School of Information Systems

Langkah DW Penerbangan

  1. Dimensi dari Tabel Fakta Booking (fact_booking):
    • Dimensi Customer (dim_customer) berisi detail mengenai customer seperti nama customer, e-mail, serta alamat customer.
    • Dimensi Time (dim_time) berisi detail mengenai waktu penerbangan (tanggal, bulan, tahun) saat customer memesan (booking) tiket.

Tabel 3.4.1 Tabel Dimensi dan Grain Booking

    3. Dimensi dari Tabel Fakta Penerbangan (fact_penerbangan):

  • Dimensi Bandara (dim_bandara) berisi detail mengenai bandara seperti nama bandara, alamat bandara, lokasi/negara bandara.
  • Dimensi Time (dim_time) berisi detail mengenai waktu berangkatnya pesawat dari bandara.
  • Dimensi Pesawat (dim_pesawat) berisi detail mengenai pesawat, tipe pesawat, serta kapasitas maksimum dari pesawat.
  • Dimensi Pilot (dim_pilot) berisi detail mengenai pilot seperti nama pilot serta e-mail pilot.

Tabel 3.4.1 Tabel Dimensi dan Grain Penerbangan

3.5 Menentukan Tabel Fakta

Setelah menentukan dimensi, langkah selanjutnya adalah menentukan fakta. Fakta tersebut dapat kita lihat pada tabel berikut:

Proses Bisnis Measure Tabel Fakta Isi
Analisis redeem poin mileage jumlah poin diredeem dan jumlah customer fact_redeem redeemID

customerID

benefitID

tierID

timeID

totalPoinDiredeem

totalCustomer

Analisis aktivitas earning anggota jumlah booking penerbangan, jumlah customer, jumlah mileage dan jumlah bandara. fact_booking bookingID

cutomerID

timeID

bandaraID

Mileage

totalBooking

totalMileage

totalBandara

Analisa penerbangan customer jumlah penerbangan, jumlah pesawat, jumlah bandara, dan jumlah pilot. fact_penerbangan penerbanganID

bandaraID

pilotID

pesawatID

timeID

totalPenerbangan

totalPesawat

jumlahBandara

jumalhPilot

3.6 Menyimpan Pre-Calculation dalam Tabel Fakta

Di dalam tabel fakta terdapat kalkulasi awal terhadap data yang dapat dihitung. Kalkulasi awal yang ada pada tabel fakta antara lain:

  1. fact_redeem meliputi
    • totalPoinDiredeem yang merupakan jumlah poin mileage yang ditukarkan dengan benefit yang ditawarkan sesuai tier customer.
    • totalCustomer yang merupakan jumlah customer yang meredeem pada setiap benefit. 
  2. fact_booking
    • totalBooking yang merupakan jumlah booking oleh setiap customer.
    • totalMileage yang merupakan jumlah poin mileage yang didapatkan berdasarkan total harga pembookingan tiket pesawat.
    • TotalBandara yang merupakan jumlah bandara yang dilintasi selama penerbangan.
  3. fact_penerbangan
    • totalPesawat yang merupakan jumlah pesawat yang digunakan pada setiap penerbangan.
    • totalBandara yang merupakan jumlah bandara yang dilintasi pada penerbangan tersebut.
    • totalPilot yang merupakan jumlah pilot selama penerbangan tersebut.

3.7 Melengkapi Tabel Dimensi

Pada tahap ini, peneliti mengkaji kembali tabel dimensi dan melengkapi sebanyak mungkin deskrispi teks ke dimensi. Teks deskripsi haruslah seintuitif mungkin dan dapat dimengerti oleh pengguna.

Dimensi Deskripsi Isi
Benefit berisi detail mengenai benefit yang didapatkan customer beserta deskripsinya, serta jumlah redeem saat melakukan transaksi pada GarudaMiles. benefitID

namaBenefit

deskripsiBenefit

jumlahRedeem

Tier berisi detail mengenai tier customer GarudaMiles. tierID

tierName

Customer berisi detail mengenai customer seperti nama customer, e-mail, serta alamat customer. customerID

nama

email

alamat

Time berisi detail mengenai waktu. timeID

year

month

day

Bandara berisi detail mengenai bandara seperti nama bandara, alamat bandara, lokasi/negara bandara. bandaraID

namaBandara

negaraBandara

Pesawat berisi detail mengenai pesawat, tipe pesawat, serta kapasitas maksimum dari pesawat. pesawatID

namaPesawat

tipePesawat

Pilot berisi detail mengenai pilot seperti nama pilot serta e-mail pilot. pilotID

namaPilot

emailPilot

Evaristus Didik Madyatmadja