh untuk ini dapat berupa inisiatif “komunitas perusahaan” atau aktivitas non-pekerjaan perusahaan apa pun yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan karyawan dengan menyatukan mereka. Acara semacam itu dianggap paling kuat dalam hal berbagi pengetahuan di antara karyawan. Oleh karena itu, meskipun mereka kuat, peristiwa ini kemungkinan besar menciptakan pengetahuan tacit daripada pengetahuan eksplisit. Saya percaya, juga masalah dalam manajemen pengetahuan ini dapat diatasi sampai batas tertentu. Memperkenalkan teknik baru seperti scrum, untuk memastikan percakapan sehari-hari, diskusi, pembaruan, dan wawasan tentang bagaimana orang bekerja dibantu melalui dokumentasi dengan cara apa pun dari manajemen pengetahuan atau kolaborasi membantu untuk lebih mengembangkan repositori pengetahuan yang konsisten dalam organisasi. 

Pada saat itu, bukan merupakan kepentingan utama untuk memiliki manajemen pengetahuan sebagai salah satu komponen kunci dalam visi strategis perusahaan. Tentunya, hal itu kemudian menjadi bagian dari budaya perusahaan. Selama alat membantu menangkap, mengembangkan, menyimpan, mengelola, dan berbagi masukan yang diberikan untuk perusahaan, pengetahuan dapat difasilitasi dengan kecerdasan buatan dan diakses oleh pengguna saat dibutuhkan. 

 

Reference: 

https://medium.com/artificial-intelligence-ai/the-role-of-artificial-intelligence-in-knowledge-management-309973209cfd 

 

Nuril Kusumawardani