Menjalin Hubungan dengan Pelanggan
Di era teknologi sekarang ini, dimana Pelanggan tidak lagi hanya berhubungan dengan Perusahaan tetapi juga dengan sesama Pelanggan lainnya. Seorang Pelanggan yang kecewa bisa dengan mudah mengungkapkan rasa kecewanya melalui tulisan di blog ataupun melalui social media yang tentu saja akan cepat tersebar dan dilihat oleh Pelanggan dan Calon Pelanggan lainnya. Hal ini tentunya sangat merugikan Perusahaan. Image baik yang sudah melekat selama bertahun-tahun di sebuah Perusahaan mungkin saja bisa tiba-tiba menjadi sangat buruk karena dirusak oleh hal-hal yang mungkin dianggap sepele Perusahaan. Oleh karena itu, biasanya beberapa perusahaan besar menjadikan hal ini sebagai prioritas utama.
Menjalin hubungan dengan pelanggan tidak harus selalu berjualan. Batasilah percakapan dengan selalu menawarkan produk/jasa Anda. Bicaralah mengenai hal-hal yang dapat memberikan manfaat dan solusi untuk mereka. Pembicaraan yang bermanfaat dan memberikan solusi kepada pelanggan, membuat pelanggan akan percaya dan melirik untuk membeli produk/jasa anda.
Tips membangun relasi yang cepat pada berikut ini.
- Selalu ada untuk pembeli
Relasi dapat dibangun dengan pelayanan yang siap siaga. Tidak susah dalam membangun pelayanan seperti hal tersebut, Anda cukup memprioritaskan pembeli supaya mereka puas terhadap produk dan pelayanan yang diberikan. Kapanpun Anda diperlukan oleh pembeli, maka Anda harus melayaninya. Dalam bisnis saat ini semua dijalankan serba online. Jadi, Anda dapat memberikan pelayanan online selama 24 jam kapanpun pelanggan memerlukan bantuan. Misalkan Anda tidak memiliki waktu untuk melayani pembeli, maka Anda harus menunjuk salah satu karyawan untuk menggantikan.
2. Informasikan kepada pelanggan tentang produk baru
Dalam waktu yang ditentukan perusahaan atau bisnis, Anda pasti mengeluarkan produk baru. Kesempatan bagus untuk membangun relasi dengan memberikan informasi mengenai produk baru tersebut kepada pelanggan. Informasi dapat diberikan melalui pengiriman email atau langsung ke media sosial bisnis. Tuliskan deskripsi produk baru secara detail agar pelanggan dapat mengetahui kelebihan dari produk. Anda juga dapat menuliskan harga produk supaya pelanggan bisa melihatnya.
3.Lebih mengenali pelanggan secara pribadi
Pelanggan yang sering membeli produk setiap minggu atau setiap bulan merupakan aset penting. Anda harus mengenal pelanggan tersebut lebih pribadi lagi, karena mereka sudah percaya dengan produk Anda. Setidaknya beri mereka reward berupa lebih dekat dengan owner.
Proses pengenalan pelanggan secara pribadi bisa dalam bentuk membalas komentar pelanggan, saling memberikan like pada postingan sosial media, bahkan, Anda bisa melakukan sharing dengan pelanggan tentang produk baru Anda. Pelanggan bisa memberikan masukan terhadap produk yang diinginkan. Hal ini akan membuat relasi dengan pelanggan semakin bagus.
4.Membuat acara khusus
Sekali-kali Anda dapat membuat acara khusus yang bisa didatangi oleh pelanggan, supaya relasi dengan pelanggan makin kuat. Salah satu acara yang bisa diadakan yaitu launching produk baru. Buatlah acara pengenalan produk secara langsung pada pelanggan, karena hal tersebut sangat efektif dalam membangun relasi. Pastikan untuk mengundang semua pelanggan untuk hadir dalam acara tersebut.
Mengadakan acara launching produk baru, bukan berarti menghabiskan uang untuk mengadakan pergelaran saja namun disisi lain Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Anda juga bisa lebih dekat dengan para pelanggan, sehingga mereka lebih percaya lagi untuk melakukan pembelian produk baru.
5.Memberikan hadiah kepada para pelanggan
Hubungan relasi dengan pelanggan dapat meningkat pesat bila Anda sering memberikan reward berupa hadiah. Tidak perlu memberikan hadiah yang mahal, paling penting beri hadiah sederhana namun dapat menyentuh hati mereka. Salah satu hadiah yang dapat digunakan yaitu gantungan kunci. Meski kecil tetapi gantungan kunci ini biasa dibawa kemana-mana oleh pelanggan, sehingga mereka dapat mengingat Anda. Bila Anda tidak ingin menggunakan gantungan kunci, maka ada beberapa bentuk reward lainnya yang dapat diberikan kepada pelanggan. Contohnya seperti souvenir, kaos, mug cantik, dan masih banyak lagi lainnya. Pemberian hadiah ini mampu menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka semakin dekat dengan Anda.
Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan adalah lebih penting dibanding menjadikan mereka target penjualan Anda. Jika hubungan kita baik maka apapun yang kita tawarkan, mereka akan lebih membeli dari kita. Hal ini mungkin biasa disebut dengan Relationship Marketing. Relationship Marketing merupakan suatu praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak seperti pelanggan, pemasok, dan penyalur untuk mempertahankan preferensi dan bisnis Anda dalam jangka panjang.
Membangun hubungan pelanggan yang benar-benar dekat, sehingga perusahaan mengetahui banyak hal mengenai pelanggannya memang tidaklah mudah. Apalagi, kalau jumlah pelanggan tersebut cukup banyak yang hampir tidak memungkinkan perusahaan memahami satu per satu pelanggannya dengan baik dan lengkap.