Use Cases and Brief Use Case Descriptions
Use Cases
Pengertian dari Use Case adalah sebuah aktivitas dari sistem dimana sistem tersebut akan membaca atau berinteraksi dengan permintaan yang diinginkan oleh pengguna. Beberapa manfaat yang didapatkan oleh pembuat dan konsumen dalam menggunakan use case ini adalah komunikasi di antara domain expert dan end user akan dipermudah, memberi kepastian mengenai kebutuhan suatu sistem, digunakan untuk verifikasi, dll. Use Case termasuk ke dalam orang yang sedang menggunakan website, tujuan dari pengguna tersebut, apa yang ingin dilakukan oleh pengguna tersebut, dll. Terdapat 2 cara dalam mengidentifikasi use case, yaitu User Goal Technique, dan Event Decomposition Technique.
- User Goal Technique
User Goal Technique adalah sebuah teknik dimana mengidentifikasi dengan menentukan tujuan yang harus diselesaikan dari sistem supaya dapat digunakan oleh pengguna. Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling sering digunakan oleh industri-industri karena teknik ini sangatlah simple dan efektif. Awalnya, analis akan mengidentifikasi semua pengguna, mengkategorikan mereka dalam tipe pengguna dan kemudian melakukan wawancara terstruktur kepada setiap pengguna. Tujuan utama dalam wawancara ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang sistem tersebut boleh buat untuk meningkatkan performa supaya pengguna nyaman dalam menggunakan sistem tersebut.
- Event Decomposition Technique
Cara yang paling luas dalam mengidentifikasi use case adalah dengan cara menggunakan Event Decomposition Technique. Teknik ini akan mengidentifikasi dengan menentukan tujuan dan sasaran yang spesifik yang harus diselesaikan oleh user. Teknik ini dianggap lebih luas dari teknik yang lainnya karena ia mengindetifikasi acara bisnis yang akan membuat sistem tersebut respon. Elementary Business Processes (EBP) adalah kerjaan yang paling mendasar dalam suatu proses bisnis. EBP adalah sebuah tugas dimana hanya dilakukan oleh 1 orang di 1 tempat untuk merespon acara bisnis. Dengan menggunakan teknik ini beberapa manfaat yang didapatkan adalah acara lebih luas daripada tujuan pengguna karena menangkap peristiwa temporal dan keadaan, membantu menguraikan tingkatan analisis yang benar yaitu EBP, dll.
Sumber : John W. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd. (2016). Systems Analysis and Design in a Changing World, 7th Edition
Use Case Description
Use Case Description adalah suatu teks dimana yang digunakan untuk berinteraksi langkah-langkah yang terperenci antara suatu pengguna dan sistem. Use Case Description ditulis dari sudut pandang seorang aktor dan dihindari dari aspek internal. Use Case ini memiliki 2 kunci yaitu Use Case dan Scenario. Scenario adalah suatu cara dimana seorang actor menyelesaikan sebuah tujuan dengan menggunakan solusi-solusi yang dimilikinya. Use Case Description digunakan ketika ingin berkomunikasi antara developer sistem dan tim penguji berkaitan tentang sistem akan digunakan untuk aktvitas apa, memberi gambaran yang mudah tentang tujuan, dan untuk memberi publik kesempatan untuk melihat apakah sesuai dengan ekspetasi mereka.
Sumber : John W. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd. (2016). Systems Analysis and Design in a Changing World, 7th Edition
References
https://salamadian.com/pengertian-use-case-diagram-adalah/
https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/use-cases.html
https://thebadoc.com/ba-techniques/f/use-case-description-basics
John W. Satzinger, Robert B. Jackson, Stephen D. Burd. (2016). Systems Analysis and Design in a Changing World, 7th Edition. 7. Cengage Learning. -. ISBN: 978-1305117204