Cara Menguji Konten dengan Pengguna Part 2
Nyaman dengan Keheningan
Menjadi nyaman dengan keheningan penting untuk segala jenis fasilitasi, tetapi ini terutama diperlukan untuk pengujian konten.
Harapkan waktu tenang yang lama sementara peserta berfokus pada pemrosesan informasi. Jangan terlihat tidak sabar. Hindari menjadi interupsi atau gelisah. Menyuntikkan terlalu banyak pertanyaan saat pengguna bekerja merusak konsentrasi mereka dan mengubah perilaku mereka.
Jika Anda perlu mengajukan pertanyaan di tengah tugas, jaga agar tetap netral, seperti “Apa yang Anda pikirkan?” atau “Apa yang kamu cari?” Setelah pengguna menjawab, biarkan mereka melanjutkan. Tahan godaan untuk melontarkan pertanyaan. Tunggu hingga peserta selesai membaca dan siap memberikan umpan balik.
Peserta & Tugas
Rekrut Peserta yang Tepat
Anda harus selalu bertujuan untuk menguji desain Anda dengan pengguna yang representatif. Namun, saat menguji konten, Anda harus berhati-hati untuk merekrut peserta yang tepat.
Orang-orang yang mengevaluasi konten Anda harus benar-benar mewakili populasi pengguna Anda: mereka harus memiliki pola pikir, situasi, dan tujuan pengguna yang sama — terutama ketika tugas Anda kaya konten, aktivitas penelitian intensif.
Dengan kata lain, skenario yang Anda berikan kepada orang-orang harus sesuai dengan masalah yang mereka butuhkan untuk dipecahkan dalam kehidupan nyata. Tidak seperti studi yang berfokus pada UI, studi yang berfokus pada konten tidak boleh meminta peserta tes untuk “berpura-pura” atau “membayangkan” berada dalam suatu situasi. Risiko membatalkan studi dengan menggunakan peserta yang salah lebih tinggi untuk studi konten karena motivasi dan latar belakang pengetahuan peserta jauh lebih penting untuk memperoleh wawasan yang akurat.
Pertimbangkan National Cancer Institute, situs referensi medis yang menjelaskan berbagai bentuk kanker dan pengobatannya. Beberapa konten ditujukan untuk pasien dan beberapa untuk profesional kesehatan.
Orang-orang yang telah didiagnosis dengan kondisi medis yang serius lebih cenderung berhubungan dengan konten secara akurat daripada seseorang yang diminta untuk berpura-pura tertarik tentang suatu penyakit. Di luar tingkat keterlibatan emosional mereka yang berbeda, pasien mungkin mengetahui lebih banyak tentang penyakit dari berbicara dengan dokter mereka atau melakukan penelitian mereka sendiri. Dalam situasi ini, mungkin dapat diterima untuk juga merekrut pengasuh utama untuk seseorang yang didiagnosis (misalnya, seseorang yang pasangannya menderita penyakit), selama orang tersebut sangat terlibat dalam perawatan.
Untuk menguji artikel tentang limfoma non-Hodgkin dewasa ini di situs National Cancer Institute, kami perlu merekrut orang-orang yang telah didiagnosis dengan penyakit tersebut atau merupakan pengasuh utama bagi seseorang yang mengidapnya.
Tidak mungkin bagi pengguna proxy untuk langsung memperoleh pengetahuan atau mengetahui situasi dengan cukup baik untuk menilai nilai konten — terutama jika kontennya ilmiah atau teknis.
Dalam contoh Investopedia kami, untuk mengevaluasi sebagian besar kontennya, kami perlu merekrut orang yang benar-benar tertarik untuk belajar tentang investasi. Kemungkinannya sangat tinggi bahwa orang acak tidak akan memiliki latar belakang pengetahuan untuk memahami atau menikmati artikel berjudul “Memahami Saham Preferen vs. Saham Biasa.” Bahkan jika konten bekerja sangat baik untuk audiens tertentu, itu tidak mungkin berharga untuk semua orang di dunia.
Tantangan pengujian konten adalah persis seperti itu — apakah konten berfungsi dengan baik sangat bergantung pada siapa yang menulisnya.