School of Information Systems

Rekomendasi Tools Yang Dapat Membantu Seorang UX Writer

UX Writer memiliki tugas untuk membuat kata-kata untuk menu, menjelaskan definisi, tombol, label, chatbots, pesan error atau intruksi yang dapat memandu pengguna untuk mengerti dalam menggunakan sebuah produk. Potongan-potongan kecil tulisan atau kata-kata singkat dapat disebut sebagai microcopy. Setiap pembuatan microcopy harus dapat dipahami oleh pengguna. Oleh karena itu kata-kata atau tulisan harus dibuat sebaik mungkin dan menjadi bagian dari desain dari seorang UX Writer. Berikut ini adalah rekomendasi tools yang dapat membantu seorang UX Writer menghasilkan kata-kata atau tulisan yang mudah dimengerti oleh pengguna :

  • Readable

           Membantu untuk menguji keterbacaan, pengejaan, serta tata bahasa dalam sebuah teks serta dapat menunjukkan perbaikan dari kata-kata yang kurang tepat. Dengan Readable, kita dapat melihat skor dari keterbacaan, kualitas dari teks, sentimen dan konten pada nada, serta keyword.Miro

Website : https://readable.com/

  • Miro

Miro merupakan sebuah tool yang mudah digunakan dan membantu kolaborasi bersama tim menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Miro menyediakan berbagai template yang memudahkan untuk melakukan brainstorming, merencanakan strategi atau roadmap, melakukan evaluasi pekerjaan, design, mengajar, serta melakukan meeting selama kolaborasi dilakukan.

Website : https://miro.com/

  • KBBI Daring

            KBBI Daring membantu dalam mencari kata dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sehingga dapat membantu UX writer dalam memeriksa apakah kata yang digunakan sudah sesuai atau tidak. Pencarian kata dapat digunakan dengan langsung mengetik pada kolom pencarian. Kita juga dapat melihat pengertian dari kata yang muncul pada kolom pencarian.

Website : https://kbbi.kemdikbud.go.id/

  • User Interviews

UX Writer dapat menggunakan tool ini untuk melakukan interview kepada pengguna dikarenakan terdapat kumpulan peserta yang siap dan bersedia dalam mengikuti interview. Tool ini memberikan fitur dimana peserta dapat menjadwalkan diri mereka sendiri dan dapat dihubungakan dengan aplikasi zoom, serta dapat menentukan target interview berdasarkan demografi sehingga dapat mendapatkan peserta yang sesuai.

Website : https://www.userinterviews.com/

  • Frontitude

Menyediakan satu sumber bagi tim desain dalam mengelola copy UX dari desain hingga produksi. Frontitude dapat terintegrasi dengan Sketch, Figma, dan Adobe XD. Frontitude memudahkan dalam kolaborasi sehingga tidak perlu mengirimkan salinan file secara terus menerus karena setiap pembaruan file copy text dapat dilakukan pada Frontitude sehingga terjaga konsistensinya.

Website : https://www.frontitude.com/

Sumber :

https://www.coursera.org/articles/whats-a-ux-writer

Risky Tri Sandi