School of Information Systems

Digital Marketing Metrics and KPIs

Digital Marketing Metrics and KPIs adalah nilai yang digunakan oleh tim pemasaran untuk mengukur dan melacak kinerja kampanye pada pemasaran mereka. Tim pemasaran digital ini menggunakan sejumlah alat untuk mempromosikan layanan dan produk yang mereka buat, dan untuk melacak hasilnya seringkali banyak memakan waktu dan sulit. Dengan membuat KPI pemasaran digital tertentu, memudah untuk menentukan target dan sasaran serta mengukur kinerja berdasarkan nilai-nilai tersebut.

KPI teratas untuk pemasar digital modern berbasis data :

  • Web traffic sources
  • Brand awareness
  • Cost per lead
  • Website traffic leads
  • Returning visitors
  • Online conversion rates
  • Lead conversion rates
  • Click thru rate
  • Customer lifetime value

Dalam bisnis, Key Performance Indicators (KPIs) membantu kita melihat gambaran besar dan mengevaluasi strategi kita untuk menyesuaikannya dengan lebih baik. Ada banyak contoh KPI berbeda yang dapat kita gunakan untuk melacak dan mengevaluasi kesuksesan perusahaan. Mengukur KPI pemasaran digital adalah salah satu fungsi penting dari departemen pemasaran. Pemasaran digital, lebih dari bentuk pemasaran lainnya, tumbuh subur dengan penggunaan KPI yang tepat. Dengan pemasaran digital, hampir semuanya dapat diukur. Kita dapat melihat berapa biaya strategi pemasaran di setiap langkahnya dan memahami berapa banyak laba atas investasi yang kita peroleh.

Namun, seiring dengan kemampuan untuk mengukur ini, tantangan dan pertanyaan banyak sekali muncul. Ini adalah beberapa tantangannya yaitu meliputi:

  • Apa Indikator Kinerja Utama untuk pemasaran digital?
  • Akankah KPI pemasaran online ini secara akurat mencerminkan “kemenangan dan kerugian” Anda di dunia nyata?
  • Bagaimana Anda bisa “menggerakkan tombol” pada KPI ini dengan cara yang positif? KPI adalah metrik penting yang digunakan untuk mengevaluasi situs web dan halaman web terhadap suatu tujuan. Setiap halaman web dapat dinilai dengan nilai KPI numerik, yang dapat dengan mudah dihitung, dibandingkan, dan dilacak dari waktu ke waktu.

KPI menyoroti kekuatan dan kelemahan halaman web individu dan secara signifikan akan membantu dalam memelihara, meningkatkan, dan mengoptimalkan situs web. Memilih KPI yang tepat untuk pemasaran digital bukanlah keputusan “satu ukuran untuk semua”. KPI terbaik untuk dilacak oleh satu perusahaan belum tentu sama untuk perusahaan lainnya. Untuk memilih KPI terbaik untuk bisnis kita, perlu melihat tujuan kita dan bekerja mundur. Misalnya, jika tindak lanjut prospek kita dilakukan sepenuhnya melalui telepon atau tatap muka, kita tidak perlu melacak KPI pemasaran email.

Ada beberapa kriteria KPI yang paling berharga bagi kita untuk di lacak yaitu :

  • Spesifik
  • Terukur
  • Dapat dicapai
  • Relevan
  • Tepat waktu

Alat untuk Melacak KPI untuk Pemasaran Digital Sprout Social adalah perangkat lunak manajemen media sosial yang paling baik digunakan untuk perbandingan saluran media sosial vs. pesaing. Hootsuite adalah alat manajemen media sosial untuk semua saluran media sosial kita di satu tempat, memungkinkan kita mengelolanya dengan lebih efisien dan mendapatkan semua wawasan yang kita perlukan untuk peningkatan di masa mendatang. BrandMentions adalah alat pendengar sosial dan pemantauan merek tempat kita dapat melacak sebutan, tagar, analisis sentimen, pemberi pengaruh teratas, dan membandingkan hasil kita dengan pesaing.

StatCounter adalah alat analisis web yang membantu kita melacak, menganalisis, dan memahami pengunjung web kita. Google Analytics adalah alat analisis web tempat kita dapat melacak semua informasi tentang lalu lintas dan sasaran untuk situs web yang kita miliki. HubSpot memiliki banyak alat perangkat lunak terintegrasi, seperti platform CRM dan pembuat formulir yang merupakan alat penghasil prospek profesional. Pardot adalah alat penghasil prospek terkenal yang membantu kita mengelola dan memenuhi syarat prospek penjualan. SpyFu adalah alat PPC yang menampilkan semua tempat iklan pesaing kita ditampilkan dan menemukan kata kunci yang paling menguntungkan dari mereka berdasarkan riwayat periklanan mereka. KeywordSpy adalah alat penelitian kata kunci PPC yang menampilkan iklan dan kata kunci pesaing kita yang paling menguntungkan.

kognitifSEO adalah alat SEO lengkap yang dapat membantu kita menganalisis tautan profil, peringkat kata kunci, menemukan pola yang tidak wajar, menemukan peluang penautan, memperbaiki masalah teknis, dan membuat situs web kita berkinerja lebih baik dan lebih cepat.

REFERENSI : 

  • https://www.klipfolio.com/resources/kpi-examples/digital-marketing
  • https://brandmentions.com/blog/digital-marketing-kpis/
Ferdianto