School of Information Systems

Analyzing Instagram Metrics

Saat ini Instagram menjadi sebuah media yang sangat iconic bagi para kaum muda, dan banyak sekali para kaum kaum muda menggunakan sosial media Instagram untuk berlomba -lomba mendapatkan followers banyak. Karena banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita bisa mendapatkan followers yang banyak dan engagement rate yang tinggi . Saat ini Instagram menjadi salah satu bagian dari strategi digital marketing yang benar benar memiliki kekuatan yang sangat besar. Instagram merupakan sebuah sosial media yang mempunyai fitur yang dapat memposting foto atau video sebagai media yang dapat mempermudah seseorang pengguna sosai media untuk melihat sesuatu yang diperkenalkan atau ditunjukkan oleh beberapa pemilik akun Instagram lainnya yang kita Follow atau ikuti, seperti postingan pribadi, online shop, akun yang memposting kata – kata motivasi, dll. Berikut beberapa keuntungan jika kita bisa mendapatkan followers yang banyak:

  1. Dikenal orang banyak

Pasti dengan banyaknya orang yang mengikuti/following membuat mereka mengenal kita melalui biodata yang sudah kita tulis di profil bio Instagram dan postingan foto kita yang sudah kita unggah ke Instagram. Ada kebahagiaan tersendiri yang tidak dapat dijelaskan jika kita menjadi seseorang yang di kenal orang banyak atau ketenaran.

  1. Peluang memulai bisnis.

Jika kita bisa memiliki followers yang banyak kita juga bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang berbisnis. Karena kita bisa menjadikan akun Instagram kita sebagai media promosi bisnis yang kita jalani. Selain itu, sekarang Instagram juga sudah menyediakan fitur lapak penjualan yaitu “instagram shop” yang berisi halaman untuk menampilkan beberapa online shop seperti menjual barang, makanan, pakaian, dll.

  1. Menjadi influencer

Jika kita memeliki followers atau pengikut yang banyak, maka kita akan merasa perlu memberi sesuatu pada follower dan secara tidak langsung kita mempunyai beban sosial untuk memberikan inspirasi pada mereka.

Dan semua itu berhubungan dengan engagement rate yang dapat mengukur keterlibatan followers atau pengikut dalam sosial media Instagram. Engagement rate merupakan suatu metrik standar yang dimanfaatkan dalam pemasaran media sosial dalam mengukur performa pada suatu konten di platform media sosial, khususnya di Instagram. Dalam fitur interaksi Instagram ada tiga hal yang membuat engagement rate menjadi naik, yaitu view, like dan komen. Pentingnya engagement rate pada sosial media Instagram dalam digital marketing, dikarenakan semakin tinggi angka engagement rate artinya semakin baik kualitas akun Instagram yang dimiliki, karena feedback yang didapatkan dari pengguna atau followers juga akan semakin tinggi, ini akan mempermudah untuk melakukan sebuah analisa dalam meningkatkan penjualan produk di Instagram. Dimana ini artinya akan semakin tinggi peluang untuk naiknya pembelian sebuah produk, karena otomatis produk tersebut akan lebih mudah dikenal oleh banyak pengguna di Instagram.

Keterlibatan pengguna Instagram dalam  meningkatkan engagement rate dipengaruhi oleh waktu atau timing saat melakukan posting, postingan atau konten yang bagus, menarik, dan informatif merupakan salah satu kunci tingginya engagement rate Instagram. Bagaimana cara agar kita mengetahui bahwa angka engagement rate pada akun Instagram kita sudah cukup baik? Bisa menggunakan aplikasi Prooyo, iconosquare, websta, atau ink361 yang dapat menghitung seberapa tinggi engagement rate yang dimiliki sebuah akun Instagram dengan sangat mudah. Selain itu bisa dihitung secara manual dengan perhitungan:

= Engagement Rate

Jika telah menemukan angka engagement rate pada akun Instagram yang dimiliki, maka bisa kita ketahui apakah engagement rate pada akun Instagram yang dimiliki sudah baik atau tidak. rata rata pada umumnya antara 1%-3% adalah angka yang cukup baik. Angka ini akan seringkali kita temukan pada seorang influencer. Kalau engagement rate diatas 3% itu artinya kualitas sebuah akun Instagram sangat baik dan apabila dibawah 1% artinya audience secara keseluruhan tidak terlalu terlibat dengan konten konten yang dimiliki.

References :

  1. https://chubbyrawit.id/mengenal-instagram-metrics-untuk-meraih-followers-dan-engagement/
  2. https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/pengertian-engagement-di-media-sosial-dan-cara-mengukurnya

Dibuat oleh :

2301913343  – Ajie Perdana – Business Information Technology

D5181 – Ferdianto, S.Kom, M.MSI – SCC Information Engineering

Ajie Perdana, Ferdianto, S.Kom, M.MSI