7 Istilah Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui
Pemasaran digital (Digital Marketing), atau disebut juga pemasaran online, adalah jenis promosi untuk menghubungkan bisnis dengan pelanggan potensial melalui internet dan bentuk komunikasi digital lainnya. Hal ini tidak hanya mencakup email, media sosial, dan iklan berbasis web, tetapi juga pesan teks dan multimedia sebagai saluran pemasaran.
Berikut adalah 7 istilah dan singkatan paling populer dalam dunia Pemasaran digital (Digital Marketing):
- PPC Pay Per Click
Sederhananya, Anda membayar setiap kali iklan Anda diklik. PPC sebagian besar digunakan untuk menggambarkan iklan di platform digital seperti Facebook dan Google, tetapi tidak secara jelas mendefinisikan jenis iklan apa.
- CPC Cost per click.
CPC merupakan metode digital media dimana Anda akan harus membayar bagi setiap orang yang mengklik Ads Anda yang menuntun audiens menuju website atau aplikasi Anda. Misal Rp 1000 / per 1 click. 5 click, Anda harus membayar Rp 5.000,-.
- SEM (Search Engine Marketing)
Search engine marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google. Mesin pencarian banyak diakses oleh khalayak untuk mencari berbagai informasi di internet.
- CTR (Click Through Rate)
CTR adalah jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan frekuensi iklan ditampilkan: klik ÷ tayangan = CTR. Misalnya, jika Anda memiliki 50 klik dan 1000 tayangan, CTR Anda adalah 5%. Ideal nya, semakin tinggi semakin baik penyampaian ilkan tersebut.
- SEO (Search Engine Optimization).
Dalam pencarian google, semua orang ingin situs website nya berada di urutan teratas daftar peringkat organik (bukan peringkat berbayar). Disinilah SEO berperan. SEO adalah upaya untuk mengoptimalkan situs web agar masuk pada peringkat teratas di hasil pencarian, khususnya pada organic research. Yang mana, pencarian organik tersebut dilakukan oleh user atau saat memasukkan kata kunci pencarian (keyword) pada browser dan search engine Google
- KPI (Key Performance Indicator).
Indikator Kinerja Utama atau Key Performance Indicator adalah metrik yang Anda gunakan untuk menentukan keberhasilan atau kegagalan kampanye digital. Perwakilan pemasaran digital Anda harus menjelaskan apa saja KPI yang ada untuk setiap kampanye, apa tujuannya, apakah KPI tersebut tercapai atau perubahan apa yang mereka buat untuk bisa mencapai KPI tersebut di masa depan.
- ROI (Return on Investment)
Mirip dengan definisi ROI pada konteks bisnis, ROI adalah tingkat pengembalian investasi digital marketing secara keseluruhan. Segala sesuatu yang digital meninggalkan jejak. Setiap klik, setiap tampilan halaman, setiap pelanggan baru vs pelanggan lama situs web Anda, dan masih banyak lagi semua ini diukur dan dilacak. Dari metrik-metrik ini kita dapat menghitung ROI channel marketing tersebut berapa.
References: