Peran Audit terhadap Change Management
202009- Emilda Kasjmir- 2101806592-
Tingkat perubahan organisasi yang signifikan menciptakan ketidakpastian, kompleksitas, dan meningkatkan risiko. Contohnya adalah gangguan terhadap operasi bisnis serta dampak buruk pada orang/budaya atau hasil pelanggan. Disini Audit internal dapat membantu organisasi untuk mencapai tujuannya selama proses perubahan dengan memberikan jaminan independen dan obyektif bahwa risiko telah diidentifikasi, dinilai, dan dikelola.
Perubahan merupakan fitur dari semua organisasi disaat mereka berkembang untuk memenuhi strategi dan tujuan mereka dan diperlukan untuk menghasilkan pertumbuhan, persyaratan pemangku kepentingan baru, penghematan finansial, menanggapi peraturan atau perubahan di pasar.
Pendorong perubahan dapat mencakup lingkungan ekonomi dan perdagangan, perkembangan teknologi, peraturan baru atau yang diubah, dan lingkungan persaingan. Krisis ekonomi meningkatkan tekanan dan kemungkinan restrukturisasi organisasi. Organisasi mengubah fokus mereka, yang mungkin berarti mengubah struktur, aktivitas, produk, dan layanan mereka. Perubahan hanya mungkin jika dikelola secara efektif bersamaan dengan aktivitas bisnis seperti biasa.
Perubahan organisasi seringkali kompleks dan menantang untuk disampaikan. Tingkat kegagalan bisa tinggi dengan pembengkakan biaya, penundaan jadwal, kegagalan untuk memberikan manfaat dan kurangnya dukungan dari pemangku kepentingan utama.
Namun, jika organisasi sedang menjalani program perubahan, maka penting bagi Anda untuk membaca seluruh panduan ini, yang berfokus pada berbagai jenis perubahan dan peran audit internal dalam program perubahan.
Dalam hal ini penting untuk diingat bahwa daftar tersebut tidak lengkap dan bahwa program kerja apa pun perlu disesuaikan dengan keadaan khusus organisasi dan sektor tempatnya beroperasi:
- Audit internal harus mengidentifikasi dan memahami perubahan bisnis utama yang direncanakan untuk organisasi termasuk perubahan yang selaras dengan prioritas strategis dan perubahan yang didorong oleh peraturan / wajib. Audit internal harus mempertimbangkan risiko pengiriman program perubahan dan risiko strategis / operasional untuk bisnis sebagai akibat dari perubahan.
- Memastikan ada pengumpulan intelijen yang memadai dari pemangku kepentingan utama dan manajemen bisnis senior termasuk sponsor program utama, manajemen senior perubahan dan teknologi, komite audit dan risiko, lini pertahanan, dll. Audit internal juga harus mempertimbangkan jaminan yang diberikan dan keterlibatan yang diperlukan dengan pemangku kepentingan eksternal misalnya Financial Conduct Authority (FCA), Care Quality Commission (CQC), HM Treasury, Charity Commissions, Competition and Markets Authority (CMA), Information Commission Office (ICO), dll.
- Audit internal harus mengembangkan dan memelihara lingkungan audit yang dinilai risiko dari program perubahan yang sedang berlangsung dan menggunakannya sebagai dasar untuk rencana audit perubahan dan area untuk perikatan audit. Mereka juga harus menjaga kesadaran akan program-program utama dalam jalur perubahan.
- Rencana audit perubahan harus dinamis untuk fokus pada area risiko utama dan segera merespons perubahan dalam rencana pelaksanaan program, hasil dan profil risiko. Audit internal harus secara teratur memantau kemajuan program perubahan kunci melalui keterlibatan dengan sponsor, manajemen perubahan, dan kehadiran di komite pengarah.
- Audit internal untuk mengembangkan model perikatan audit untuk perubahan yang dapat mencakup:
- Audit program pada tahap-tahap utama dalam siklus pengirimannya;
- Pemantauan berkelanjutan atas program-program utama untuk mendukung perencanaan audit yang berpotensi kehadiran di komite pengarah; dan
- Proses perubahan atau audit tematik di lebih dari satu program.
- Kepala audit internal harus mengevaluasi keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi tim audit untuk melaksanakan pekerjaan yang diperlukan. Tim multi-terampil dengan organisasi, teknologi dan pengetahuan perubahan mungkin diperlukan. Pertimbangan mungkin harus diberikan untuk membeli sumber daya eksternal termasuk melalui pengaturan sumber bersama untuk menyediakan atau menambah keterampilan utama jika diperlukan.
- Selain pelaksanaan program audit, audit internal juga harus mempertimbangkan kesiapan operasional sebelum implementasi, hasil bisnis, dan kemampuan organisasi untuk sumber daya dan mengelola tingkat perubahan dan risiko bisnis seperti biasa. Audit internal tidak boleh mengabaikan aktivitas bisnis seperti biasa, pada saat terjadi perubahan karena dapat terjadi peningkatan risiko kecurangan karyawan, penurunan kualitas dan peningkatan biaya atau ketidakpatuhan terhadap prosedur.