School of Information Systems

MANFAAT BIG DATA PADA FUNGSI BISNIS 

Big Data telah mengubah nuansa untuk mendefinisikan dan mengukur apakah berharga, penting, dan sukses. Nuansa inilah yang mendorong wawasan yang menjadikannya sebagai sumber keunggulan kompetitif dan diferensiasi bisnis. Big data sebagai sumberdaya ditambah kemampuan analitik baru yang lebih canggih, memungkinkan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang saat ini berkembang secara lebih tepat, disamping memberikan pemahaman yang lebih lengkap tentang pelanggan, produk, dan operasi perusahaan yang dapat mendorong dan berpengaruh positif pada fungsi bisnis: 

  • Dalam hal penjualan barang (merchandishing) untuk mengidentifikasi promosi dan kampanye pemasaran mana yang paling efektif dalam mendorong lalu lintas dan penjualan ditoko-toko atau outlet penjualan. 
  • Pada pemasaran (marketing) untuk penetapan harga jual yang kompetitif untuk mengoptimalkan harga barang yang mudah berubah bentuk dan harganya seperti bahan makanan, kursi maskapai penerbangan, dan pakaian yang modis. 
  • Pada penjualan (sales) untuk mengoptimalkan alokasi sumberdaya barang yang terpisah-pisah dalam menghadapi peluang penjualan terbaik dan peniting atau potensial mendapatkan pasar. 
  • Pada pembelian (procurement) untuk mengidentifikasi pemasok mana yang murah (cost effective) dalam memasok barang yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan dan tepat waktu. 
  • Pada poduksi barang (manufacuring) untuk menandai kinerja mesin dan variasi proses yang mungkin menjadi indikator masalah manufaktur, pemrosesan, dan kualitas.
  • Pada sumberdaya manusia (Human Resources) untuk menidentifikasi sifat-sifat dan perilaku karyawan-karyawan yang berprestasi dan bekerja dengan baik/efektif.  

Dengan kemampuan mengidentifikasi faktor-faktor penting dalam bisnis, maka perusahaan dapat menetapkan strategi yang efektif dan sesuai dengan segmen pasar ada, demikian pula dengan berkurangnya risiko dari penerapan strategi tersebut. untuk menganalisis big data, harus terlebih dahulu mengidentifikasi masalah yang membutuhkan solusi atau jawaban. Kemudian mengidentifikasi jawaban dan pikirkanlah ‘bagaimana saya bisa mendapatkan data untuk menyelesaikannya?’  atau  ‘apa yang dapat dilakukan big data untuk bisnis saya?’ Solusi big data dengan perangkat yang user friendly akan menjawab apa yang dipikirkan misalnya, apakah harga sudah cukup fleksibel untuk melayani pelanggan sekarang dan di masa depan. Lalu bagaimana kita dapat menganalisa big data sehingga bermanfaat. Tentu mulai dengan menliti alat apa yang paling andal untuk masalah apa yang perlu diselesaikan. Misalnya, promosi dan kampanye pemasaran yang lebih efektif, maka dapat menggunakan metoda yang sesuai untuk memprediksi perilaku pelanggan dan tren penjualan, seperti Google Adwords dan Google BigQuery. Kita tidak perlu merasa kewalahan dengan data yang besar dan bervariasi jenisnya, karena dengan metoda/alat/tool yang tepat data dapat disaring data sesuai dengan apa yang dibutuhkan.  

Suroto Adi