Mengapa Content Marketing itu Penting
Content marketing adalah strategi pemasaran dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi kustomer. Jadi konten marketing bertujuan untuk membuat audiens menjadi tertarik dengan bisnis yang kita jalani dan juga membuat para audiens tersebut menjadi kustomer kita. Konten dalam content marketing bisa berupa gambar, audio, video, blog dan lain-lain, yang terpenting adalah isi kontennya harus menarik, sehingga para audiens menjadi tertarik dengan bisnis yang sedang kita jalani.
Content Marketing memiliki dua elemen penting. Yang pertama, konten harus memenuhi tiga syarat ini, yaitu: penting, relevan dan konsisten. Maksud dari syarat penting adalah pada saat membuat content marketing kita harus memastikan apakah konten yang kita buat untuk para audiens penting atau tidak? Karena jika konten yang kita buat untuk para audiens tidak penting, para audiens menjadi tidak tertarik dengan bisnis yang sedang kita jalani. Syarat kedua adalah relevan, kita harus membuat konten yang relevan sesuai dengan bisnis yang kita jalani, misalnya kita mengelola bisnis makanan, maka kita harus membuat konten yang berkaitan dengan makanan yang kita buat. Syarat ketiga adalah konsisten, maksudnya adalah kita tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik para audiens. Perlu banyak konten yang dapat membuat para audiens bisa merasakan manfaaat dari bisnis yang sedang kita jalani.
Eleman kedua dalam content marketing adalah mencapai tujuan untuk mengonversi audiens menjadi konsumen. Tujuan dalam membuat konten dalam content marketing adalah bukan hanya untuk menghibur para audiens saja tetapi juga ada tujuan lain yaitu mengonversi audiens menjadi pelanggan atau kustomer. Jadi setelah audiens melihat konten yang kita buat, mereka tergerak untuk membeli produk atau layanan yang kita buat.
Enam alasan mengapa Content Marketing digunakan perusahaan besar:
- Investasi jangka Panjang:
Content marketing bisa bertahan lama bahkan bisa bertahun tahun jika konten tersebut relevan berbeda dengan ads atau iklan yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu.
- Meningkatkan Brand Awareness:
Pelanggan menjadi sadar akan produk atau jasa yang kita buat. Para pelanggan menjadi mengenali bisnis yang sedang kita jalani.
- Mendapatkan kepercayaan pelanggan:
Dengan content marketing pelanggan menjadi yakin dengan bisnis yang sedang kita jalani, para pelanggan bisa menemukan konten menarik yang kita buat.
- Meningkatkan trafik:
Trafik merupakan manfaat paling dapat dirasakan dari content marketing. Membuat konten yang luar biasa akan mengantarkan orang-orang untuk mengunjungi website yang kita buat. Di website tersebut pengunjung bisa memperoleh informasi lengkap mengenai produk atau layanan yang kita tawarkan.
- Meperbaiki Kualitas SEO:
Konten adalah ujung tombak dari SEO. Dengan memproduksi konten yang bagus, Anda bisa mengajak orang-orang untuk mereferensikan konten Anda. Dengan begitu Google akan menilai website Anda sebagai website penting dan terpercaya.
- Konversi Pelanggan:
Selain mendatangkan trafik, content marketing juga bisa berfungsi untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan.
Kegiatan content marketing memberi ruang untuk brand menghasilkan berbagai konten unik untuk menjangkau sasaran pasar yang beragam; ketimbang materi komunikasi pemasaran konvensional seperti iklan banner, yang relatif hanya terdapat dua tiga versi saja, per campaign. Lalu, content marketing juga memiliki kemampuan untuk membantu brand meningkatkan kredibilitas di mata konsumen, jika mereka merasakan manfaat dari program konten yang dijalankan.
Referensi:
https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-content-marketing/
https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/apa-itu-content-marketing
Dibuat oleh :
2301918350 – Aluisius Bagas – Business Information Technology
D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering