Dengan perkembangan bisnis digital saat ini, social media menjadi sesuatu yang tidak lepas dari kehidupan kita. Hampir semua orang punya dan mengakses social media. Tentu bagi orang – orang, mengatur social media sendiri tentu menjadi hal yang tidak masalah, namun apa yang jadinya jika kita ingin mengatur social media suatu perusahaan atau usaha. Social media suatu perusahaan / usaha sangat penting untuk membangun relasi dengan pelanggan, memberikan informasi seputar perusahaan / usaha dan juga membangun brand / image dari perusahaan / usaha.

Selain itu menurut bufferdotcom,terdapat 9 keuntungan dalam menggunakan social media diantaranya:

  • Meningkatkan kesadaran tentang brand
  • Mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda
  • Hasilkan prospek baru
  • Tingkatkan pendapatan (dengan meningkatkan pendaftaran atau penjualan)
  • Meningkatkan hubungan customer dengan perusahaan / usaha
  • Bangun komunitas di sekitar bisnis Anda
  • Menyediakan layanan pelanggan sosial
  • Meningkatkan sebutan tentang perusahaan / usaha di masyarakat
  • Mengetahui tentang apa yang dibincangkan orang mengenai merek Anda

Lalu bagaimana kita mengatur agar social media yang dibuat dapat membantu kita mempromosikan perusahaan / usaha. Sebelum kita membuat perencanaan untuk social media, kita harus mengetahui benar perusahaan / produk yang akan kita buatkan. Menurut bufferdotcom, ada beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita untuk mengetahui social media yang tepat untuk usaha / perusahaan diantaranya :

  • Mengapa Anda ingin berada di media sosial?
  • Siapa target audiens Anda?
  • Apa yang akan Anda bagikan?
  • Kemana anda akan membagikan?
  • Kapan anda akan membagikan ?

Setelah kita mengenal usaha / perusahaan secara lebih mendalam, lalu bagaimana kita melakukan eksekusi untuk perencanaan social media? Menurut hotsuitedotcom, ada 8 langkah mudah untuk membuat social media marketing plan di antaranya :

  • Pilih tujuan pemasaran media sosial yang selaras dengan tujuan bisnis
  • Pelajari semua yang Anda bisa tentang audiens Anda
  • Ketahui pesaing Anda
  • Lakukan audit media sosial
  • Siapkan akun dan tingkatkan profil
  • Temukan inspirasi
  • Buat kalender konten media sosial
  • Evaluasi dan sesuaikan strategi Anda

Selain itu pengunaan beberapa tools yang digunakan untuk menjadwalkan posting secara otomatis di social media juga bisa menjad alternatif solusi agar social media perusahaan / usaha melakukan update social medis secara rutin. Dengan update social media secara rutin, pelanggan akan merasa kalau perusahaan / usaha tersebut berusaha untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan / customer.

Referensi :

  • https://buffer.com/library/social-media-marketing-strategy/
  • https://blog.hootsuite.com/how-to-create-a-social-media-marketing-plan/