School of Information Systems

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan User Research

Bagi Sebagian orang, sudah tidak asing mendengar kata “user research”. Bayangkan kamu ingin mengenal temanmu lebih dekat, ingin mengetahui apa yang temanmu sukai seperti makanan favorit, minuman favorit, ataupun kebiasaan-kebiasaan yang temanmu lakukan dengan tujuan kamu tidak perlu susah payah untuk membelikan temanmu kado dan kamu bisa lebih memahami temanmu. Ketika kamu mencari tahu tentang temanmu, kamu bisa dikatakan sedang melakukan user research dimana proses mengumpulkan data dari user. Tujuan dari user research untuk dapat mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan user. Dalam mengumpulkan data user research dapat dilakukan beberapa metode seperti interview, focus group, dan kuesioner.

Dalam melakukan user research terdapat beberapa hal yang dapat diperhatikan, agar tidak menimbulkan kesalahan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang biasanya terjadi ketika sedang melakukan user research :

  • Kredibilitas

Dalam memberikan pertanyaan kepada user, hindari pertanyaan yang yang dapat memberikan jawaban opini pribadi, seperti pertanyaan produk yang paling disukai dari user. Untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh user ialah dengan melakukan observasi dengan cara melakukan pengamatan terhadap suatu objek dan dilakukan sebuah analisis. Salah satu cara untuk observasi ialah melakukan analisis bagaimana sebuah masalah berhasil dipecahkan.

  • Dogmatisme

Kesalahan dogmatisme ialah mempercayai sesuatu karena banyak orang yang percaya dan tidak melakukan analisis atau berpikir terlebih dahulu. Contohnya seperti, user research paling tepat dilakukan dengan menggunakan survey, karena selama ini semua orang menggunakan survey untuk mendapatkan keinginan dan kebutuhan user, padahal terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan seperti focus group, wawancara, dan lainnya.

  • Bias

Bias dapat terjadi ketika dalam melakukan user research. Bias dapat terjadi seperti kesalahan dalam pemberian pertanyaan, interviewer tidak menggali lebih lanjut dalam proses wawancara atau interview menyamakan bahwa orang lain sama dengan dirinya. Hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari bias ialah dengan cara menetapkan tujuan yang benar dimana user research dilakukan untuk menggali kebenaran, bukan mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan interviewer.

  • Obskurantisme

Tindakan yang dilakukan secara sengaja dimana memberikan informasi yang tidak lengkap dengan tujuan tidak ada yang bertanya. Agar tidak terjadi hal seperti ini, harus membangun kembali tujuan dari user research ialah fokus kepada user, sehingga setiap orang yang menjadi responden, mendapatkan informasi yang sama.

  • Mager

Sudah melakukan user research ternyata terdapat beberapa hal yang kurang, sehingga harus melakukan user research dan mencari data baru, sehingga dalam tahap selanjutnya seperti pembuatan persona, menggunakan data lama. Hal ini harus dihindari supaya informasi atau data yang digunakan valid.

Referensi :

https://medium.com/1000startupdigital/hati-hati-ini-7-kesalahan-saat-user-research-ee80e5771e06

Risky Tri Sandi