School of Information Systems

Business Marketing Globally

A. Latar Belakang 

Pemasaran (marketing) adalah sebuah proses perancangan konsepsi 

Untuk saat ini, dunia tengah menghadapi yang namanya era baru dengan ditandai oleh kecenderungan globalisasi. Adapun factor yang menjadi pendorong terjadinya globalisas, seperti competitive drivers, government drivers, dan market drivers. Selain itu ada beberapa factor lain yang menjadi pendorong terjadinya globalisasi, antara lain globalisasi pasar-pasar finansial, penyempurnaan dalam bisnis travel, dan revolusi dalam teknologi informasi dan komunikasi.  

Pemasaran global adalah suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan secara internasional yang mempunyai bisnis global dengan strategi pemasaran, walaupun dengan produk yang sama diberbagai Negara. Untuk saat ini, pemasaran global sudah sangat meluas keseluruh penjuru dunia. Serta banyak juga barang atau produk luar negri yang sudah dijual dipasaran, kitapun dapat sangat mudah untuk menemukan produk luar negri yang dijual di Indonesia. Dengan adanya pemasaran global ini, ada beberapa dampak yang terjadi di berbagai Negara seperti, banyak Negara yang merasakan keuntungan dan ada juga beberapa Negara yang merasakan kerugian. Yang diartikan keuntungan dalam hal ini adalah negara mendapatkan penghasilan tambahan sebagai devisa Negara. Suatu Negara yang tidak dapat mengimbangi adanya globalisasi akan mendapatkan dampak minus dalam berbagai bidang, seperti berkurangnya eksport atau import suatu Negara, menurunnya nilai matauang, dan lain sebagainya. 

Business Marketing Globally 

Secara garis besar, bisnis adalah usaha menjual barang atau jasa yang dilakukan oleh perorangan, sekelompok orang atau organisasi kepada konsumen (masyarakat) dengan tujuan utamanya adalah memperoleh keuntungan/laba (profit). Pada dasarnya, kita melakukan bisnis adalah untuk memperoleh laba atau keuntungan (profit). Adapun pengertian laba/rugi, yaitu laba, keuntungan, atau profit dapat didefinisikan dengan dua cara, yang pertama Laba dalam ilmu ekonomi murni didefinisikan sebagai peningkatan kekayaan seorang investor sebagai hasil penanam modalnya, setelah dikurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut (termasuk di dalamnya, biaya kesempatan). Sementara itu, laba dalam akuntansi didefinisikan sebagai selisih antara harga penjualan dengan biaya produksi. 

Laba merupakan elemen api yang paling menjadi perhatian pemakai karena angka laba diharapkan cukup kaya untuk merepresentasi kinerja perusahaan secara keseluruhan. Akan tetapi, teori akuntansi sampai saat ini belum mencapai kemantapan dalam pemaknaan dan pengukuran laba. Oleh karena itu, berbeda dengan elemen air statemen keuangan lainnya, pembahasan laba meliputi tiga tataran, yaitu : semantik, sintaktik, dan pragmatik. Selain itu ada juga rugi adalah loss yaitu (KERUGIAN), jumlah pengeluaran atau biaya yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan yang diterima; dalam asuransi dapat pula diartikan sebagai besarnya pembayaran yang harus diberikan oleh penanggung kepada tertanggung atas terjadinya hal yang diasuransikan. Adapun macam-macam dalam pemasaran bisnis secara global, yaitu: 

 

  1. Pemasaran secara langsung (Direct Marketing) 

Pemasaran langsung adalah kegiatan promosi yang dilakukan pihak tertentu dari badan usaha seperti Sales maupun pemilik usaha itu sendiri, untuk terjun langsung ke lapangan / pasar dalam rangka melakukan proses pengenalan produk dan penggaetan pelanggan, melalui strategi dan tahapan-tahapan pemasaran yang telah dirancang sebelumnya. Direct marketing disebut juga sebagai pemasaran tanpa pihak ketiga dalam proses jual-beli. Jenis Pemasaran Direct marketing dibagi beberapa macam antara lain Personal Selling, Direct Mail Marketing, Catalog Marketing, Telemarketing, Kios Marketing dan Online Marketing. 

  1. Direct Mail Marketing 

Pemasaran direct mail adalah kegiatan promosi yang memberikan penawaran, pengingat, informasi, brosur dan pemberitahuan kepada seseorang atau pasar tertentu yang berada di alamat lain atau lokasi yang berbeda. Jutaan pengiriman akan dilakukan dengan target pemasaran yang selektif dan benar-benar berpotensi serta tepat sasaran. 

  1. Catalog Marketing 

Pengertian Catalog Marketing adalah kegiatan promosi garis besar yang umumnya dilakukan perusahaan-perusahaan dengan mengirim katalog produk kepada calon pembeli yang terpilih, dalam artian, benar-benar ingin melakukan pembelian. Saking besarnya pemasaran langsung yang satu ini, pemasar katalog bisa mengirimkan 12 milyar eksemplar dan lebih dari 8 ribu katalog yang beragam dalam satuan tahunan. 

