Diversified Customer Segmentation
Pelanggan atau customer adalah individu atau bisnis yang membeli barang atau jasa perusahaan lain. Pelanggan penting karena mereka mendorong pendapatan; tanpa mereka, bisnis tidak bisa terus berjalan. Bisnis sering kali mempelajari profil pelanggan mereka untuk menyempurnakan pendekatan pemasaran mereka dan menyesuaikan inventaris mereka untuk menarik sebagian besar pelanggan. Customer segmentation sendiri adalah komunitas atau segmen pelanggan atau bisnis yang dituju untuk menjual suatu produk atau layanan. Ada banyak cara untuk membagi pelanggan, seperti: Demografi, Psikografis, Usia, Jenis kelamin, Profesi, Perilaku, Minat, serta Motivasi Intrinsik & Ekstrinsik yang semuanya dapat membantu bisnis mengembangkan gambaran tentang “pelanggan ideal” atau “persona pelanggan”.Dengan kata lain, ini adalah tipe orang yang ingin kita targetkan untuk siapa kita membangun produk tersebut. Informasi ini membantu perusahaan memperdalam hubungan pelanggan yang ada dan menjangkau populasi konsumen yang belum tersentuh untuk meningkatkan perdagangan. Jika kita tidak menentukan kepada siapa kita akan menjual, produk dan layanan kita kemungkinan besar akan gagal saat kita meluncurkan atau mencoba menjualnya. Tujuan dari customer segmentation sendiri adalah agar lebih mudah utuk membedakan pasar karena setiap produk dan jasa dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, lalu pelayanan kepada konsumen akan menjadi lebih baik, serta strategi marketingpun akan lebih terfokus dan terarah. Maka dari itu, langkah pertama untuk bisnis baru atau bisnis yang sudah ada yang keluar dengan lini produk baru adalah menentukan segmen pelanggan yang mereka targetkan. Selama tahap, disarankan untuk memilih customer segment. Berikut ini adalah lima lima jenis customer segment yaitu mass market, niche market, segmented, diversified, serta multi-sided market.
Diversified customer segment merupakan segmen pelanggan dimana perusahaan yang memiliki segmen pelanggan tersebut melayani pasar dengan kebutuhan dan keinginan yang sangat beragam. Contohnya bisa menjadi perusahaan yang melayani pasar bisnis ke konsumen (B2C) dan bisnis ke bisnis (B2B). Masing-masing memiliki kebutuhan yang sangat beragam, namun perusahaan mampu melayani kedua pasar secara efektif. Intinya kita memiliki satu model bisnis, tetapi model tersebut melayani dua segmen pelanggan yang tidak terkait. Misalnya, perusahaan A menjual perlengkapan olahraga. Satu pelanggan mungkin seorang pemain sepak bola. Orang yang bermain sepak bola umumnya adalah para pemuda. Perusahaan A juga menjual
peralatan tenis. Pemain tenis umumnya lebih tua dan bisa laki-laki dan perempuan. Seperti yang dapat kita lihat, perusahan A memiliki model bisnis yang sama, tetapi dua pelanggan yang sangat berbeda.
Diversified customer segment mempunyai kelebihannya tersendiri, walaupun konsentrasi pelanggan memiliki kelebihan dan, tentu saja, masuk akal bisnis yang hebat untuk menjalin hubungan yang solid dan sehat dengan pelanggan utama kita. Namun, menjangkau klien dan pasar baru dapat membentengi usaha kita dari bahaya kehilangan pelanggan utama. Bisnis kecil sering berhasil dengan membangun hubungan klien yang kuat, tetapi mungkin menjadi terlalu bergantung dan mengabaikan pekerjaan penting untuk menghasilkan pelanggan baru. Meskipun wajar dan penting untuk memelihara pelanggan setia kita, terlalu mengandalkan satu atau dua pelanggan utama, atau kategori klien tertentu, dapat membuat perusahaan kecil kita mengalami krisis uang atau lebih buruk jika pesanan harus dihentikan. Jika kehilangan pelanggan utama akan memberikan pukulan yang mengancam bisnis kita atau memaksa pemotongan biaya yang serius, mungkin inilah saatnya untuk memperluas atau mendiversifikasi basis klien kita.
Ada beberapa cara untuk memperluas customer base berdasarkan jenis diversified customer segment. Pertama, jelajahi jalur pemasaran baru, perhatikan strategi yang mungkin belum kita pertimbangkan sebelumnya. Media sosial tidak harus terlalu rumit, hanya perlu membuat usaha kita diperhatikan oleh calon pelanggan baru. Kedua, perluas penawaran, bisakah kita mengembangkan keahlian yang ada untuk menawarkan produk atau layanan baru? Jika demikian, ini adalah taktik lain untuk merayu pelanggan baru, mungkin termasuk pelanggan dari pasar baru, dan untuk memperluas hubungan kita dengan klien yang ada. Kita dapat melakukannya sendiri atau dengan bekerja sama dengan bisnis lain. Carilah peluang dalam setiap kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar. Yang terakhir, identifikasi lebih banyak klien yang menguntungkan. Kejar pelanggan yang mirip dengan klien bervalue tinggi yang sudah dimiliki. Meskipun ini mungkin tidak mendiversifikasi basis kita, itu bisa memperluasnya dengan baik dengan menganalisis kontribusi masing-masing terhadap margin, potensi pertumbuhan dan kecocokan strategis, kemudian mencari karakteristik umum di antara pelanggan teratas kita untuk memberi kita gambaran tentang jenis prospek yang mungkin dikejar. Diversifikasi basis pelanggan kita tidak berarti tanpa tujuan mencari setiap dan semua peluang. Lihatlah apa yang paling masuk akal bagi usaha kecil kita dalam menyeimbangkan kepedulian terhadap pelanggan kita yang kuat dan tetap sambil secara aktif mengembangkan bisnis baru.
Referensi
- https://www.stevebizblog.com/choosing-a-customer-segment-type/ https://hustletostartup.com/customer-segments/
- https://www.ilmu-ekonomi-id.com/2016/11/pengertian-segmentasi-pasar-tujuan-dan-contohnya.html
- https://www.investopedia.com/terms/c/customer.asp
- https://www.weebly.com/inspiration/diversify-your-customer-base/