  1. Telemarketing 

Telemarketing (Pemasaran via Telepon) adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan menggunakan metode panggilan telepon dan mensosialisasikan produk, yang kemudian melakukan pertemuan tatap muka, atau pengiriman barang kepada pembeli. Pada jenis Pemasaran ini, Para ahli menyebutkan telemarketing punya peluang yang lebih besar dalam menggaet konsumen, karena menggunakan metode visual walau tidak bertemu langsung dengan target. Beberapa tips sukses telemarketing antara lain adalah berbicara dengan sopan, mengenal calon terlebih dahulu dan menjelaskan kriteria produk dengan baik. 

Namun pada prakteknya, metode telemarketing akan berdampak buruk bila ditujukan bagi calon yang kurang potensial, untuk itu perlu kiranya meriset terlebih dahulu dengan menyelidiki identitas calon pembeli yang akan dihubungi. 

  1. Kios Marketing
    Kios Marketing adalah gaya Pemasaran modern yang menciptakan mesin penerima pelanggan, dan umumnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan besar, dengan menempatkan mesin tersebut di beberapa toko milik mereka. Berbeda dengan penjual otomatis, mesin kios ini akan memungkinkan calon pelanggan untuk menentukan keinginan pelanggan dalam menemukam jenis barang/jasa yang dikehendakinya.
    Jika barang tidak tersedia di toko tersebut, maka pembeli akan menggunakan telepon yang terdapat pada mesin dan memasukkan kartu kredit, serta mendapatkan informasi mengenai kemana barang/jasa pesanannya akan dikirimkan. 
  1. Online Marketing
    Online Marketing adalah Kegiatan Promosi yang memanfaatkan pihak ketiga (Media Sosial), baik dilakukan sendiri maupun memakai jasa media sosial itu sendiri seperti Google AdWords dan Facebook Ads.
    Jenis Pemasaran secara online akan menjangkau lebih luas calon konsumen, karena saling terhubung dan bisa berinteraksi dengan mudah. Contoh sederhana pemasaran di internet antara lain Toko Online, Blog/Website, Fanspage Facebook, Twitter dan Instagram. 
  1. Pemasaran tidak langsung 

Pemasaran Tidak Langsung adalah strategi untuk mempromosikan suatu produk/jasa yang ditujukan untuk menyentuh dan mempengaruhi hasrat calon konsumen secara tidak langsung. Wujud pemasaran ini bisa ditemukan dalam bentuk Iklan, Humas, Tanggung Jawab Sosial dan Pemasaran Interaktif di Internet secara tidak langsung. Adapun contoh dari pemasaran secara tidak langsung, yaitu: 

  1. Media Iklan
    Dalam kehidupan sehari-hari, iklan sangat mudah sekali ditemukan, ini dikarenakan iklan ada dan berlaku di mana saja, baik televisi, koran, media cetak, radio dan lain-lain. Contoh Media iklan adalah Iklan Keluarga, iklan Niaga, iklan Pengumuman, Iklan Baris dan iklan layanan masyarakat. 
  1. Humas (Public Relation)
    Humas atau Hubungan Masyarakat adalah media yang dipergunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas, dalam rangka pemberian hal-hal penting, mulai dari radio, media cetak, online, broadcasting, special event dan media outdoor. 
  1. Pemasaran Interaktif (Media Online)
    Media Interaktif adalah media yang cakupannya paling luas yaitu secara global. Platform online yang paling umum digunakan adalah Blog/Website. Metode ini kian berkembang karena didukung oleh kemajuan dunia digital dan sosial media secara besar-besaran. 

TUJUAN PEMASARAN
Ada juga beberapa tujuan dalam memasarkan suatu barang atau jasa yaitu sebagai berikut: 

  • Memperkenalkan produk ke konsumen dan pasar 
  • Memberikan dan menjelaskan spesifikasi serta manfaat dari produk 
  • Mendapatkan pelanggan baru 
  • Menjadikan pelanggan baru sebagai pelanggan yang setia 
  • Mengevaluasi kesalahan-kesalahan baik dari segi produk maupun gaya pemasaran yang dianut 
  • Mengetahui tingkat persaingan usaha 

 

PENUTUP 

Dari semua itu kita bisa lihat bahwa pemasaran bisnis secara global dapat diartikan sebagai proses pemusatan sumberdaya dan tujuan organisasi pada peluang pasar dalam melakukan sebuah bisnis atau membangun suatu perusahaan yang berskala internasional, dengan masing-masing pelaku pemasaran harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang ada kaitannya dengan pemasaran global. Sehingga mampu bersaing dengan baik dan juga mampu menguasai seluruh pasar internasional. 

 

 

Referensi 

https://www.academia.edu/26491485/BISNIS_ONLINE_SHOP_DIKALANGAN_MAHASISWA 

https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_global 

https://www.academia.edu/34854708/Konsep_Fungsi_dan_Strategi_Pemasaran_dalam_Bisnis_Global 

https://www.rapikan.com/2018/12/jenis-jenis-pemasaran-marketing.html 

Mudhita Vanesia